Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Masjid Ar-Rohman, Kecamatan Borobudur, Magelang

Rabu, 04 Maret 2015 13:49:31
photo: che/indoplaces

Ini cerita klasik. Tak punya duit, kotak amal masjid pun disikat. Hal ini yang dilakukan remaja usia 16, sebutlah bernama Bondan, di Masjid Ar-Rohman, yang berada di Dusun Janan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, yang hanya berjarak seratusan meter dari Candi Borobudur. Tapi sungguh apes, aksi curi kotak amal yang ke-lima kalinya ini dipergoki warga. Ia pun --bersama pamannya yang lebih tua dua tahun, yang diidentifikasi bernama Antok alias Anton-- diringkus dan diamankan ke Polsek Borobudur.

Saat diinterogasi, kedua pelalu kriminal itu bilang kalau pencurian pada 30 September 2010 itu dilakukan untuk membeli mie instant dan baju lebaran. Dari tangan warga desa tetangga itu --Dusun Onggosoro, Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur-- polisi menyita uang recehann Rp 21.600, sebuah linggis, dan kotak amal berukuran besar milik Masjid Ar-Rohman. Atas amal non-ibadahnya itu, keduanya bakal dikenai Pasal 362 KUHP, dan terancam hukuman kurungan maksimal empat tahun.

Peta & Citra Satelit

Masjid Borobudur

Masjid Ar-Rohman
Jl. Pramudya Wardhani
Dusun Janan
Kelurahan Borobudur
Kecamatan Borobudur
Kabupaten Magelang - 50553
Jawa Tengah

Masjid Magelang

Kecil tapi tua. Itulah Masjid Ar-Rohman. Menurut data Simas (Sistem Informasi Masjid) Kementerian Agama, masjid ini sudah berdiri sejak 1968. Bangunan masjid yang luasnya 132 meter persegi berdiri di tanah wakaf seluas 300 meter persegi. Meski hanya punya satu imam masjid, Masjid Ar-Rohman --yang oleh Simas dikategorikan sebagai Masjid di Tempat Publik-- tercatat punya 5 khotib tetap.