Indonesia meets Google Places and Facebook Places
De Arum Manis Factory Outlet, Cihampelas, Bandung
Senin, 20 April 2015 18:23:19
photo: centhini/indoplaces
De Arum Manis, Cihampelas. Sebutan singkat ini, kalau di-googling, akan memunculkan amat sangat banyak info dan ulasan tentang De Arum Manis. Tapi, dari sekian banyak info itu, hanya satu yang mendekati benar, yakni yang dibuat TripAdvisor. Website yang satu ini menyebut De Arum Manis sudah 'tutup'. Status itu mendekati benar karena De Arum Manis sekarang sudah buka lagi. Tapi bukan lagi sebagai restoran dan wedding hall seperti yang dulu dikenal sejak 2008, melainkan sebagai factory outlet, alias gerai penjualan aneka produk jeans dan aneka produk busana dan fashion lainnya.

Tak diketahui pasti kapan restoran atau rumah makan De Arum Manis resmi tutup. Juga tak diketahui kapan dia ber-reinkarnasi menjadi factory outlet. Yang jelas, data Sentra Perdagangan Jeans Cihampelas 2012 yang dibuat Dinas Koperasi UKM dan Perindustriian Kota Bandung, sudah mencantumkan De Arum Manis sebagai factory outlet. Dan ke-factory-outlet-annya itu masih bertahan hingga kini, atau setidaknya ketika Indoplaces mamppir ke sana pekan lalu.

Semasa menjadi restoran, dan juga wedding hall, De Arum Manis tentu populer, seperti tercermin dari banyaknya info dan ulasan. Ketika itu, restoran ini menyajikan menu tradisional semacam ayam goreng rempah, gepuk goreng, gurame asam manis, dan telur bulat gulai. Adapun yang tidak lagi menyajikan info tapi masih mencantumkan status tutupnya adalah TripAdvisor.

Kalau riwayat De Arum Manis sebagai restoran sudah tamat, dan kemudian banting setir jadi factory outlet, rasanya hal yang wajar saja. Soalnya dia memang berada di Jalan Cihampelas yang memang dikenal sebagai sentra jeans. Dan menurut data Dinas Koperasi UKM dan Perindustriian Kota Bandung tadi, pada 2012, De Harum Manis menjadi satu dari total 4 factory outlet yang ada di Sentra Industri Jeans Cihampelas. Adapun total outlet jeans dan fashion di sana tercatat sebanyak 59 outlet. Outlet lainnnya dikateogirkan sebagai toko jeans (27 outlet) dan distro (18 outlet). Sisanya masuk kategori lain-lain: toko tas (4), toko batik (2), toko sepatu (1), dan rumah makan (1).

Omzet Sentra Industri Jeans Cihampelas, masih kata data 2012 tadi, per harinya mencapi Rp 227,5 juta. Yang omzetnya terbesar adalah outlet yang tergolong toko jeans yang mencapai Rp 112 juta per hari. Di urutan kedua adalah Factory Outlet yeng beromzet total Rp 21 juta per hari. Di urutan ketiga adalah Distro yang omzetnya Rp 62,8 juta per hari. Kalau omzet harian itu mau dibagi dengan jomlah outlet di masing-masing kelompok outlet, yang menikmati omzet lebih besar adalah outlet yang berkategori Factory Outlet.

De Arum Manis Factory Outlet
Jl. Cihampelas No.144 A
Kelurahan Cipaganti
Kecamatan Coblong
Kota Bandung



Link:
Sentra Industri Bandung - www.sentraindustribandung.com
Sebagaimana FO lain, De Arum Manis, hadir dengan bangunan yang cantik. Halaman parkirnya pun luas. Bus rombongan wisata biasa masuk ke halaman parkirnya dan parkir di halaman samping kiri (utara). Tak sedikit penumpang bus wisata yang turun dari bus, masuk ke toilet, lalu langsung pergi keluar area De Arum Manis, untuk menikmati Sentra Industri Jeans Cihampelas, di sepanjang jalan Cihampelas, tanpa lebih dulu menikmati suguhan jeans dan fashion di De Arum Manis. Mereka mungkin lebih suka suasan Cihampelas yang crowded ketimbang suasana adem ayem di De Arum Manis.
Tak melulu jadi factory outlet, dan seolah mengingkatkan pada masa lalunya, De Arum Manis menyisihkan kawasan pinggir pagar kiri dan kanannya untuk area pujasera. Berbagai kedai makanan menjajakan aneka santapan khas Bandung maupun masakan Sunda. Mulai dari batagor, nasi tutug oncom, hingga ke ayam goreng kremes. Menikmati makanan ini di kedai-kedai ini rasanya lebih nyaman karena agak jauh dari hingar-bingar Jalan Cihampelas yang selalu macet dan padat mobil.
Bagi yang butuh oleh-oleh khas Bandung, gerai Lutfia Snack hadir di bagian kanan depan halaman parkir. Gerai yang dinding dan tiangnnya berlapis kayu hutan ini menyajikan aneka snack dan makanan ringan, antara lain dodol, wajit, sale, keripik tempe, dan brownies.
Tetangga TerdekatKm
Cihampelas Walk, Ciwalk, Bandung 0,152
Cihampelas: Dari Sentra Jeans ke Gurita Kagum Hotel 0,208
Balubur Town Square, Bandung 0,541
Institut Teknologi Bandung, Ganesha, Bandung 0,745
Masjid Salman ITB, Ganesha, Bandung 0,792
Kawasan Nuklir Bandung - Triga 2000 0,966
Living Plaza, Dago Plaza, Kota Bandung 0,968
DSE Factory Outlet, Juanda, Kota Bandung 0,988
Angkringan Dago, Juanda, Kota Bandung 1,017
Pepper Lunch, Steak Cepat Saji ala Jepang 1,180
Paris Van Java Mall 1,211
BPR Karyajatnika Sadaya, KK Wastu Kencana, Kota Bandung 1,220
Lacoste, Buaya Hijau di Paris van Java 1,236
Azzura, Sruput Lemon Tea dalam Toples 1,248
Gereja Kerasulan Baru di Indonesia, Dago, Kota Bandung 1,267
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta