Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Taman Maerakaca, Purbalingga
Minggu, 06 April 2014 17:08:15
photo: jobojero/indoplaces
Taman Maerakoco atau Taman Maerakaca? Pemerintah Kabupaten Purbalingga ingin menamai taman yang dipetik dari kisah cinta Arjuna dan Srikandi di jagad wayang ini sebagai Taman Maerakoco. Ini sesuai penamaan cara Jawa, yang akhirannya serba 'o'. Tapi warga Purbalingga keberatan. Nama itu memang 'njawani' tapi 'ora ngapak' atau tidak 'ngapak'. Di dunia berbahasa 'ngapak', dialek khas wilayah eks-Karesiden Banyumas, 'o' selalu jadi 'a'. Mirip dialek 'Betawi Jakarte' yang dikenal serba 'e', tapi di dunia 'betawi Mandra', alias betawi pinggiran (bodetabek) atau 'betawi ora', akhiran 'e' jadi 'a'.

Siapa yang akhirnya menang? Seperti bisa disimak di foto atas, bahasa ngapak yang menang. Taman kecil yang mengelilingi bundaran 'Tugu Bancar' itu sekarang diberi label Taman Maerakaca. Tugu Bancar itu sendiri berada di simpang tiga Bancar, di Desa Bancar, Kecamatan Purbalingga, Kabupaten Purbalingga. Lokasinya berada di seberang Kodim 0702 Purbalingga, di sebelah timur; dan di seberang Bank BRI Cabang Purbalingga dan SMPN 5, di sebelah selatan. Area di sebelah utaranya dikenal sebagai 'Bancar Badhog Center' (BBC), nama keren untuk 'Pasar Badhog'. Pasar ini merupakan pujasera atau pusat kuliner Purbalingga. 'Badhog' sendiri dalam bahasa ngapak rakyat bermakna 'makan'.
Kalau nama Taman Maerakaca yang akhirnya menang, hal ini tentu selaras dengan nama yang dipakai untuk Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan yang ada di Tawang Mas, Semarang, ibukota Jawa Tengah. Di sana ada taman yang diberi nama Taman Puri Maerakaca, atau lebih populer dengan nama Taman Maerakaca saja. Taman kecil ini hendak meniru Taman Mini Indonesia Indah (TMII), yang me-miniatur-kan Indonesia. Taman Maerakaca me-miniatur-kan Jawa Tengah. Di sana terdapat paviliun yang mewakili 35 kabupaten dan kota se-Jawa Tengah. Berbeda dari TMII yang masih laris manis, Taman Maerakaca Semarang kabarnya sepi pengunjung dan nyaris bangkrut.
Taman Maerakaca di Purbalingga merupakan 1 dari 3 ruang terbuka hijau (RTH) yang dibangun Pemkab Purbalingga sepanjang 2013. Selain Taman Maerakaca di 'prapatan BRI Bancar' tadi, dua lainnya adalah Taman RTH Bojong, di pertigaan Batalyon Candrakusuma; dan Taman Hutan Kota, di Jl. Gemuruh, depan SMKN 3 Purbalingga. Pemkab berharap, selain untuk ikut mengukuhkan kota Purbalingga sebagai kota hijau, ketiga taman itu bisa jadi tempat rekreasi anak dan keluarga yang murah meriah.

Karena Taman Maerakaca terbilang baru, pada citra satelit Google di atas yang tampak hanya simpang Bancar yang masih dihiasi bundaran Tugu Bancar saja.
Taman Maerakaca belum diresmikan. Tapi bukan berarti Pak Bupati --yang mestinya meresmikan-- tak peduli. Ia bahkan amat sering lewat sana, siang maupun malam. Apa kesannya? Boleh dibilang, Bupati Sukento Rido Marhaendrianto kecewa.

''Saya sudah tiga kali melihat aktivitas para remaja pria yang menggelar pesta minuman keras di Taman Maerokoco. Mereka seolah tidak takut, padahal di depannya ada markas tentara (Kodim 0702),'' bilang Sukento, saat membuka Musyawarah Palang Merah Indonesia, Maret silam.

Juga, Bupati kesal karena taman itu jadi tempat pacaran muda-mudi. ''Kayak burung merpati saja,'' kata pak Bupati.
Places TerdekatKm
Taman Maerakaca, Purbalingga 0,000
SMPN 5 Purbalingga 0,101
SMP Santo Borromeus, Purbalingga 0,127
Badan Lingkungan Hidup Purbalingga 0,247
Kantor Lurah Bancar, Purbalingga 0,251
SMPN 2 Purbalingga, Jawa Tengah 0,442
Dinsosnakertrans Purbalingga 0,511
BPR BKK Purbalingga 0,515
Gereja Kristen Indonesia Purbalingga 0,559
KPP Pratama Purbalingga 0,560
Hotel TerdekatKm
Hotel Aston Imperium Purwokerto 14,494
Garuda Hotel, Kemranjen, Banyumas 24,692
Dunia Hotel, Gombong, Kabupaten Kebumen 28,579
Surya Yudha Hotel, Banjarnegara 34,950
Hotel Wongso, Kebumen 48,385
Dian Candra Hotel, Kabupaten Pekalongan 61,118
Dafam Hotel, Kota Pekalongan 63,190
Horison Hotel, Kota Pekalongan 64,358
Sanjaya Inn Hotel, Purworejo 77,231
Hotel Plaza, Purworejo 77,493
Berita Jawa Tengah
Jelang Idul Adha, Pemkab Purbalingga Siapkan 20 Ekor Sapi
Mencuri di Rumah Kapolsek, Maling Babak Belur Dihajar Massa
Semua Korban Helikopter Basarnas Berhasil Dievakuasi
Helikopter Basarnas Jatuh di Temanggung
Bank Jateng Kucurkan Kredit Rp 200 Miliar ke Pemkab Grobogan
Penuhi Nazar, Bupati Banjarnegara Umrahkan 20 Orang
Bupati Resmikan Grand Master Hotel
Presiden lakukan kunker ke Jatim dan Jateng
Walikota Salatiga Akhirnya Dilantik Gubernur Ganjar Pranowo
Budhi Sarwono dan Syamsudin Dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara Periode 2017-2022