Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Universitas Krisnadwipayana, Jatiwaringin, Kota Bekasi
Selasa, 04 Agustus 2015 19:58:51
photo: centhini/indoplaces
Tahun 1978, ketika aspal Jalan Raya Jatiwaringin dari arah Kalimalang baru sampai ke Pondok Pesantren As-Syafi'iyah --jalan selebihnya ke arah Pasar Pondokgede masih jalan tanah--, Universitas Krisnadwipayana sudah hadir di Jatiwaringin. Bahkan, oplet yang dulu melayani trayek dari pertigaan Halim (Cawang) ke Jatiwaringin pun berujung di Unkris, sebutan singkat bagi sang universitas, yang kampusnya masuk ke jalan kampung yang bersisian dengan pagar Pondok Pesantren Putra As-Syafiiyah. Meski sekarang sudah dibeton, jalan kecil ini hanya layak untuk kendaraan satu arah.

Jadi, sejak kapan Universitas Krisnadwipayana berkampus di Jatiwaringin? Entahlah. Yang pasti, pada tahun 1978 dia sudah ada disinai, memiliki areal kampus yang amat luas, meski tak berada di pinggir Jalan Raya Jatiwaringin. Areal kampusnya ini berada di lahan rendah, rata dengan area persawahan yang dulu ada di sekitarnya, sekitar 10 meter di bawah jalan. Di bagian belakang kampus, sebelah barat, terdapat Kali Sunter, kali yang memisah wilayah Jatiwaringin dengan kawasan Pangkalan Udara atau Bandara Halim Perdanakusuma, dan juga jadi batas wilayah Jakarta Timur dan Kota Bekasi. Walhasil, wajar kalau musim hujan sedang galak-galaknya, Kali Sunter senang berbagi air dengan halaman kampus Unkris.

Seperi apa sosok gedung kampus Unkris di masa lalu? Tak susah mencari wajah lamanya. Gedung rektoratnya, seperti terlihat pada foto di atas, yang juga jadi gedung Fakultas Ekonomi, adalah sosok gedung lama Unkris (kalau sekarang datang ke website Unkris, dia sedang memajang gambar desain gedung rektorat yang baru). Adapun gedung fakultas lainnya sudah diupgrade jadi lebih bagus dan cantik, meski tapak lokasinya masih sama. Adapun gedung yang baru hadir di masa belakangan adalah gedung Pendopo Unkris, yang meski berdesain bagus dan dibuat bebas genangan banjir, sekarang sudah rusak di banyak bagian, termasuk tangga naiknya yang banyak yang ambles.

Hal lain yang tak berubah dari Unkris adalah klaimnya --baik saat promosi maupun dalam alamat surat-- bahwa kampusnya berada di Jakarta Timur. Padahal siapapun tahu dari dulu dia berada di wilayah Bekasi. Bedanya, dulu, dia berada di wilayah Kelurahan Jatiwaringin, Kecamatan Pondok Gede, Kabupaten Bekasi. Sekarang, wilayah Kelurahan Jatiwaringin sebelah utara, yang berada dekat Jakarta Timur, termasuk area Unkris, sudah dimekarkan menjadi Kelurahan Jaticempaka. Kecamatan Pondokgede pun kini sudah masuk wilayah kota otonom Kota Bekasi, setelah sebelumnya menjadi bagian dari Kota Administratif Bekasi di Kabupaten Bekasi.

Soal klaim berada di Jakarta Timur bukan cuma monopoli Unkris. Kampus lain yang datang belakangan pun begitu. Yang hadir setelah Unkris di Jalan Raya Jatiwaringin adalah Institut Teknologi Jakarta (sekarang Sekolah Tinggi Teknologi Jakarta). Disusul kemudian dengan 'sang tuan rumah Jatiwaringin', Perguruan As-Syafi'iyah, yang menghadirkan Universitas Islam As-Syafi'iyah. Menyusul kemudian Bina Sarana Informatika (BSI), dengan berbagai akademinya, yang hadir di awal jalan masuk kampus Unkris. Tapi belakangan, BSI bisa juga membebaskan lahan di tepi Jalan Raya Jatiwaringin dan akhirnya punya pintu masuk dan gerbang sendiri di tepi jalan raya.

