Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pasar Kemit, Kabupaten Kebumen
Minggu, 05 Juli 2015 20:34:41
photo: che/indoplaces
Presiden Jokowi merevitalisasi 1.000 pasar tahun ini. Ada daftarnya? Entahlah. Pasar yang satu ini, Pasar Kemit, yang berada di jalur lintas selatan Jawa Tengah, di Kabupaten Kebumen, yang setiap hari dilewati puluhan ribu kendaraan antar-kota, ikut direvitasliasi? Ya, tidak tahu. Bupati Kebumen Buyar Winarso belum bicara. KRT Darori Wonodipuro juga belum bersuara. Siapa sosok terakhir ini? Dia tak lain orang yang sejak 2007 menjabat sebagai Dirjen Rehabilitasi Lahan dan Perhutanan Sosial, Kementerian Kehutanan. Pada pemilu 2014, ia sempat berkampanye di Pasar Kemit.

KRT Darori Wonodipuro, yang memang asli Kebumen, ketika itu berkampanye dengan membawa bendera Partai Gerindra. Ia menjadi caleg nomor urut 1 Dapil Jateng VII (Kebumen, Purbalingga, Banjarnegara). Selain mendatangi Pasar Kemit, yang berada di Desa Grenggeng, Kecamatan Karangnyar, Darori juga menyambangi Pasar Karanganyar (di Kecamatan Karanganyar juga), dan Pasar Gombong (di Kecamatan Gombong). Di semua pasar itu ia tak lupa memborong aneka dagangan: mulai dari jipang kacang, gula kelapa, bakpia, kerupuk, roti bolu hingga buah-buahan seperti duku, pisang, nangka dan sirsak.

Selain untuk mensosialisasikan dirinya, kata KRT Darori Wonodipuro, kedatangannya ke pasar-pasar itu juga untuk mengetahui kondisi pasar dan untuk secara langsung mendengar keluh-kesah para pedagang. Kedatangannya ke pasar-pasar itu, dan juga kampanyenya secara keseluruhan, tak sia-sia. Pada pemilu 2014, ia berhasil menjadi caleg DPR yang meraih suara terbanyak di Dapil Jateng VII: 48.000 suara. Tak cuma menjadi wakil rakyat di Senayan, berkat prestasinya itu ia juga mendapat kursi di jajaran kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra.

Awal Mei 2015 lalu, Darori pulang kampung. Ia menggelar pertemuan dengan 350 kader dan pengurus Gerindra Kebumen di Restoran Yunani, Sruweng, Kecamatan Karanganyar. Sebagai anggota Komisi IV DPR-RI yang membidangi masalah pertanian dan perkebunan, ia bercerita soal upanya memperjuangkan alokasi bantuan bagi masyarakat pedesaan. Antara lain bantuan mesin tempel untuk nelayan dan traktor sawah untuk para petani. Ada bantuan untuk pasar yang dulu dikunjungiya? Tak ada cerita tentang itu. Lagipula, urusan perdagangan adalah urusan Komisi VI DPR-RI.

Sampai sekarang belum terdengar kabar soal rencana revitalisasi Pasar Kemit. Dan mungkin takkan terdengar. Soalnya, meski lokasinya strategis karena berada di pinggir jalan nasional, pasar ini tergolong pasar desa dan bukan pasar utama. Yang menjadi pasar utama di Kecamatan Karanganyar adalah Pasar Karanganyar, yang seperti disebut tadi, juga jadi ajang kampanye Darori. Pasar ini tak perlu direvitaliasi karena baru menjalani revitalisasi pada 2012. Pasar Karanganyar versi baru, yang direvitalisasi dengan anggaran Rp 14,66 miliar, rampung pada 2013 dan diresmikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan pada 2 Juli 2013.

