Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo
Sabtu, 16 Mei 2015 23:42:26
photo: google street view
Kalau ada bupati yang tak pernah 'ngantor' atau jarang sekali masuk ke kantor, Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah SH, MHum, pasti termasuk salah satu di antaranya. Blusukan terus? Bukan. Ia lebih betah berkantor di gedung lain yang juga jadi hak bupati: Pendopo Delta Wibawa. Boleh jadi, sesuai nama sang gedung, pak bupati merasa lebih berwibawa berkantor di sana. Bangunan joglonya berkesan gagah, gerbang bernuansa Bali-nya pun terlihat cantik. Sementara gedung yang dilabeli 'Kantor Bupati' terlihat biasa-biasa saja, seperti bangunan sekolah bertingkat.

''Ini bukan rahasia umum lagi. Sejak Pak Saiful dilantik sebagai Bupati, beliau hanya beberapa kali ke Kantor. Untuk tugas-tugas yang lain, lebih banyak dipercayakan kepada Asisten dan SKPD. Beliau hanya tanda tangan, mendengarkan laporan, kemudian mengevaluasi dan memerintahkan tugas ke bawahannya,'' kata salah seorang sumber Delik News, media online yang mencoba mencari tahu kebiasaan ngantor Pak Bupati.

Sumber tadi juga bercerita: kalau ada masalah terkait pemerintahan, para kepala dinas-lah yang harus merapat ke rumah bupati. Rumah yang dimaksud tak lain adalah kompleks Pendopo Delta Wibawa, yang selain berfungsi sebagai pendopo --tempat menerima tamu penting atau jadi tempat serbaguna bagi kegiatan penting--, juga berfungsi sebagai rumah dinas bupati.

Kedua 'properti bupati' itu berada di kawasan alun-alun Sidoarjo. Rumah dinas dan pendopo berada di Jalan Cokronegoro, atau Jalan Alun-alun Utara, yang artinya berada di sebelah utara alun-alun. Sedangkan gedung dua lantai yang pagar depannya berlabel Kantor Bupati berada di Jalan Gubernur Suryo, atau Jalan Alun-alun Selatan (oleh Google Maps dilabeli Kantor Setda). Sisi barat alun-alun, tempat Masjid Agung Sidoarjo berada, dinamai Jalan Sultan Agung. Sedangkan sebelah timur alun-alun adalah Jalan Jenggolo, yang merupakan jalan utama kota Sidoarjo. Jadi, kalau Pak Bupati ingin pergi dari pendopo ke kantornya, sebenarnya ia hanya perlu menyeberangi alun-alun saja. Jarak keduanya sekitar 200 meteran.

Boleh jadi, kebiasaan Bupati Saiful Ilah untuk tidak ngantor sekedar mengikuti jejak bupati sebelumnya, Win Hendrarso. Pasa masa awal kepemimpinannya, bupati periode 2005-1010 ini memang berkantor di gedung Kantor Bupati, yang dulu diresmikan penggunaannya pada 1 Juni 1970 oleh Bupati Sidoarjo Soedarsono. Tapi di tahun-tahun terakhir, Win Hendrarso lebih rajin memimpin dari Pendopo Delta Wibawa. Yang tetap berkantor di gedung Kantor Bupati adalah sang wakil bupati. Siapa wakil bupatinya? Orangnya tak lain adalah Saiful Ilah sendiri, tokoh asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang sekarang menjadi bupati.

Saiful Ilah --yang bersama wakilnya pernah 'dinobatkan' sebagai bupati dan wakil bupati bergaji tertinggi se-Jawa Timur: Rp 942 juta dan Rp 871 juta per tahun-- ketika baru dilantik sebagai bupati peridoe 2010-2015 pun sempat berjanji akan menempati gedung Kantor Bupati. Tapi kenyataannya ya seperti sudah disebut tadi, ia lebih pede ngantor di Pendopo Delta Wibawa. Lantas, mengapa tidak bikin kantor baru saja, yang terpadu, yang gagah dan mentereng, seperti bupati lainnya? Wacana untuk itu memang sudah ada. Oktober 2014 lalu, Saiful Ilah pernah bilang kalau ia ingin Pemkab Sidoarjo punya kantor terpadu untuk menyatukan banyak SKPD. ''Impian saya, satu tower tapi 8 lantai. Soal konkritnya, harus dibicarakan secara matang,''kata Saiful Ilah.
Pemerintah Kabupaten Sidoarjo

Kantor Bupati Sidoarjo
Jl. Gubernur Suryo No. 1 (Alun-alun Selatan)
Kabupaten Sidoarjo
Jawa Timur

Tel: 031-8921945
Fax: 031-8961439


Pendopo Delta Wibawa - Rumah Dinas Bupati
Jl. Cokronegoro No. 1 (Alun-alun Utara)
Kabupaten Sidoarjo
Jawa Timur

Website: www.sidoarjokab.go.id

CSR Sidoarjo - www.csrsidoarjo.com
Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo:
1. Sukodono
2. Balongbendo
3. Buduran
4. Candi
5. Gedangan
6. Jabon
7. Krembung
8. Krian
9. Prambon
10. Porong
11. Sedati
12. Sidoarjo
13. Tanggulangin
14. Taman
15. Tarik
16. Tulangan
17. Waru
18. Wonoayu
Places TerdekatKm
Masjid Agung Sidoarjo 0,179
Kantor Bupati Sidoarjo 0,258
SunCity Plaza, Kabupaten Sidoarjo 0,883
Pintu Barat Sun City Plaza 0,989
Gerbang Tol Waru Utama 10,852
Masjid Nasional Al-Akbar 12,043
CitraLand Surabaya 16,939
Graha Famili - Surabaya 17,130
Boncafe Steak & Ice Cream, Graha Famili 17,219
D'Cost - Graha Famili 17,353
Hotel TerdekatKm
The Sun Hotel, Kabupaten Sidoarjo 0,958
Sulawesi Kertajaya Hotel, Kota Surabaya 18,691
Sulawesi Gorontalo Hotel, Kota Surabaya 19,685
Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Tunjungan City, Surabaya 20,341
Garden Palace Hotel, Kota Surabaya 20,379
Tunjungan Hotel, Tunjungan, Surabaya 20,475
Swiss-Belinn Tunjungan, Tunjungan, Surabaya 20,504
Grand Kalimas Hotel, Kota Surabaya 24,019
Mahkota Hotel, Kabupaten Lamongan 49,009
Elresas Hotel, Kabupaten Lamongan 49,075
Berita Jawa Timur
Mendagri Sudah Teken SK Pemberhentian Bupati Pamekasan
Bupati Syafii Sempat Tawar Menawar Uang Suap Tapi Kajari Ngotot Minta Rp 250 Juta
Penjelasan KPK soal Peran Bupati dalam Kasus Suap Kajari Pamekasan
KPK Amankan Bupati Pamekasan dan Kajari dalam Operasi Tangkap Tangan
Bupati Lamongan Minta Petani Tingkatkan Produksi Tebu 100 Ton per Hektar
Belajar Usaha dari Mantan Bupati Lamongan H.R. Mohammad Faried
Sepanjang 2016, Target PAD Jember Tembus 100,95%
Bupati Bojonegoro Instruksikan Petani Tidak Tanam Padi
Kepala Dinas Pariwisata Jember Mengundurkan Diri, Begini Respon Bupati Faida
Gubernur Jatim Soekarwo Lantik Bupati Sampang Definitif