Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Ford Nusantara Cibubur, Jatisampurna, Kota Bekasi

Kamis, 28 Juli 2016 16:49:04
photo: che/indoplaces

Karena penjualan dari tahun ke tahun terus menciut, pada 25 Januari 2016 PT Ford Motor Indonesia secara resmi mengumumkan rencana hengkang dari Indonesia. Keputusan itu tentu bikin kesal konsumen. Dan yang lebih kesal lagi tentulah 44 dealer resmi mobil Ford di Indonesia. Buntutnya, pada 13 Juni 2016, 31 dari 44 dealer Ford, yang berada di bawah 6 group perusahaan dealer Ford, melayangkan somasi ke PT Ford Motor Indonesia dan menuntut ganti rugi Rp 1 triliun. Ford Nusantara Group, yang antara lain jadi pemilik Ford Nusantara Cibubur, termasuk salah satu di antaranya.

Ford Nusantara Group merupakan nama dagang bagi PT United Mobil International, perusahaan yang berbasis di Balikpapan, Kalimantan Timur. Nama dagang dealer mobil Ford ini selaras dengan kelompok usaha yang menaunginya: Nusantara Indah Group. Ford Nusantara Group mulai berjualan mobil Ford di Balikpapan pada tahun 2003. Sekarang group dealer Ford ini mengaku punya 11 cabang atau outlet yang tersebar di Kalimantan (5 cabang) dan Jabodetabek (6 cabang). Cabang di Kalimantan ada di Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, dan Samarinda. Yang di Jabodetabek tersebar di Bekasi, Cibubur (Bekasi juga), Bintaro, BSD, Depok, dan Jakarta Selatan.

Bisnis ke-dealer-an mobil Ford di Jabodetabek mulai dimasuki pada tahun 2007 lewat salah satu anak perusahaannya: PT Putra Borneo Nusantara Indah, yang juga jadi dealer KIA di Kalimantan dan Timor di Indonesia Timur. Outlet pertama yang dibukanya adalah yang berada di Jalan MT Haryono Kavling 29-30, Jakarta Selatan, di sebelah Stasiun KA Cawang. Entah bagaimana ceritanya, outlet di wilayah Jakarta Selatan ini dinamai Ford Jakarta Timur. Sekarang, Ford Jakarta Timur sudah tinggal kenangan. Lahannya sudah disulap menjadi lokasi banyak dealer: Tata, Chevrolet, Mercedes-Benz, dan Mazda.

Kabar lanjutan somasi dealer Ford itu masih belum terdengar. Selain Ford Nusantara Group, kelompok usaha dealer Ford lainnya yang ikut mengajukan somasi adalah Arista Group, Auto Kencana Group, Fortune Dunia Motor, Sumber Sukses Mobilindo Sejahtera, dan Citra Group. Tanggapan PT Ford Motor Indonesia atas somasi itu belum terlalu terdengar. Juga, Ford Indonesia belum bicara lagi soal rencananya untuk angkat kaki total dari Indonesia pada kuartal kedua 2016.

Adapun soal sebab Ford cabut dari Indonesia tak lain karena penjualan mobil Ford yang terus melemah. ''Tidak ada lagi celah untuk menghasilkan keuntungan di dua negara ini (Indonesia dan Jepang),'' kata Presiden Ford Motor Asia Pasifik Dave Schoch, yang mengumumkan kabar itu kepada dunia. Mengutip data Gaikindo, berbagai media pun mengabarkan bahwa penjualan Ford di Indonesia memang anjlok pada 2015: hanya 4.986 unit. Angka ini turun jauh dari kinerja penjualan 2014 yang mencapai 12.008 unit. Saat menyampaikan somasinya, gabungan 31 dealer tadi sempat bilang kalau mereka menyumbang 85 persen penjualan Ford Indonesia pada 2015.

Peta & Citra Satelit

PT Putra Borneo Nusantara Indah

Ford Nusantara Cibubur
Jl. Alternatif Cibubur-Cileungsi Km. 2 No. 22
Kelurahan Jatikarya
Kecamatan Jatisampurna
Kota Bekasi
Jawa Barat

Tel: 021-84596999
Fax: 021-84310130

Ford Nusantara Group - Kantor Pusat Jabodetabek
PT Putra Borneo Nusantara Indah
Jl. MT Haryono Kav. 5-7
Jakarta Selatan - 12820
DKI Jakarta

Tel: 021-83788888
Fax: 021-83701085

Ford Nusantara Group - Kantor Pusat Kalimantan
PT United Mobil International
Jl. Ruhui Rahayu No 1
Ring Road Balikpapan
Balikpapan
Kalimantan Timur

Tel: 0542-872788
Fax: 0542-874838

Website: www.nusantara-ford.com

Link:
Nusantara Indah Group - www.nusantara-group.co.id
PT Ford Motor Indonesia - www.ford.co.id
Ford Motor Company - www.ford.com

Ford Bekasi

Ford Nusantara hadir di Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi mulai 18 Juli 2013. Peresmian outlet 3S (sales, service, dan spare parts) yang diberi nama Ford Nusantara Cibubur ini dilakukan bersamaan dengan peresmian 3 dealer Ford lainnya: Ford Nusantara Bekasi, Ford Mas Batam, dan Ford Anugerah HR Muhammad (Surabaya). Seremoni peresmian serentak itu dilakukan di Ford Nusantara Bekasi, yang seperti halnya Ford Nusantara Cibubur, merupakan dealer milik PT Putra Borneo Nusantara Indah. Peresmian yang dihadiri Walikota Bekasi H Rakmat Effendi itu dilakukan oleh Presiden Ford Asean Matt Bradley, karena dealer di Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, ini dianggap sebagai salah satu dealer Ford terbesar di Asean. Berada di atas lahan seluas 4.700 meter persegi, Ford Nusantara Bekasi punya bangunan dua tingkat seluas 4.200 meter persegi, yang bisa dipakai untuk memamerkan 14 mobil sekaligus, serta punya bengkel service yang bisa serentak melayani 16 kendaraan.

Ford Nusantara Cibubur sendiri dibangun di atas lahan seluas 5.000 meter persegi, bersebelahan dengan dealer Toyota Setiajaya, di sisi kanan gerbang perumahan Taman Laguna (timur). Sisi kiri gerbang Taman Laguna (barat) ditempati oleh RS Permata Cibubur. Tak diketahui apa saja fasilitas yang ada di Ford Nusantara Cibubur, yang sebagaimana para tetangganya, berada di penggalan Jalan Alternatif Cibubur-Cileungsi yang masuk wilayah Kecamatan Jatisampurna, Kota Bekasi. Namun sang induk perusahaan menyebut kalau cabangnya yang satu ini berfungsi sebagai pusat pelatihan bagi seluruh mekanik di lingkungan Ford Nusantara Group. Juga, rencananya Ford Nusantara Cibubur akan dijadikan bengkel perbaikan bodi bagi seluruh cabang Ford Nusantara di Jabodetabek.