Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kabupaten Sumedang
Jumat, 07 Februari 2014 01:26:15
photo: indofakta.com
Membangun kantor bupati tak selalu harus lama dan bertele-tele. Kantor Bupati Sumedang yang baru, peletakan batu pertama pembangunannya dilakukan saat Sumedang berulangtahun ke-432. Setahun kemudian, saat ulang tahun ke-433, 23 April 2011, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan sudah bisa meresmikannya. Semua itu berlangsung di era DR. Don Murdono, SH, M.Si, politisi PDIP yang memimpin Sumedang selama dua periode sejak 2003. Tahun lalu, setelah tak jadi bupati, pria asal Kendal ini dipecat dari PDIP karena maju sebagai cawagub Jawa Tengah mendampingi cagub Hadi Prabowo yang diusung partai koalisi non-PDIP. Don dan Hadi akhirnya gagal memimpin Jateng.

Kantor bupati yang baru, meski sudah diresmikan, tidak langsung ditempati Pak Bupati. Soalnya, peresmian itu pada dasarnya memang seremonial belaka. Saat diresmikan, gedung itu masih kosong-melompong. Sarana kerja belum ada. Listrik dan telepon pun belum masuk. Anggaran untuk membeli peralatan kerja memang sudah ada, Rp 2,2 miliar, namun belum dibelanjakan karena gedung itu belum diserahterimakan oleh kontraktornya. Walhasil, Pak Bupati saat itu masih terus berkantor di kantor lamanya, Gedung Negara, di alun-alun Sumedang.

Ketika itu, gedung yang sudah rampung pun baru gedung yang bakal digunakan sebagai kantor Pak Bupati dan Sekretariat Daerah. Gedung tersebut dibangun di area yang bakal jadi pusat pemerintah terpadu Kabupaten Sumedang. Rencananya komplek pusat pemerintahan itu akan menghabiskan area seluas 30 hektar. Saat diresmikan, lahan yang sudah dibebaskan baru 10 hektar. Adapun dana yang sudah dihabiskan, yang berasal dari APBN 2010, totalnya mencapai 42 miliar. Dalam rancangan besarnya, pembangunan seluruh komplek perkantoran terpadu Pemkab Sumedang itu akan menelan dana Rp 450 miliar.

Sepeninggal Don Murdono, Sumedang dipimpin pasangan Endang Sukandar dan Ade Irawan. Dilantik pada Maret 2013, mereka adalah pasangan bupati Sumedang yang ke-18 dan bermasa bakti 2013-2018. Sayang, belum lama memimpin, pada November 2013 Bupati Endang Sukandar 'meninggal dalam tugas', saat sedang mengikut acara 'Ngaruat Lembur' di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede. Sempat ikut nyanyi dan berjoget dengan masyarakat lokasi calon bendungan Jatigede itu, Endang mendadak jatuh pingsan, dilarikan ke RS Cideres, dan akhirnya meninggal dunia di usia 64 tahun.

Pada 13 Januari 2014 lalu, Wakil Bupati Ade Irawan dilantik menjadi Bupati Sumedang baru, menggantikan almarhun Endang Sukandar. Sebelum menjadi wakil bupati dan bupati Sumedang, Ade Irawan pernah menjadi ketua DPR Kota Cimahi, sekaligus ketua Badan Anggaran DPRD. Dan saat ini, karena jabatan lamanya di Cimahi itu, Ade Irawan sedang disidik Kejaksaan Negeri Kota Cimahi, atas dugaan terlibat penyeleweangan penggunaan anggaran perjalanan DPRD Kota Cimahi tahun anggaran 2011 sebesar Rp 1,9 milyar.
Pemerintah Kabupaten Sumedang
Jl. Prabu Gajah Agung No. 19
Kelurahan Situ
Kecamatan Sumedang Utara
Kabupaten Sumedang
Jawa Barat


Tel: 0261-201681
Fax: 0261-208035

Website: www.sumedangkab.go.id


Link:

Don Murdono - www.don-murdono.com - www.masdonmurdono.com

Sampai sekarang, pembangunan kantor bupati masih terus berlangsung. Akhir 2013 lalu, Pemkab Sumedang baru saja membebaskan lahan seluas 4.760 meter persegi, seharga Rp 2,8 miliar. Dananya, yang Rp 2 miliar, berasal dari kocek Pemprov Jabar. Sisanya, yang Rp 780 juta, dari kantong Pemkab Sumedang sendiri. Hingga Desember tahun lalu itu, lahan yang dibebaskan sudah mencapai 12 hektar. Dan yang sekarang tengah disiapkan pembangunannya adalah gedung DPRD, masjid Pemda, kantor inspektorat, dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD).
Tetangga TerdekatKm
SPBU 34-45309, Prabu Gajah Agung, Sumedang 0,445
Tugu Tahu, Sumedang 0,471
Griya Sumedang, Griya Plaza, Sumedang 0,832
Warung Nasi Ampera, Sumedang 0,835
Tahu Palasari, Tahu Sumedang, Tahu Presiden SBY 0,835
Holland Bakery, Griya Plaza, Sumedang 0,841
Pengadilan Agama Sumedang 0,868
Dinas Kesehatan Pemkab Sumedang 1,274
Terminal Ciakar, Sumedang 1,505
Kantor Kepala Desa Jatihurip, Sumedang Utara 2,108
Perumahan Sindang Amanah, Jatihurip, Sumedang 2,211
Medal Sekarwangi van Sumedang 2,792
Polsek Paseh, Sumedang 8,589
SDN Legok 1 dan 2, Paseh, Sumedang 8,677
Polsek Conggeang, Sumedang 14,585
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta