Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

PLTU Cilacap

Kamis, 17 Februari 2011 13:15:40
photo: bing maps

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap sudah beroperasi sejak 2006. Unit 1 beroperasi pada Februari 2006. Unit 2 pengoperasiannya diresmikan langsung oleh Presiden SBY pada November 2006. PLTU berkapasitas 2 x 300 MW ini menggunakan batubara sebagai bahan bakarnya. Batubaranya adalah batubara muda, yang terbilang banyak terdapat di Indonesia.

Berada di tepian Samudera Indonesia, PLTU Cilacap masuk ke dalam wilayah Desa Karangkandri, Kecamatan Kesugihan. Dari pusat kota Cilacap, jaraknya hanya sekitar 10 kilometer. Akses termudah adalah lewat jalan negara yang menghubungkan Cilacap dengan Banyumas, kemudian masuk ke jalan Lingkar Timur Cilacap. Menjelang tikungan pinggir pantai, di pojok jalan itulah PLTU Cilacap berlokasi.

PLTU Cilacap merupakan PLTU swasta milik PT Sumber Segara Primadaya, perusahaan patungan antara PT Pembangkitan Jawa Bali (anak perusahaan PLN) dengan PT Sumberenergi Sakti Prima. Yang terakhir ini selain berbisnis listrik, juga dikenal sebagai perusahaan pertambangan.

Juni 2008, PLTU Cilacap sempat 'ngadat' dan menggangu pasokan listrik ke sistem distrubsi Jawa-Bali. Penyebabnya, suplaier batubara melakukan aksi mogok kirim. Suplai dihentikan karena pembangkit tersebut telat bayar. Setelah Menteri ESDM turun tangan, kisruh business-to-business ini akhirnya bisa teratasi dan pembangkit bisa beropreasi lagi.

Karena dimodali kredit dari China, PLTU Cilacap pun dibangun oleh Chengda Engineering Corporation asal China. Adapun pembangunan konstruksi fisiknya diserahkan kepada PT Wijaya Karya Tbk.

Mesin yang digunakan di pembangkit listrik ini juga buatan China. Kini kalau ada kerusakan dan perbaikan, juga diserahkan ke PMA asal China: PT D&C Engineering. Perusahaan ini merupakan patungan antara Zhejiang Themal Power Construction Company (Beijing), Garland Investment Limited (Hongkong), dan PT Sumbergas Saktiprima. PT D&C Engineering ini juga memangani pemeliharaan dan perbaikan PLTGU Palembang Timur.

Nama yang terakhir, PT Sumbergas Saktiprima, ada miripnya dengan perusahaan yang jadi pemilik PLTU Cilacap, PT Sumberenergi Sakti Prima. Tapi tak tahu apakah keduanya masih bersaudara. Yang pasti, PT Sumbergas Saktiprima juga dikenal sebagai perusahaan pertambangan.

Peta & Citra Satelit

Listrik Jawa Selatan

PLTU Cilacap
Desa Karang Kadri
Kecamatan Kesugihan
Kabupaten Cilacap

Link:
PT Pembangkitan Jawa Bali -- www.ptpjb.com
PT D&C Engineering - www.dncengineering.com

Notes: Citra satelit Google masih basi dan PLTU Cilacap belum kelihatan. Yang sudah punya citra satelitnya adalah Bing Maps.