Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pasar Jalan Cagak, Subang
Kamis, 28 Nopember 2013 19:38:28
photo: centhini/indoplaces
Pasar Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terbilang pasar yang top. Pasar ini selalu ramai, tumpah, dan tak bosan-bosannya bikin macet. Tapi bukan hanya karena itu dia ngetop. Melainkan juga karena lokasinya tempatnya berada: Jalan Cagak atau Jalan Raya Cagak. Salah satu jalan utama di kota Subang ini merupakan persimpangan jalur lalu lintas utara-selatan dan barat-timur Jawa Barat. Barat-Timur: Jalan Cagak menjadi penghubung Purwakarta di sebelah Barat dengan Sumedang di sebelah Timur. Utara-Selatan: Jalan Cagak menjadi penghubung jalur Pantura (Pamanukan) di sisi utara dengan Lembang dan Bandung di sebelah Selatan. Ibukota kabupatennya sendiri, Kota Subang, berada di jalur Jalan Cagak menuju Pantura.

Pasar Jalan Cagak --yang juga berada di Kecamatan Jalan Cagak-- kabarnya merupakan satu-satunya pasar milik Dinas Pasar Kabupaten Subang, dan ditariki retribusi. Selebihnya ada sekitar 15 pasar lain di Subang yang tergolong pasar desa, yang retribusinya masuk kas masing-masing desa. Tapi tak lama lagi, Dinas Pasar mungkin tak bakal menerima retribusi lagi, kalau pasar baru di Jalan Cagak sudah beroperasi. Pasar yang baru --lokasinya tak jauh dari pasar yang sekarang-- masih dalam tahap pembangunan. Pengembangnya adalah koperasi para pedagang pasar: Koperasi Pasar Peduli Bersama. Kelak, pasar baru ini akan jadi milik koperasi itu juga, serta milik PT Perkebunan Nusantara VIII (PTPN 8), sebagai pihak yang tanahnya --5.000 meter persegi-- dipakai untuk lokasi pasar. Kabarnya, Pesat Jabar (Persatuan Pedagang dan Warung Tradisional Jawa Barat), juga akan menjadi mitra Koperasi Pasar Peduli Bersama.

Pasar tradisional yang sekarang terlihat tak terlalu besar dan lebar kalau dilihat dari depan. Namun Pasar Jalan Cagak ini memanjang jauh ke belakang, ke sisi selatan. Bagian depan pasar, uniknya, diisi oleh deretan toko berlabel sama: Berkah. Mulai dari Toko Berkah, Toko Sumber Berkah, sampai ke Toko Mas Berkah. Yang tampil mencolok dengan bangunan baru dua lantai adalah Toko Mas Berkah. Di citra satelit Google, toko dua lantai ini belum terlihat sosoknya. Tapi di citra satelit Nokia (Here.com), sudah terlihat jelas: http://her.is/D6yYf

Bagi para penglaju maupun wisatawan lokal, yang dimaksud Pasar Jalan Cagak sekarang ini bukanlah pasar tradisional ini. Bagi mereka, yang namanya Pasar Jalan Cagak adalah seantero toko dan tempat belanja yang bertebaran di sepanjang Jalan Cagak: mulai dari Tugu Nanas di sebelah timur, hingga simpang tiga di sebelah barat yang berbelok ke arah Lembang.
Pasar Jalan Cagak
Jalan Raya Cagak
Desa Jalan Cagak
Kecamatan Jalan Cagak
Kabupaten Subang
Jawa Barat
Places TerdekatKm
Tugu Nanas, Jalan Cagak, Subang 0,267
Telkom Jalan Cagak, Subang 1,706
Ciater Highland Resort, Ciater Riung Rangga 4,945
Ciater Spa Resort, Ciater, Subang 6,804
Masjid Raya As-Sa'adah, Lembah Sarimas Resort, Ciater 6,872
Kiara Pool 7,010
Villa Rumah Kelapa 7,744
Pabrik Teh Ciater 8,056
PT Perkebunan Nusantara VIII, Kebun Ciater, Subang 8,065
Gunung Tangkuban Perahu 11,926
Hotel TerdekatKm
The La Oma Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat 17,397
Marbella Suites Bandung 22,071
Padma Hotel - Bandung 22,436
Jayakarta - Bandung 22,670
Puma Hotel, Bandung 25,677
Sensa Hotel, Cihampelas Walk, Bandung 25,704
Topas Galeria Hotel, Bandung 26,418
Nyland Pasteur Hotel, Bandung 26,473
Hotel Arlya, Kota Bandung 26,552
Bandung Giri Gahana 27,290
Berita Jawa Barat
Besok, Kebun Raya Bogor Berumur 2 Abad
Bogor Canangkan Sekolah Ibu di 6 Kecamatan
Pemkot Bekasi Alokasikan Beasiswa Rp 2 Miliar Bagi yang Masuk Unpad
Pabrik AMDK Le Minerale di Pandeglang Tolok Ukur Masuknya Investor Lain
Ahok Dipindahkan ke Markas Brimob Kelapa Dua Depok
Gubernur Sulawesi Selatan Minta Eksekusi Asrama Mahasiswa di Bogor Ditunda
Menhub: Pembangunan 'Kanal Cikarang Bekasi Laut' Kurangi Beban Jalan Raya
Wali Kota Sukabumi Laporkan 4 Akun Facebook ke Polisi
Ridwan Kamil Disambut Warga Kota dan Kabupaten Sukabumi
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon