Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Pasar Petarukan, Pemalang

Rabu, 09 Februari 2011 12:08:10
photo: jobojero/indoplaces

Bermula dari rencana membangun sejumlah los baru, Pasar Petarukan malah dibuatkan bangunan yang seluruhnya baru. Jika pasar lama yang dikenal sebagai pasar tekstil berada di pinggir Jalan Raya Pemalang-Pekalongan, maka pasar yang baru berada di kawasan dalam: di Jalan Kartini, jalan yang berada di sebelah timur pasar lama, yang menuju kawasan pantai Pemalang.

Pabar baru Petarukan resmi digunakan mulai 2001. Selain 89 kios, pasar yang berada di wilayah Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah ini juga dilengkapi terminal angkot. Hingga 2003, pasar baru ini masih kurang diminati para pedagang. Mereka masih tetap berjualan di pasar lama yang lebih strategis. Alasan lain, pasar baru tidak boleh diisi pedagang tekstil.


Pasar Petarukan - Baru
Jalan Kartini
Kecamatan Petarukan
Kabupaten Pemalang

Peta & Citra Satelit

Pasar Lama Petarukan

Karena letaknya di jalur pantura, atau Jalan Raya Pekalongan-Pemalang, pasar lama Petarukan dulu berfungsi juga sebagai terminal angkot dan terminal bis antar-kota. Pasar lama ini dulu ramai dengan para pedagang tekstil, baik tekstil biasa maupun batik khas Pemalang dan batik pantura lainnya.

Pasar daerah bergaya klasik ini, bagian depannya diisi 24 unit toko. Sedangkan di bagian dalamnya berupa los-los pasar yang ditempati sekitar 100 pedagang. Setelah ada pasar baru, bangunan pasar lama tak dibongkar. Halaman di depannya masih tetap dipakai sebagai terminal.