Bagaimana dengan Pasar Gombong, pasar yang juga jadi arena kampanye Darori? Pasar ini kelihatannya masih oke. Pasar Gombong ini tak lain nama gaul atau nama lain dari Pasar Wonokriyo. Sebagaimana Pasar Kemit, pasar besar ini berada di jalur lintas Selatan Jawa Tengah, di Desa Wonokriyo, Kecamatan Gombong, di sebelah barat Pasar Kemit.

Bupati Kebumen sendiri sejak 2011 memang sibuk merevitalisasi pasar. Totalnya ada 16 pasar yang direvitalisasi. Pasar yang terakhir diresmikan adalah Pasar Sruni, di Desa Sruni, Kecamatan Alian. Direvitalisasi dengan dana APBN sebesar Rp 8 miliar, pasar ini diresmikan Srie Agustina, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, pada 23 Mei 2015.

Pada acara peresmian itu, Bupati Buyar Winarso melaporkan pasar-pasar yang sudah direvitalisasi. Pada 2011, 3 pasar direvitalisasi: Pasar Krakal, Pasar Ambal, dan Pasar Ayah. Pada 2012, 5 pasar: Pasar Tumenggungan, Pasar Prembun, Pasar Jatisari, Pasar Tlogopragoto, dan Pasar Karanganyar. Pada 2013, 2 pasar: Pasar Kutowinangun dan Pasar Petanahan. Dan pada 2014, 6 pasar: Pasar Sruni, Pasar Rowokele, Pasar Banyumudal, Pasar Candirenggo, Pasar Hewan Karanganyar, dan Pasar Karanggayam.
Pasar Kemit
Jl. Yos Sudarso
Desa Grenggeng
Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Kebumen
Jawa Tengah
Tetangga TerdekatKm
Bank BNI KLN Gombong, Kabupaten Kebumen 3,332
Bank BRI KC Gombong, Kabupaten Kebumen 3,522
BPR Kusuma Sumbing, Kantor Cabang Gombong 3,932
Toko Mas Handoyo, Pasar Wonokriyo, Gombong, Kebumen 4,119
Pasar Wonokriyo, Gombong, Kabupaten Kebumen 4,219
PD BPR Kebumen, Cabang Gombong, Pasar Wonokriyo 4,318
SPBE PT Giri Selomas Sejahtera, Kabupaten Kebumen 7,936
Sari Bahari Restaurant, Jatiroto, Kabupaten Kebumen 8,144
Waduk Sempor, Kabupaten Kebumen 8,340
RS PKU Muhammadiyah Sruweng, Kabupaten Kebumen 8,957
RM Bale Ngijo, Rowokele, Kabupaten Kebumen 11,672
Masjid Agung Kebumen 13,105
Rumah Dinas Bupati Kebumen 13,156
Tugu Lawet, Tugu Walet, Kebumen 14,237
Pasar Tambak, Kecamatan Tambak, Banyumas 14,889
Hotel di Jawa Tengah
Dunia Hotel, Gombong, Kabupaten Kebumen
Dafam Hotel, Kota Pekalongan
Horison Hotel, Kota Pekalongan
Omah Eling, Borobudur, Magelang
Garuda Hotel, Kemranjen, Banyumas
Hotel Syariah Solo
Hotel Aston Imperium Purwokerto
Surya Yudha Hotel, Banjarnegara
Hotel Wongso, Kebumen
Sanjaya Inn Hotel, Purworejo
Berita Jawa Tengah
Industri Logam Ceper Produksi Blok Rem Kereta Komposit
Siswa SMA Taruna Nusantara Ditemukan Meninggal di Barak
Biznet Hadir Serat Optik di Purwokerto
KPK Kebut Pemberkasan Bupati Klaten Sri Hartini
Temanggung TV Mengudara Agustus 2017
Purbalingga akan Kembangkan 6 Desa Wisata
Beringin Rumah Dinas Bupati Karangayar Roboh
Mobil Wali Kota Pekalongan Diseruduk Truk di Salatiga
Ganjar: Ahok Janji Gaji Juara MTQ itu Salah Besar
Air Asia Tutup Rute Solo-Kuala Lumpur