Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Akademi Pariwisata Sandhy Putra, Bandung
Rabu, 22 April 2015 01:41:43
photo: che/indoplaces
Bank BCA dulu biasa memakai bangunan rumah atau ruko untuk kantor layanannya. Agar cantik dan khas, bangunan itu dilapisi facade kaca hitam berbingkai hitam. Akademi Pariwisata Sandhy Putra, yang masih anggota keluarga besar PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, punya cara lain untuk mempercantik gedung kampusnya. Yakni, dengan membuat tampilan depan gedungnya seolah punya dua lantai. Padahal, lantai dua gedung itu hanya punya dinding depan saja, serta teras dan topi depannya yang berpilar dua, tanpa ada ruangan di belakangnya.

Mungkin, sosok bangunan seperti itu merupakan sosok banguan belum selesai. Sekarang mungkin sudah ada ruangan di belakangan facade lantai dua. Indoplaces memotretnya saat bertandang ke kawasan Jalan Windu, Kota Bandung, tempat Akpar Sandhy Putra berada, di penghujung 2012. Kalau sekarang sudah ada ruangan di belakangnya, ya syukurlah. Kalau masih seperti itu juga, ya tak menjadi masalah juga. Namanya juga gaya bangunan.

Sekolah pariwisata ini, yang hanya menyelenggarakan Program Diploma III Perhotelan, berada di bawah naungan Yayasan Sandhykara Putra Telkom. Yayasan ini merupakan lembaga yang dulu dibentuk oleh perkumpulan istri-istri karyawan Telkom. Yayasan ini berbeda dari Yayasan Pendidikan Telkom yang sekarang menaungi Universitas Telkom, universitas hasil penggabungan dari 4 PTS miliknya: Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

Kabarnya, semua lembaga pendidikan di bawah Yayasan Sandhykara Putra Telkom bakal berganti nama: melepaskan kata Shandy Putra, dan menggantinya dengan kata Telkom. Hal ini sudah dimulai tahun lalu dengan mengubah nama SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandung menjadi SMK Pariwisata Telkom Bandung, dan dibranding sebagai 'Telkom Schools'. Sekolah kejuruan Pariwisata ini lokasinya kebetulan juga berada di Jalan Windu, Bandung, berseberangan dengan Akademi Pariwisata Sandhy Putra.

Kedua yayasan tadi pun secara resmi sudah dilebur menjadi Telkom Foundation. Nama lokalnya , mungkin, Yayasan Pendikan Telkom. Agak kurang jelas nama lokalnya, soalnya, meski sudah dilebur, saat ini masih ada dua website yang menebut diri Yayasan Pendidikan Telkom. Yang satu, www.yptelkom.or.id mencantumkan Akademi Pariwisata Shandy Putra sebagai salah satu institusi pendidikan tingginya. Yang satu lagi, www.ypt.or.id, dan berlogokan Telkom Foundation, hanya menyebut Telkom University dan Telkom Schools sebagai institusi pendidikannya.

Sang akademi sendiri, meski masih setia memakai nama Akademi Pariwisata Sandhy Putra, sekarang sudah asyik menggunakan nama domain www.akpartelkom.ac.id. Dan siapa tahu... besok-besok jadi fakultas baru di Telkom University.
Akademi Pariwisata Sandhy Putra
Jl. Windu No. 19
Kelurahan Malabar
Kecamatan Lengkong
Kota Bandung

Tel: 022-7305296
Fax: 022-7333828

Website: www.akpartelkom.ac.id

Yayasan Pendidikan Telkom - www.yptelkom.or.id
Telkom Foundation - www.ypt.or.id

Telkom University - www.telkomuniversity.ac.id
Telkom Schools - www.telkomschools.sch.id
Jalan Windu seolah jadi wilayahnya Telkom. Di jalan itu ada SMK Pariwisata Telkom alias Telkom Schools (d/h SMK Pariwisata Sandhy Putra), ada Akpar Sandhy Putra, dan dulu juga ada Kantor Regional Jawa Barat Telkom Vision (layanan televisi satelit milik Telkom yang sekarang sudah dilego ke Trans Media). Dari arah kantor Telkom Vision inilah, atau dari arah Timur, bisa terlihat jelas kalau lantai dua gedung Akpar Sandhy Putra hanya punya dinding depan dan topi depan saja, tanpa ruangan di belakanganya.

SMK Pariwisata Sandhy Putra, karena lokasinya berada di pangkal jalan, jadi punya dua muka. Sisi yang satu menghadap Jalan Palasari, sisi yang satu lagi menghadap Jalan Windu. Sekolah ini lebih suka menyebut dirinya beralamat di Jalan Paasari No. 1.
Places TerdekatKm
SMK Sandhy Putra, SMK Pariwisata Telkom Bandung 0,062
RM Ponyo 3, Malabar, Bandung 0,083
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat 0,102
Badiklatda Provinsi Jawa Barat, Windu, Kota Bandung 0,277
Bank CIMB Niaga Syariah, Gatsu, Bandung 0,522
Gereja Alpha Omega, Gatot Subroto, Kota Bandung 0,613
Bank CIMB Niaga, Gatot Subroto, Bandung 0,752
Bank Danamon - KC Bandung Asia Afrika, Kota Bandung 0,858
Yamaha JG Asia-Afrika, Asia-Afrika, Bandung 0,913
Gedung Keuangan Negara, Asia-Afrika, Bandung 1,449
Hotel TerdekatKm
Tidar Hotel, Bandung 0,241
Baltika Hotel, Bandung 0,283
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung 1,587
Pondok Nirom 2,395
Vue Palace Hotel 2,508
Carrcadin Hotel 2,998
Hotel Arlya, Kota Bandung 3,270
Sensa Hotel, Cihampelas Walk, Bandung 4,006
Puma Hotel, Bandung 4,137
Nyland Pasteur Hotel, Bandung 5,294
Berita Jawa Barat
Besok, Kebun Raya Bogor Berumur 2 Abad
Bogor Canangkan Sekolah Ibu di 6 Kecamatan
Pemkot Bekasi Alokasikan Beasiswa Rp 2 Miliar Bagi yang Masuk Unpad
Pabrik AMDK Le Minerale di Pandeglang Tolok Ukur Masuknya Investor Lain
Ahok Dipindahkan ke Markas Brimob Kelapa Dua Depok
Gubernur Sulawesi Selatan Minta Eksekusi Asrama Mahasiswa di Bogor Ditunda
Menhub: Pembangunan 'Kanal Cikarang Bekasi Laut' Kurangi Beban Jalan Raya
Wali Kota Sukabumi Laporkan 4 Akun Facebook ke Polisi
Ridwan Kamil Disambut Warga Kota dan Kabupaten Sukabumi
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon