Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Klinik Daqu Sehat, Kabupaten Magelang

Sabtu, 21 Februari 2015 11:46:34
photo: che/indoplaces

All About a Hundred. Itu program yang dicanangkan Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Qur’an --lembaga di lingkungan Pesantren Darul Qur'an milik KH Yusuf Mansyur-- pada corporate gathering yang digelar di Hotel Mandarin, Jakarta, 11 Desember 2014 lalu. Lewat program serba seratus itu, PPPA Darul Quran meminta dukungan dari kalangan korporasi untuk mensukseskan niatan membangun 100 pesantren tahfidz, 100 klinik kesehatan, 100 Kampung Alquran, serta membuka ribuan rumah tahfidz. Klinik kesehatan yang akan dibangun rencananya akan menggunakan nama ''Klinik Daqu Sehat'', seperti klinik yang satu ini, yang berada di Jalan Raya Jogja-Magelang, jalan antara Yogya dan Candi Borobudur, di wilayah Kabupaten Magelang.

Target 'serba seratus' yang hebat? Namanya juga target, ya harus hebat. Yang jelas, program serba seratus itu bukan baru pertama kali dicanangkan. Tahun sebelumnya, 13 Desember 2013, lewat hajatan bertajuk 'Time To Spritual Company'', yang juga digelar di Hotel Mandarin, hal serupa juga sudah didadarkan di hadapan para pengusaha. Pada kesempatan itu, Direktur Eksekutif PPPA Darul Quran, Tarmizi Ashidiq, mengutarakan: setelah sukses menghadirkan 2 Klinik Daqu Sehat di Malang dan Magelang, lembaganya berniat menghadirkan 100 klinik kesehatan lagi sepanjang 2014. Jadi, sudah ada berapa Klinik Daqu Sehat yang hadir? Apa mau dikata: hingga kini jumlah Klinik Daqu Sehat masih bertahan diangka dua.

Klinik Daqu Sehat di Magelang, Jawa Tengah, merupakan klinik yang kedua. KH Yusuf Mansyur --yang biasa juga dipanggil Ustadz Yusuf Mansyur-- meresmikannya pada 29 Juni 2013. PPPA Darul Quran Yogya (Daqu Yogya) sendiri lebih suka menyebut milad kliniknya jatuh pada 12 Juni. Klinik Daqu Sehat yang pertama sudah hadir setahun sebelumnya, 30 April 2012, di Kabupaten Malang, Jawa Timur. Misi kedua klinik tersebut sama: menjadi 'rumah bersalin plus'. Plus-nya bukan hanya karena melayani pengobatan umum juga, melainkan juga lantaran klinik ini menghadirkan 'terapi Quran bagi ibu-ibu hamil'. Harapannya. terapi itu bisa memacu lahirnya generasi-generasi Quran.

Bagaimana kinerja Klinik Daqu Sehat? November tahun silam, Ustadz Yusuf Mansyur sudah menyampaikan ''Jejak Darul Qur;an 2014'. Katanya, sepanjang 2014, kedua Klinik Daqu Sehat sudah melayani lebih dari 20.000 pasien ibu hamil dan pasien umum, serta melakukan pengobatan gratis kepada 3.565 jiwa.

PPPA Daqu Yogya, selain mengelola Klinik Daqu Sehat di Magelang, juga menaungi Rumah Sakit Nurul Hidayah di Bantul. Rumah sakit ini hadir ketika terjadi bencana gempa yang menewaskan 5.000 orang di Kabupaten Bantul pada Mei 2006. Semula, wujud rumah sakit ini hanya berupa klinik prakter bersama milik Dr Sagiran. Pasca gempa, klinik yang buka 24 jam itu disulap jadi RS Darurat untuk menangani para korban gempa. Dua tahun kemudian, ia diubah menjadi RS bedah, dan akhirnya pada 2009 --setelah bangunannya diperluas-- resmi menjadi Rumah Sakit Umum Nurul Hidayah.

Peta & Citra Satelit

Klinik Darul Quran

Klinik Daqu Sehat
Jl. Raya Jogja-Magelang Km. 23
Desa Jumoyo Lor
Kecamatan Salam
Kabupaten Magelang - 56484
Jawa Tengah

Tel: 0293-3286989


PPPA Daqu Yogyakarta - www.pppajogja.org

Pesantren Darul Quran - www.daqu.or.id

KH Yusuf Mansyur - www.yusufmansur.com