Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Karawang
Kamis, 09 Juli 2015 14:44:22
photo: google street view
Dua tahun setelah dilantik, keretakan hubungan Bupati dan Wakil Bupati Karawang kian mencuat. Bupati Ade Kuswara makin enggan berbagi kerja dengan wakilnya. Ia lebih suka bermitra dengan istrinya, Nurlatifah, yang anggota DPR Karawang. Sekarang, persoalan sudah selesai. Pak Bupati dan sang istri sudah divonis penjara 6 dan 5 tahun. Sang wakil, Cellica Nurrachadiana, sudah dilantik jadi Plt Bupati. Sabtu lalu, mantan Presiden SBY pun melantiknya sebagai anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat. Juga merestui Plt Bupati yang katanya cantik ini untuk jadi calon bupati pada pilkada Karawang Desember mendatang.

Ade Swara, tokoh Partai Bulan Bintang (PBB), bersama Cellica, menang pilkada 2010 berkat dukungan koalisi PBB, Partai Demokrat, PKS, dan Partai Gerindra. Pada 2012, ketakharmonisan pasangan ini semakin kental dan membuat roda pemerintahan jadi tak lancar. Bupati lebih suka mewakilkan dirinya kepada Sekretaris Daerah ketimbang wakil bupati. Secara simbolis, hal ini pun terlihat di berbagai baliho kegiatan pemkab yang lebih suka memasang foto bupati dan istrinya, ketimbang dengan foto sang wakil. Kalau ada yang mengkritik, teror via ponsel pun biasanya muncul, seperti yang pernah dialami Ahmad Rifai, Ketua DPC Partai Demokrat, yang juga terbilang getol mendamaikan keduanya.

Tak akur dengan wakilnya, Bupati Ade Swara juga konon tak bersahabat dengan bawahannya yang lain. Walhasil, ketika Ade Swara akhirnya ditangkap KPK pada 17 Juli 2014, banyak aparat pemkab yang merasa tak heran. ''Sudah menebak, suatu saat akan ditangkap. Malah seharusnya ditangkap tiga tahun lalu,'' bilang salah seorang anggota Satpol PP Kawarang. Tak cuma sang bupati, sang istri, Nurlatifah Ade Swara, anggota DPRD yang mantan ketua DPC PBB Karawang, juga ikut ditangkap. Pada 15 April 2015, Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis 6 tahun penjara, plus denda Rp 400 juta, untuk Ade Swara. Untuk sang istri, hakim menimpakan memvonis 5 tahun penjara plus denda Rp 300 juta.

Vonis dijatuhkan hakim dalam konteks kasus dugaan pemerasan, penyuapan, dan pencucian uang terkait pengurusan izin Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan (SPPL) PT Tatar Kertabumi di Kabupaten Karawang. Kongkritnya, dulu KPK menangkap Bupati Ade Swara karena memeras PT Tatar Kertabumi sebesar Rp 5 miliar saat perusahaan milik Agung Podomoro Group itu ingin meminta izin untuk pembangunan mal di Karawang. Uang itu akhirnya diberikan dalam bentuk dolar berjumlah 424.329 dolar AS dan menjadi barang bukti dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK.

Ade Swara menjalani sidang perdananya pada awal Desember 2014. Pada 23 Desember 2014, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan melantik Cellica Nurrachadiana sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Karawang. Mantan anggota DPRD Jabar 2009-2010 ini akan menuntaskan periode kebupatian Ade Swara yang akan berakhir September 2015. Meski sempat menuai kritik karena kurang peduli dengan korban musibah longsor di pemukiman penduduk di DAS Sungai Citarum, dokter yang katanya cantik ini kabarnya bisa menjalankan roda pemerintahan dengan oke.