Adapun soal oplet Halim-Unkris, sekarang tentu sudah tak ada lagi. Oplet sudah diganti mikrolet M-18. Semula trayeknya sama, Halim-Unkris, trayek ini kemudian diperpanjang menjadi Kammpung Melayu-Unkris. Sekarang trayeknya sudah semakin diperpanjang menjadi Kampung Melayu-Pondok Gede.
Universitas Krisnadwipayana
Jl. Kampus Unkris
Kelurahan Pondokcempaka
Kecamatan Pondokgede
Kota Bekasi

Website: www.unkris.ac.id
Universitas Krisnadwipayana terbilang universitas tua. Tapi dia bukan universitas asli Jatiwaringin, asli Bekasi, atau asli Jakarta. Dia berdiri pertama kali pada awal 1952 di Bandung sebagai sekolah hukum. Tapi pada pertengahan April tahun itu juga lembaga pengelolanya, Balai Perguruan Krisnadwipayana, membuka Akademi Hukum dan Sosial Krinadwipayana di Jakarta (entah Jakarta sebelah mana). Fakultas yang saat itu ada barulah Fakultas Hukum. Dua tahun kemudian, 1954, setelah membuka Fakultas Ekonomi, barulah nama Universitas Krinadwipayana dipergunakan. Pengelolanya pun menjadi Yayasan Universitas Krisnadwipayana.

Selain S1, Fakultas Hukum Unkris sekarang menggelar program S2 dan S3.
Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Unkris hadir sejak 1957. Ketika itu namanya masih Fakultas Ilmu Tata Praja. Gedung kampus FIA berada di bagian tengah lahan kampus, berbagi ruang dengan Perpustakaan Unkris.
Fakultas Teknik (FT) hadir di Unkris pada tahun 1963. Selain untuk program S1, sekarang gedung kampus FT juga jadi markas bagi program Magister (S2) Teknik.
Fakultas Ekonomi Unkris hadir pada Juli 1952, saat perguruan tinggi ini belum bernama Unkris. Sekarang Fakultas Ekonomi menempati gedung di bagian depan kampus, bersama Rektoran, Program Magister Manajemen, dan sekretariat Program Perkuliahan Karyawan.
Unkris juga menggelar Program Perkuliahan Karyawan untuk jenjang S1, yang mencakup hampir semua jurusan yang ada di Unkris. Program ini 'dipasarkan' oleh perusahaan spesialis marketing 'program kuliah karyawan', PT Kreasi Pranata Terpadu (Gillan Group), lewat website www.unkris.web.id
Pendopo atau gedung serbaguna Universitas Krisnadwipayana ini berdesain arsitektur cantik. Sayangnya, pendopo ini sekarang sepertinya sudah tak terurus dan rusak di sana-sini.
Tetangga TerdekatKm
Universitas Krisnadwipayana, Jatiwaringin, Kota Bekasi 0,000
Fakultas Ekonomi Unkris 0,022
Program Perkuliahan Karyawan Unkris 0,025
Fakultas Hukum Unkris 0,086
Perpustakaan Unkris 0,088
Fakultas Ilmu Administrasi Unkris 0,088
Pendopo Unkris 0,140
Fakultas Teknik Unkris 0,149
Masjid Al-Barkah Universitas Islam As-Syafiiyah 0,232
Bina Sarana Informatika - Jatiwaringin 0,294
Universitas Islam As-Syafiiyah 0,300
Ceuning Ati Real Estate 0,345
Pemakaman Cempaka Kramat Gondang 0,346
BRI Jatiwaringin, As-Syafi'iyah 0,379
Pesantren Khusus Yatim As-Syafi'iyah 0,386
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta