Indonesia meets Google Places and Facebook Places
SMK Sandhy Putra, SMK Pariwisata Telkom Bandung
Rabu, 22 April 2015 15:45:08
photo: che/indoplaces
SMK Sandhy Putra. Ini nama yang tertera di gerbang sekolah. Nama resmi versi Kemdikbud: SMKS Sandhy Putra Bandung. Adapun nama kerennya: SMK Pariwisata Telkom Bandung. Disebut nama keren karena sejauh ini nama itu hanya sekedar nama yang disematkan sendiri oleh Telkom Foundation, lembaga milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, aka Telkom, bagi sekolah-sekolah yang dikelolanya. Adapun soal legalitas, nama yang legal bagi SMK pariwisata itu tentulah yang saat ini terdaftar di Kemdikbud. Itu pun kalau data Kemdikbud up-to-date.

SMK Sandhy Putra, legalnya, berada di bawah naungan Yayasan Sandhykara Putra Telkom (YSPT), yayasan yang dulu dibentuk para istri karyawan Telkom. Dia masih saudara dekat dengan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yayasan yang sekarang menaungi Telkom University (Universitas Telkom). Pada Maret 2014, atas nama YPT dan YSPT, SMK Sandh Putra 'naik kelas' dan menjadi bagian dari 'Telkom Schools'. Namanya pun lantas berubah jadi SMK Pariwisata Telkom. Pada Maret itu, ada 9 sekolah yang naik kelas dan menyandang nama Telkom Schools: 4 SMK, 1 SMP, dan 4 TK. Sekarang, seperti bisa disimak di website Telkom Schools, jumlahnya sudah jauh lebih banyak.

Telkom Schools adalah 'brand' atau label yang diproklamirkan pada Januari 2014 bagi sekolah-sekolah berkualitas, non-perguruan-tinggi, di lingkungan keluarga besar PT Telkom. Tujuan rebranding, katanya, adalah ''untuk membangun semangat dan image baru sekolah dalam mengikuti perubahan dan perkembangan menuju sekolah dengan standarisasi internasional.'' Pada tahun lalu itu, YPT dan YSPT mengelola 44 sekolah, mulai dari TK sampai dengan SMK, di bidang Telekomunikasi dan Pariwisata, yang tersebar di 36 kota, di 22 propinsi. Adapun sekolah yang berhak menyandang label 'Telkom Schools' adalah sekolah yang sudah mengantongi akreditasi 'A', sudah menerapkan ISO, serta punya infrastruktur lengkap dan tenaga pengajar berkualitas.

Perubahan nama dan rebranding SMKS Pariwisata Sandhy Putra menjadi SMK Pariwisata Telkom Bandung kelihatannya masih belum tuntas. Nama barunya yang terkesan lebih keren, setidaknya karena membawa-bawa nama Telkom, seolah masih jadi nama internal saja. Soalnya, data Kembdikbud masih tetap menyebut sekolah ini sebagai SMKS Sandhy Putra Bandung. Baik itu data di Data Referensi Kemdikbud, maupun data di Data Pokok Pendidikan Menengah milik Ditjen Pendidikan Menengah Kemdikbud. Juga, website Telkom Schools, masih merujuk ke website SMK Shandy Putra yang lama, yang masih berlabel SMK Pariwisata Shandy Putra Bandung. Sedangkan data di kedua website Kembdikbud tadi sudah merujuk ke website yang lebih baru: SMK Pariwisata Telkom Bandung.

Manapun websitenya, yang jelas sekolah keren dan berkualitas ini belum sempat membeli nama domain sendiri.
SMKS Sandhy Putra Bandung
aka SMK Sandhy Putra
aka SMK Pariwisata Sandhy Putra
aka SMK Pariwisata Telkom Bandung
Jl. Palasari No. 1
Kelurahan Lingkar Selatan
Kecamatan Lengkong
Kota Bandung - 40263

Tel: 022-7301568
Fax: 022-7319875

Website:
http://smkparsandhyputrabdg.wix.com/sanput - versi Telkom Schools
http://smkparbdg.dev.edusoftware.co.id - versi Kemdikbud

Telkom Schools - www.telkomschools.sch.id
Telkom Foundation - www.ypt.or.id
Yayasan Pendidikan Telkom - www.yptelkom.or.id


Notes: Berada di lahan sudut, SMK Sandhy Putra punya dua muka atau menghadap ke dua jalan. Sisi yang satu, menghadap ke Jl. Palasari, yang jadi alamat resmi. Sisi yang satu lagi menghadap ke Jl. Windo, seperti yang terlihat di foto, berhadapan dengan saudara kandungnya: Akademi Pariwisata Sandhy Putra.
Yang di-rebranding bukan cuma sekolah non-perguruan-tinggi di lingkungan Telkom menjadi Telkom Schools. Lembaga pendidikan yang menaunginya juga di-rebranding. Pada Mei 2014, Yayasan Pendidikan Telkom dan Yayasan Sandhykara Putra Telkom, resmi 'ditransformasi' menjadi Telkom Foundation. Kalau namanya ke-inggris-inggris-an, maklumi saja. Telkom memang lagi suka seperti itu. Jadi, setelah ada Telkom University, lalu ada Telkom Schools, kini ada Telkom Foundation.

Apa nama lokal dan nama legal Telkom Foundation? Apakah 'transformasi' kedua yayasan tadi bermakna keduanya sekarang dilebur menjadi satu? Entahlah. Yang pasti, website yang memakai logo Telkom Foundation adalah website Yayasan Pendidikan Telkom (www.ypt.or.id). Sedangkan nama Yayasan Sandhykara Telkom, masih tersemat di website Telkom School (www.telkomschools.sch.id).
Tetangga TerdekatKm
Akademi Pariwisata Sandhy Putra, Bandung 0,062
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat 0,096
RM Ponyo 3, Malabar, Bandung 0,107
Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Windu, Kota Bandung 0,281
Bank CIMB Niaga Syariah, Gatsu, Bandung 0,536
Gereja Alpha Omega, Gatot Subroto, Kota Bandung 0,622
Bank CIMB Niaga, Gatot Subroto, Bandung 0,758
Bank Danamon - KC Bandung Asia Afrika, Kota Bandung 0,861
Yamaha JG Asia-Afrika, Asia-Afrika, Bandung 0,915
Gedung Keuangan Negara, Asia-Afrika, Bandung 1,444
Gereja Bethel, Wastukencana, Kota Bandung 2,177
Bank BNI - Kanwil Bandung, Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung 2,266
Dinas Perikanan dan Kelautan Jabar, Wastukencana, Kota Bandung 2,293
Gereja Kerasulan Baru di Indonesia, Dago, Kota Bandung 2,685
Kedai Nyonya Rumah - Trunojoyo 2,792
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta