Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Dinas Kesehatan Pemkab Sumedang

Rabu, 05 Februari 2014 15:30:46
photo: centhini/indoplaces

Pekan ini agaknya menjadi hari bahagia bagi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Retno Ernawati, S.Sos, MM. Pasalnya, Senin lalu, ia berkesempatan mendampingi Presiden SBY yang sepekan ini sedang 'blusukan' ke sejumlah kota dan kabupaten di belahan utara Jawa Barat dan Jateng: Sumedang, Majalengka, Kuningan, Cirebon, dan Pekalongan.

Di hari pertama lawatan kelilingnya, SBY meninjau pabrik tahu Palasari di Jalan Mayor Abdul Rachman dan RSUD Kabupaten Sumedang di Jalan Palasari. Di tempat terakhir ini SBY dan rombongan didampingi Dirut BPJS Kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Sumedang, dan Direktur Utama RSUD. Bagian rumah sakit yang ditilik adalah gedung instalasi rawat jalan dan ruang cuci darah. Dari situ, SBY menyempatkan datang ke rumah Ibu Een Sukaesih, guru lumpuh asal Desa Cibereum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang, yang pernah juga diundang ke Istana Negara.

Bicara soal blusukan, Sumedang juga punya cerita lain yang 'menarik'. Tahun silam, 2 November 2014, Bupati Sumedang Endang Sukandar meninggal dunia saat sedang blusukan di Desa Karedok, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Sumedang. Endang Sukandar baru dilantik Maret 2013 dan mestinya memimpin Sumedang hingga 2018. Karena kasus itu pula, Kepala Dinas Kesehatan Retno Ernawati pernah menyatakan niatnya untuk membentuk tim kesehatan khusus untuk menjaga kondisi kesehatan bupati dan wakil bupati, terutama saat mereka blusukan ke berbagai daerah.

''Presiden juga selalu dikawal tim medical. Pak bupati dan wabup juga harus. Kita siapkan tenaga medis atau perawat yang mahir dan terlatih, khususnya yang mampu menangani kasus penyakit gawat darurat yang sifatnya emergency,'' kata Retno, kepala dinas yang baru menjabat pada 2011, dan sempat digunjingkan karena tak punya latar belakang bidang medis.

Peta & Citra Satelit

Dinas Kesehatan Sumedang

Dinas Kesehatan Pemkab Sumedang
Jl. Kutamaya No. 21
Kabupaten Sumedang


Tel: 0261-202377
Fax: 0261-204941