Sebelum menjadi Plt Bupati, Cellica Nurachadiana sudah lebih dulu menjadi Plt Ketua DPC Partai Demokrat Karawang, menggantikan Ahmad Rifa'i, mulai 24 Februari 2014. Mulai Sabtu lalu, 4 Juli 2015, posisi kepartaiannya naik tingkat ketika mantan Presiden SBY mengumumkan kepengurusan baru Partai Demokrat. Nama Cellica masuk dalam jajaran angota Majelis Tinggi. Tak cuma itu, Cellica juga mengaku mendapat restu SBY untuk maju sebagai calon bupati di pilkada Karawang 9 Desember 2015.

Seperti pada pilkada 2010, Demokrat harus berkoalisi untuk mengajukan calon bupatinya. Sementara ini, dukungan buat Cellica sudah membanjir. PKS sudah oke. PAN juga sudah mendeklarasikannya. PPP sudah mengisyaratkan dukungan. Sementara Golkar, yang semula oke, sekarang memutuskan untuk mengalihkan dukungan ke senior Partai Demokrat yang juga bakal maju pilkada: Saan Mustopa. Tanpa restu dari Demokrat pun, Golkar yakin bisa mengggolkan Saan Mutopa bersama Partai Nasdem.
Pemerintah Kabupaten Karawang
Jl. Jenderal A Yani No 1
Kabupaten Karawang
Jawa Barat

Tel: 0267-429800

Website: www.karawangkab.go.id
Kabupaten Karawang lahir lewat UU No 14 tahun 1950 tentang Pemerintahan Daerah Kabupaten dalam Lingkungan Provinsi Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat sendiri lahir lewat UU No 11 tahun 1950.





Kecamatan di Kabupaten Karawang:
  1. Banyusari
  2. Batujaya
  3. Ciampel
  4. Cibuaya
  5. Cikampek
  6. Cilamaya Kulon
  7. Cilamaya Wetan
  8. Cilebar
  9. Jatisari
  10. Jayakerta
  11. Karawang Barat
  12. Karawang Timur
  13. Klari
  14. Kota Baru
  15. Kutawaluya
  16. Lemahabang
  17. Majalaya
  18. Pakisjaya
  19. Pangkalan
  20. Pedes
  21. Purwasari
  22. Rawamerta
  23. Rengasdengklok
  24. Tegalwaru
  25. Telagasari
  26. Telukjambe Barat
  27. Telukjambe Timur
  28. Tempuran
  29. Tirtajaya
  30. Tirtamulya
Tetangga TerdekatKm
Pemkab Bekasi, Pentagon ala Cikarang 16,222
PT Sumi Rubber Indonesia, Pabrik Ban Dunlop 17,298
Bakmi Golek, Lippo Cikarang 17,818
RS Permata Keluarga, d/h RS Harapan Keluarga, Lippo Cikarang 18,127
BSI Cikarang, Cikarang Square, Kabupaten Bekasi 18,204
Gerbang Tol Cikarang Barat 4 18,241
Cikarang Square, Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi 18,256
Mulia Ceramics, PT Muliakeramik Indahraya, Cikarang 18,493
Honda Cikarang, Prospect Motor 18,650
Mal Lippo Cikarang 18,885
Menara Pasifik, Menara CIMB Niaga 19,013
Siloam Hospitals Lippo Cikarang 19,043
Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi 19,154
Bekasi International Industrial Estate 19,503
SPBU Shell Lippo Cikarang 19,547
Hotel di Jawa Barat
The La Oma Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Berita Jawa Barat
Gubernur Sulawesi Selatan Minta Eksekusi Asrama Mahasiswa di Bogor Ditunda
Menhub: Pembangunan 'Kanal Cikarang Bekasi Laut' Kurangi Beban Jalan Raya
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon
Presiden Jokowi Blusukan ke BIP Lihat Produk Asli Bandung
Presiden Jokowi: Teras Cihampelas Perlu Ditiru Kota Lain
Patung Lilin Chris John Bakal Hadir Di GOR Jaya Perkasa Purwakarta
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu