Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Griya Sumedang, Griya Plaza, Sumedang

Selasa, 04 Februari 2014 20:00:20
photo: centhini/indoplaces

Griya Sumedang bukan nama perumahan. Griya adalah salah satu brand toserba, atau gabungan dari department store dan supermarket, milik Yogya Group, konglomerasi ritel yang berbasis di Bandung. Toserba Griya ini biasanya skalanya lebih kecil dari Yogya Department Store yang jadi bendera utama Yoggya Group, namun jauh lebih besar dari minimarketnya yang dilabeli Yomart.

Di Kabupaten Sumedang, tercatat terdapat dua outlet Griya. Yang satu ini berada di pusat kota Sumedang, menempati gedung yang dinamai Griya Plaza, di Jalan Mayor Abdul Rachman. Griya yang satu lagi, Griya Jatinangor, berada di Jatinangor, Tanjungsari, kawasan perguruan tinggi (Unpad, IPDN, dll) di sisi barat Sumedang, yang berbatasan dengan kota dan kabupaten Bandung.

Selain toserba Griya, Griya Plaza yang berlantai tiga juga diramaikan banyak peritel lain. Termasuk di antaranya gerai fastfood Kentucky Fried Chicken. Ada pula pusat elektronik Griyatron, yang masih merupakan unit usaha Yogya Group. Sementara tepat di samping kanannya, sebelah selatan (di Google Maps masih tanah kosong), sekarang ini sudah berdiri outlet ritel yang punya ciri khas baling-baling di atap: Holland Bakery.

Yogya Group konon sudah mulai eksis pada 1948 di Kosambi, Bandung. Adapu brand Griya mulai dipakai 1990, dengan melahirkan Griya Buahbatu, di Buahbatu, Bandung. Enam tahun kemudian, barulah Griya Sumedang resmi beroperasi: Mei 1996. Adiknya, Griya Jatinangor, muncul belakangan pada Mei 2004.

Peta & Citra Satelit

Toserba Griya

Griya Sumedang
Jalan Mayor Abdul Rachman No 53
Lingkungan Angkrek
Kecamatan Sumedang Utara
Kabupaten Sumedang
Jawa Barat

Tel: 0261-205 381


Griya Jatinangor
Jalan Raya Jatinangor No 130
Jatinangor
Kabupaten Sumedang
Jawa Barat

Tel: 022-7781862


Yogya Group - www.toserbayogya.com

Griyatron dan KFC

Yogya Group punya outlet fastfood ayam goreng: Chicken Sumo. Tapi resoran ayam ini tak ikut hadir di Griya Plaza, untuk menemani unit bisns ritel utamanya: Toserba Griya Sumedang. Mungkin karena di sana sudah bertengger Kentucky Fried Chicken (KFC). Meski begitu, di Griya Plaza hadir pula unit bisnis Yogya Group lainnya, yakni Griyatron, yang merupakan pusat belanja produk elektronik.