Indonesia meets Google Places and Facebook Places
RM Uun, Pusakajaya, Kabupaten Subang
Jumat, 13 Maret 2015 17:10:27
photo: che/indoplaces
Permanently Closed. Begitu pesan yang terpampang kalau Anda mengklik ikon Rumah Makan Uun di Google Maps. Kalau Anda pemilik restoran di jalur Pantura ini, mungkin Anda bisa protes karena usaha Anda divonis sudah bubar oleh Google. Juga, boleh protes karena ikon RM Uun pun letaknya tidak tepat: agak jauh di sebelah timur.

Sosok Rumah Makan Uun sebenarnya terbilang cantik, baik dilihat dari langit atau dari kejauhan. Dari langit ia tampak bagai tanda plus dengan kaki pendek. Atap teras depannya, lima buah, dibuat melengkung. Yang membuatnya jadi tak menarik adalah suasananya. Bisa begitu karena rumah makan ini memang terbiasa menjamu bis malam yang lalu-lalang di jalur Pantura (pantai utara Jawa). Lebih spesifik lagi, dia menjadi tempat singgah bagis bus-bus berlabel PO Pahala Kencana. Walhasil, halaman parkir yang luas di muka restoran pun jadi amat tak mulus. Bau solar pun lumayan semerbak d RM Uun, yang kerap jadi tempat kongkow komunitas Pahala Kencana Sejati, alias pengguna setia bus PO Pahala Kencana.

RM Uun biasa disebut berada di Pamanukan, merujuk nama kecamatan di jalur Pantura itu. Tapi sebenarnya, dari dulu dia masuk wilayah kecamatan tetangga sebelah timurnya: Kecamatan Pusakanagara. Belakangan, setelah Pusakanagara dimekarkan, dia masuk ke wilayah Kecamatan Pusakajaya. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan kabupaten di sebelah timurnya: Kabupaten Indramayu.
Rumah Makan Uun
Jl. Raya Pusakanegara
Desa Karanganyar
Kecamatan Pusakajaya
Kabupaten Subang
Jawa Barat





Link:

PO Pahala Kencana - www.pahalakencana.com
Selain bangunan restoran, di kompleks RM Uun juga terdapat satu bangunan besar lain di sebelah kanannya, yang entah apa fungsinya. Di sebelah kanannya lagi, atau di sebelah kiri kalau di peta, terdapat Masjid Nur-Syafi'iyah, masjid cantik yang punya empat menara.
Mobil keliling Google Maps sudah melintasi jalur Pantura pulau Jawa pada April 2013. Setelah menunggu setahun lebih, sejak akhir tahun silam hasilnya sudah bisa dinikmati lewat mode Street View di Google Maps. Melintasi Pantura --atau lebih tepatnya menapaki Pantura, karena foto yang dibuatnya seperti orang yang melangkah setapak demi setapak--, mobil Google itu juga lewat depan RM UUn. Hasilnya seperti yang terlihat di foto sebelah. Kalau saja waktu itu supir mobil Google Maps kebetulan lapar dan sempat mampir, mereka mungkin bakal tahu status restoran ini. Masih buka ataukah sudah tutup. Dengan begitu, bisa mengkoreksi status sang restoran di Google Maps yang sekarang ini dilabeli Permantently Closed.

RM Uun sampai sekarang masih buka. Setiap hari puluhan bus PO Pahala Kencana (kalikan dengan puluhan penumpang di setiap busnya) masih setia mampir di sama di malam, subuh, atau pagi hari. Bisa dipastikan, sebagian dari mereka tentu menyantap sesuatu di sana. Kalaupun tak menyantap sajian berat, mereka setidaknya menikmati kopi dan sajian instant khas resto Pantura: mie gelas.
Places TerdekatKm
Masjid Nur-Syafi'iyah, Pamanukan, Kabupaten Subang 0,103
Kantor Kepala Desa Karanganyar, Pusakajaya, Subang 0,471
Apotik Ridho Farma, Sukra, Indramayu 2,270
PLTU Indramayu 6,486
Masjid Jami Nurul Hikmah, Pamanukan 9,391
PT Marconi Mandiriperkasa, Dari Yamaha ke Honda 11,041
Kantor Desa Pamanukan: Wow... Ngeping... 11,718
Kantor Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang 11,759
Koramil 0509 Pamanukan 11,814
KUA Kecamatan Pamanukan 11,839
Hotel TerdekatKm
The La Oma Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat 66,595
Bandung Giri Gahana 70,286
Marbella Suites Bandung 70,793
Padma Hotel - Bandung 71,544
Jayakarta - Bandung 71,611
Hotel Arlya, Kota Bandung 74,479
Puma Hotel, Bandung 74,691
Sensa Hotel, Cihampelas Walk, Bandung 74,701
Topas Galeria Hotel, Bandung 75,617
Nyland Pasteur Hotel, Bandung 75,642
Berita Jawa Barat
Besok, Kebun Raya Bogor Berumur 2 Abad
Bogor Canangkan Sekolah Ibu di 6 Kecamatan
Pemkot Bekasi Alokasikan Beasiswa Rp 2 Miliar Bagi yang Masuk Unpad
Pabrik AMDK Le Minerale di Pandeglang Tolok Ukur Masuknya Investor Lain
Ahok Dipindahkan ke Markas Brimob Kelapa Dua Depok
Gubernur Sulawesi Selatan Minta Eksekusi Asrama Mahasiswa di Bogor Ditunda
Menhub: Pembangunan 'Kanal Cikarang Bekasi Laut' Kurangi Beban Jalan Raya
Wali Kota Sukabumi Laporkan 4 Akun Facebook ke Polisi
Ridwan Kamil Disambut Warga Kota dan Kabupaten Sukabumi
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon