Indonesia meets Google Places and Facebook Places
SMAN 2 Cileungsi, Metland Transyogi, Cileungsi
Rabu, 29 Juni 2016 15:46:54
photo: centhini/indoplaces
Pekan ini jadi hari-hari sibuk bagi siswa lulusan SMP di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. Mereka memantengi terus website PPDB online untuk tahu nasib pendaftarannya ke SMA negeri pilihannya. Termasuk pendaftarannya ke SMA Negeri 2 Cileungsi yang tahun ini dipastikan bakal lebih ketat. Mengapa? Simpel saja. Lokasi sekolah makin seksi. Sekolah ini berada di belakang Metropolitan Mall Cileungsi, yang baru Mei lalu resmi beroperasi. Sebagaimana sang mall, SMAN 2 Cileungsi berada di Metland Transyogi, perumahan kelas menengah atas yang dikembangkan PT Metropolitan Land Tbk.

SMAN 2 Cileungsi berada tepat di samping Kantor Kecamatan Cileungsi. Kedua fasilitas ini sama-sama memanfaatkan lahan fasilitas umum yang disediakan perumahan Metland Transyogi. Termasuk tahun ini, SMAN 2 Cileungsi sudah 4 kali melakukan penerimaan siswa baru. Tapi baru 2 kali pendaftaran --dan juga proses belajar-mengajar-- dilakukan di gedung milik sendiri. Pada tahun pertamanya, pendaftaran masih dilakukan di SMAN 1 Cileungsi. Begitu juga kegiatan belajar-mengajarnya: masih menumpang di 'SMA Nepal' alias 'Negeri Pasar Lama'. Sebutan ini merujuk lokasi SMAN 1 Cileungsi yang berada di kawasan Pasar Lama Cileungsi, dekat Polsek Cileungsi dan Klenteng Hian Tan Kong.

Sebagai sekolah yang terhitung masih muda, sejumlah fasilitas SMAN 2 Cileungsi masih terus dikembangkan. Bangunan kelas dua tingkat, yang memanjang ke belakang, ke arah utara, sejajar dengan pagar Kantor Kecamatan, sudah selesai. Ruang kepala sekolah dan guru yang tak bertingkat sudah hadir di bagian depan. Di bagian tengah halaman sekolah sudah dibuatkan lapangan basket, sekaligus lapangan upacara, berlapis beton. Sekarang ini yang terlihat adalah kesibukan membangun Masjid Al-Irsyad, masjid kecil di sisi kiri depan sekolah. Dan yang paling baru: hurup timbul label SMAN 2 Cileungsi yang berada di sisi luar pagar, baru akhir pekan lalu dipasang.

Sisa lahan kosong di area SMAN 2 Cileungsi masih cukup luas. Kalau lihat citra satelit, tampak lapangan hijau luas di sebelah kanan. Tapi tak semuanya menjadi bagian dari sekolah. Menurut salah seorang staf, lebar lahan sekolah di sebelah kiri hanya tersisa selebar untuk membangun ruang kelas baru saja, sehingga kelas formatnya seperti hurup U. Dan kalau di citra satelit lahan kosong itu terlihat bagai lapangan hijau, itu karena dipotretnya saat musim kering. Yang sebenarnya, saat ini lahan hijau tampil bagai danau besar: penuh dengan air dan jadi lokasi mancing.
SMAN 2 Cileungi
Jl. Gandaria Utara No. 2
Perumahan Metland Transyogi, Cluster Gandaria
Kelurahan Cileungsi Kidul
Kecamatan Cileungsi
Kabupaten Bogor - 16830
Jawa Barat

Tel: 021-22887814

Website: www.sman2cileungsi.sch.id
Ruang kerja kepala sekolah dan ruang guru berada di bagian depan sekolah. Tak seperti ruang kelas yang dua lantai, bangunan ruang kepala sekolah hanya satu lantai. Di bagian tengah sekolah sudah ada lapangan upacara berlapis beton, yang sekaligus juga menjadi lapangan basket.
Ruang kelas, yang bangunannya berlantai 2, berada sejajar dengan tembok batasnya dengan Kantor Kecamatan Cileungsi. Ada yang bilang, lahan tempat Kantor Kecamatan Cileungsi dan SMAN 2 Cileungsi sudah tidak termasuk lagi wilayah Desa Cileungsi Kidul, melainkan masuk wilayah Desa Cipenjo. Hal ini mungkin saja karena area perumahan Metland Transyogi memang mencakup wilayah sejumlah desa (belum ada yang namanya kelurahan di Cileungsi).
Pagar depan sekolah baru selesai dibangun pada paruh kedua tahun 2015 lalu, dengan menggunakan dana masyarakat, yang biasa dipungut dari siswa setiap tahu ajaran baru. Marmer peresmiannya ditempelkan di bagian dalam pagar, tepat di depan teras ruang kepala sekolah. Di sisi luar tembok tempat marmer ini berada, terdapat tembok marmer bertuliskan nama SMAN 2 Cileungsi, seperti yang terlihat di foto awal. Hurup timbul ini baru dipasang akhir pekan lalu.
Saat ini SMAN 2 Cileungsi tengah membangun masjid kecil di sisi kiri depan sekolah, di samping bangunan ruang kepala sekolah. Namanya Masjid Al-Irsyad.
Lahan di sebelah utara SMAN 2 Cileungsi terlihat seperti lapangan hijau kalau dilihat pada citra satelit. Sejatinya, lahan itu lahan rendah dan sekarang ini sedang bersosok sebuah danau besar. Kelak di lahan antara lapangan basket dan danau itu akan dibangun lagi gedung dua lantai untuk ruang kelas, sehingga sekolah akan berbentuk letter U jika dilihat dari langit.
Tetangga TerdekatKm
Kantor Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,069
Metland Transyogi Sportclub, Cileungsi 0,295
Matahari Department Store, Metropolitan Mall Cileungsi 0,527
Hammer, Metropolitan Mall Cileungsi 0,573
Giordano, Metropolitan Mall Cileungsi 0,582
Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,595
Steak 21, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,599
Solaria, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,600
Gokana, Metropolitan Mall Cileungsi, Kabupaten Bogor 0,617
Metropolitan Futsal, Metland Transyogi 0,628
Sarana Sumber Baut 0,675
Sakura, School of Music & Art 0,678
RM Padang Cahaya Baru, Metland Transyogi 0,729
Dari Taman Cileungsi ke Metland Cileungsi 0,773
Suga Chicken, Agus Chicken 0,788
Hotel di Jawa Barat
The La Oma Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Berita Jawa Barat
Gubernur Sulawesi Selatan Minta Eksekusi Asrama Mahasiswa di Bogor Ditunda
Menhub: Pembangunan 'Kanal Cikarang Bekasi Laut' Kurangi Beban Jalan Raya
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon
Presiden Jokowi Blusukan ke BIP Lihat Produk Asli Bandung
Presiden Jokowi: Teras Cihampelas Perlu Ditiru Kota Lain
Patung Lilin Chris John Bakal Hadir Di GOR Jaya Perkasa Purwakarta
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu