Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Metland College, Metland School, Metland Transyogi
Kamis, 30 Juni 2016 18:26:00
photo: centhini/indoplaces
Januari tahun silam, 2015, PT Metropolitan Land Tbk mengundang perhatian banyak media. Dikabarkan bahwa pengembang properti ini, demi mendukung bisnis propertinya, melebarkan sayap ke dunia pendidikan. Wujud kongkritnya adalah pencanangan pendirian Metland Tourism Politeknik (D1 hingga D4), serta peletakan batu pertama pembangunan gedung yang kelak akan jadi kampusnya di kawasan perumahan Metland Transyogi, Cileungsi, Kabupaten Bogor. Setahun sudah berlalu, sudah terwujudkah perguruan tingginya? Gedungnya sih hampir rampung. Tapi yang dibuka baru program D1 dan D2.

Kehadiran program D1 dan D2 itu terlihat saat Metropolitan Mall Cileungsi diresmikan pada Mei 2016. Ada satu booth pameran yang ikut meramaikan pembukaan mall, yang berlabelkan Metland College dan menawarkan program pendidikan itu. Kelihatannya, Metland College ini adalah yang dulu dimaksudkan sebagai Metland Tourism Politeknik (nama yang dulu tertulis memang gado-gado Indonesia-Inggris: Politeknik, bukan Polytechnic).

Dulu, saat diperkenalkan, yang diunggulkan lembaga pendidikan yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Metland ini adalah program D3 dan D4-nya, serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata Metland School. Untuk melaksanakan program D3 dan D4, sang politkenik mengggandeng Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB atau NHI). Sedangkan program D1 dan D2, entah menggandeng siapa, tapi diselenggarakan bekerjasama dengan Dompet Dhuafa (yayasan yang berafiliasi dengan harian Republika), untuk memberi kesempatan kepada siswa kurang mampu untuk menempuh studi perhotelan. Adapun Yayasan Pendidikan Metland sendiri bukanlah yayasan baru. Lembaga ini sudah menghadirkan SD Tunas Metropolitan dan SMP Metland School di perumahan Metland Puri.

SMK Pariwisata Metland School, yang nama aslinya memang gado-gado bahasa Inggris-Indonesia seperti yang tercatat di Data Referensi Kemdikbud, sudah mulai beroperasi sejak tahun silam. Sekolah yang punya program keahlian Tataboga dan Akomodasi ini, seperti juga kakaknya yang tergolong perguruan tinggi, belum punya website resmi. Namun mereka rajin menebar foto dan info lewat Instagram.

Adapun Metland College, atau Metland Tourism Politeknik, masih sulit ditemui data resminya di daftar perguruan tinggi Kemdikbud lama ataupun di Kementerian Ristek dan Dikti. Dalam promonya, perguruan tinggi ini menawarkan program studi D1, D2, dan klas eksekutif untuk keahlian: Room Divison, Culinari/Food Production, Hotel Engineering, Commercial Building Engineering, Computer Application, dan Secretary & Public Relation.

Apapun bentuk lembaga pendidikan Metland College yang kelak bakal diketahui, yang jelas secara fisik sekolah ini sudah punya bangunan sendiri, meksi dipakai bersama Metland Shool. Semula hanya berlantai tiga, gedungnya sekarang sedang diupgrade menjadi berlantai lima. Lokasinya berada di samping Sekolah Regina Caeli, di belakang Giant Metland Transyogi, dekat pintu masuk Metland Transyogi di sisi Jalan Raya Cileungsi-Jonggol, di area yang dulu jadi 'sentra kuliner' alias dipadati pedagang kaki lima yang setia melayani para penikmat jogging di kawasan 'lapangan sepakbola' Metland Transyogi.
Metland College - Metland School
Jl. Taman Metro Raya
Perumahan Metland Transyogi
Desa Cileungsi Kidul
Kecamatan Cileungsi
Jawa Barat

Tel: 021-82496976


Link
PT Metropolitan Land Tbk - www.metropolitanland.com
Metland Transyogi - www.metlandtransyogi.co.id
Metland CIleungsi - www.metlandcileungsi.co.id
Wajarkah PT Metropolitan Land Tbk menerjuni sekolah pariwisata? Tentu saja normal. Kelompok usaha ini kebetulan memang sudah sejak awal menerjuni bisnis pariwisata. Sejumlah hotel sudah dibangun, dimiliki, dan dikelolanya: Hotel Horison Bekasi, Hotel Horison Seminyak, Hotel Metland Cirebon, dan Hotel @home Tambun.
Bangunan SMK Pariwisata Metland School sudah selewsai setinggi 3 lantai. Sekarang, mungkin demi mengakomodasik Metland College, gedungnya diperjangkung menjadi 5 lantai.
Tetangga TerdekatKm
Regina Caeli School 0,092
Metro Vista, Karaoke Keluarga & Restoran Nusantara 0,150
Giant Cileungsi - Giant KTM Jonggol 0,189
Metland Transyogi, Bye bye Kota Taman Metropolitan 0,292
Alfamart - KTM Jonggol, Cileungsi 0,296
Kota Taman Metropolitan 0,297
Kantor Kepala Desa Cileungsi Kidul 0,345
RM Warping, Cileungsi 0,369
Muas Motor - Cileungsi 0,444
Gokana, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,490
Alfamart - Duta Mekar Asri, Cileungsi 0,501
Steak 21, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,504
Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,513
Solaria, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,519
Hammer, Metropolitan Mall Cileungsi 0,533
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta