Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga

Sabtu, 22 Februari 2014 07:40:29
photo: jobojero/indoplaces

Kalau mampir ke website SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga, 'bikin film' tak termasuk dalam daftar kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Tapi faktanya, dua film pendek karya siswa SMA swasta ini berhasil menyabet dua penghargaan pada 'Islamic Short Movie Festival'' (ISMC) 2013 yang digelar di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta. Film yang satu, 'Sarung', produksi 2011, dianugerahi gelar film terbaik. Begitu juga dengan sutradaranya. Yang satu lagi, 'Bukan Haji Biasa' (2012), menjadi film terbaik kedua, plus penulis skenarionya digelari penulis skenario terbaik. Skenario film ini merupakan adapatasi dari novel karya Ahmad Thohari: 'Belum Haji Sudah Mabrur'.

Sekolah tak mendukung produksi film? Mungkin. Dan mungkin karena itu pula tak masuk kegiatan ekstrakuriler. Tentang hal ini, para awak produksi 'Bukan Haji Biasa' memang pernah menuturkan kisahnya di blog produksi film mereka di Kompasiana. Boleh jadi karena tak ada dukungan sekolah itu pula maka yang dilombakan di ISMC 2013 adalah film buatan tahun-tahun sebelumnya. Pada 2013 mereka tidak bikin film.

Selain anugerah di ISMC Yoyga, film 'Sarung' juga pernah mendapat sederet anugerah lainnya: Film favorit pengunjung beoscope.com pada Festival Film Purbalingga (FFP) 2011; Film Pilihan di Festival Film Solo (FFS) 2011; dan editor terbaik di Festival Film Anak (FFA) Medan 2011.

SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga --yang berlokasi di alun-alun kota Purbalingga-- bukanlah sekolah baru. Sekolah ini pertama kali hadir di Purbalingga pada tahun 1952. Sayang, empat tahun kemudian, 1956, sekolah ini ditutup. Baru 6 tahun kemudian sekolah ini dibuka lagi, dan terus eksis sampai sekarang.

Ahad lalu, 16 Februari 2014, seperti terlihat pada spanduk di foto atas, mantan ketua PP Muhammadiyah, Amien Rais, bertandang ke SMA itu. Tapi, secara tak langsung. Yang ia mampiri adalah kantor Pengurus Daerah Muhammadiyah Prubalingga, yang kebetulan berada dalam satu lokasi. Mantan ketua umum PAN ini datang untuk melakukan peletakan batu pertama pemhangunan gedung baru SMK Muhammadiyah 3 di Kelurahan Bojong, yang masih satu kecamatan: Kecamatan Purbalingga. Gedung baru 4 lantai itu dibangun di atas lahan seluas 360 meter persegi dan akan punya 21 ruang kelas.

Lantas, dimana para siswa SMK Muhammdiyah 3 itu sekarang belajar? Ya sama. Seperti halnya kantor PD Muhammadiyah Purbalingga, sang SMK juga menggunakan bangunan yang dipakai SMA Muhamammadiyah 1 Purbalingga. Karena dipakai beramai-ramai, bangunan di sisi selatan alun-alun Purbalingga itu biasa dinamai Kompleks Perguruan Muhammadiyah.

Peta & Citra Satelit

SMA Muhammadiyah

SMA Muhammadiyah 1 Purbalingga
Jl. Alun-alun Selatan No. 2
Kelurahan Purbalingga Kidul
Kecamatan Purbalingga
Kabupaten Purbalingga
Jawa Tengah

Website: www.sma-muh1pbg.sch.id


Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purbalingga
Jl. Alun-alun Selatan No. 2
Kelurahan Purbalingga Kidul
Kecamatan Purbalingga - 53313
Kabupaten Purbalingga
Jawa Tengah

Tel: 0281-891382

Website: http://purbalingga.muhammadiyah.or.id