Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

RSUD Kabupaten Kebumen: The Project

Jumat, 30 Agustus 2013 07:48:44
photo: che/indoplaces

Gedungnya amat megah. Hurup timbul besar bertuliskan 'Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kebumen' pun sudah disematkan. Tapi, RSUD ini belumlah operasional. Dibangun sejak 2004, sampai sekarang gedung berkapasitas 400 tempat tidur itu masih belum rampung. Dana yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya masih amat besar: Rp 113 miliar. Adapun dalam rancangan awalnya, calon RSUD Tipe B ini, diluar peralatan medis, membutuhkan dana sebesar Rp 146 miliar.

Gedung baru RSUD Kebumen dibangun di Jalan Ring Road Selatan Kota Kebumen, atau jalan alternatif yang biasa digunakan pemudik yang melintas di Jalur Selatan Jawa: jalur Purwokerto-Yogya. Letaknya tak jauh dari Terminal Bus Kebumen, yang juga masih terbilang baru. Pada 2004, pembangunannya sudah mulai dilakukan, setelah dilakukan pembebasan lahan seluas 3,6 hektar, dengan biaya Rp 2,9 miliar. Setelah masa-masa awal, pekerjaan proyek menyepi.

Pada 2007, status proyek di-nol-kan kembali. Pada bulan Agustus-nya, Menko Kesra Aburizal Bakrie --bersama Menkes dan sejumlah menteri lain-- datang dan menggelar seremoni peletakan batu pertama pembangunan RSUD Kebumen. Ini artinya, pemerintah pusat sudah melirik proyek tersebut. Yang berarti pula: akan ada kucuran dana dari pusat. Benarkah? Memang ada. Tak kepalang tanggung, dana yang dikucurkan pada 2008 jumlahnya mencapai Rp 30 miliar. Sayangnya, dana dari Menko Kesra itu ternyata berlabelkan dana bantuan bencana alam. Walhasil, Pak Bupati harus putar otak dan mengkaji apakah dana itu bisa dimasukkan ke APBD dan dipakai untuk pembangunan RSUD Kebumen.

Peta & Citra Satelit

RSUD Muktisari

Tak diketahui apakah dana bencana alam tadi berhasil disulap atau tidak menjadi dana untuk membiayai pembangun RSUD. Yang pasti, sejak 2009 proyek tersebut terlihat ada geliatnya. Dan pada Juni 2012, Bupati Buyar Winarso SE bercerita bahwa hingga 2011, proyek tersebut sudah menyedot dana sebesar Rp 51,5 miliar. Dan pada 2012, pemerintah pusat mengucuran anggaran 'Tugas Pembantuan' sebesar Rp 15 miliar untuk melanjutkan pembangunan rumah sakit.

Berkat adanya berbagai dana itu, dana yang masih dibutuhkan untuk menyelesaikan RS pun 'tinggal' Rp 114,7 miliar. Dari mana lagi dananya? Buyar Winarso bilang, mulai 2012, sisa dana pembangunan RSUD Kebumen akan diambilkan dari APBD dengan pola anggaran tahun jamak (multi-years), mulai APBD 2012 sampai APBD 2014. Harapannya, pada pertengahan 2014 proyek sudah bisa rampung.

Pada Maret 2013, kabar progres proyek terdengar lagi. Kali ini giliran Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dwiyono Waluyo ST MT yang bicara. Katanya, proyek RSUD sudah menelan biaya Rp 65,8 miliar. Untuk melanjutkannya, masih perlu dana Rp 113 miliar. Sumber dananya masih sama, APBD tahun jamak. Dana itu akan dipakai untuk membangun 3 blok gedung, penataan lingkungan, dan pembangunan saran lainnya.

Bagaimana kemajuan proyek RSUD Kebumen sekarang? Per Agustus 2013, ya seperti yang terlilhat di foto-foto di atas. Gedungnya megah dan cantik. Label namanya pun sudah dipasang.

RSUD Kebumen versi Sekarang

RSUD Kebumen (Tipe C)
Jl. Rumah Sakit
Kelurahan Panjer
Kecamatan Kebumen
Kabupaten Kebumen

Telepon:
Informasi: 0287-381101
Sekretariat: 0287-381545
Keuangan : 0287-385274