Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Terminal Harjamukti: Menyongsong Renovasi Rp 5 Miliar
Selasa, 03 September 2013 20:11:37
photo: centhini/indoplaces
Kalau naik bus ke Jakarta, naiklah bus yang ada di depan. Maksudnya bukan naik bus yang berada di deretan terdepan di jalur beratap yang ada di dalam area terminal. Melainkan naiklah bus yang ada di seberang jalan, di 'depan' terminal. Begitu nasehat kernet dan pedagang yang ada di Terminal Harjamukti, terminal dalam kota dan antar-kota di Kota Cirebon. Nasehat ampuh itu muncul karena bis ke Jakarta, dan juga tujuan lainnya, hanya punya jatah waktu ngetem amat pendek di terminal. Isi atau tidak, mereka harus keluar. Walhasil, bus-bus itu pun lantas ngetem lagi di 'depan' terminal berlabel ''Terminal Bis Harjamukti''. Termasuk bus PO Setia Negara, bus ekonomi tujuan Jakarta, bus milik Hiba Utama Group.

Terminal Harjamukti tidaklah terlalu besar. Kawasan terminal secara tidak langsung dipagari jalur keluar masuk yang melingkar berbentuk hurup U: masuk dari kiri, keluar dari kanan. Area tunggu penumpang berada di bangunan sebelah kiri (memanjang utara-selatan kalau di citra satelit), bercampur dengan loket bus malam, kios para pedagang, dan juga WC. Di bagian depan kiri terdapat kantor pengelola dan juga mushola yang cukup terpelihara. Selebihnya menjadi jalur pemberangkan bus, yang berjejer dari timur ke barat. Jalur pemberangkan ini cukup nyaman karena beratap dan menyambung dengan area tunggu penumpang.

Meski tergolong terminal primer, angkutan kota (angkot) tidak masuk ke terminal Harjamukti. Yang berlabuh di sini hanyalah bus AKAP (antar kota antar provinsi) , bus AKDP (antar kota dalam provinsi), dan minibus (yang biasa disebut Elf, merujuk nama minibus besar buatan Isuzu). Bus-bus AKAP biasanya hanya melintas saja di jalur terkiri atau dekat area tunggu penumpang, Bus lainnya, seperti sudah diceritakan di awal, menggunakan jalur lain untuk parkir sebentar, untuk kemudian keluar dan ngetem di pinggir jalan seberang terminal.
Terminal Bus Harjamukti
UPTD Terminal - Dishubinkom
Jl. Bypass Jenderal Ahmad Yani No. 91
Kecamatan Harjamukti - 45151
Kota Cirebon
Jawa Barat

Tel: 0231-248902


Dinas Perhubungan Informatika dan Komunikasi
Pemerintah Kota Cirebon
Jl. Terusan Pemuda
Komplek Perkantoran Pemkot Cirebon
Kota Cirebon

Tel: 0231489717

Website: http://dishubinkom.cirebonkota.go.id
Terminal Harjamukti sudah divonis sebagai terminal yang semrawut. Karenanya, upaya renovasi pun akan dilakukan. Anggarannya, Rp 5 miliar, sudah turun dan lelang pekerjaan sudah dilaksanakan. Diperkirakan, sesuai segala kesibukan lebaran, pekerjaan renovasi sudah bisa dimulai.

Yang melaksanakan lelang renovasi Terminal Harjamukti bukan Pemkot Cirebon, melainkan Pemprov Jabar. Menurut LPSE Jabar, lelang proyek renovasi 2013 itu, Renovasi dan Pengembangan Sarana Terminal Harjamukti Cirebon Tahap III, sudah selesai dilakukan. Nilainya Rp 3,5 miliar. Pemenangnya: PT Karuniaguna Intisemesta, dari Jakarta.

Tahun 2012 juga ada Renovasi Dan Pengembangan Sarana Terminal Harjamukti Cirebon Tahap II. Nilainya Rp 1,9 miliar. Pemenangnya: CV Galunggung Putra Jaya.
Yang akan direnovasi pada 2013, menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Cirebon, Mohamad Taufan Barata, antara lain bagian terminal utama dan bagian timur terminal. Bagian timur terminal, yang sekarang jadi lokasi warung-warung, akan dijadikan terminal Elf. Area tunggu penumpang juga akan dibenahi. Para pedagang akan dipindahkan dari area tunggu itu dan akan dikumpulan jadi satu di tempat lain. Juga, rencananya akan ada area terminal yang diperuntukkan bagi angkutan kota, agar petugas Dishub tak perlu melakukan pungutan retribusi di jalan-jalan.
Tetangga TerdekatKm
Taman Wahana Tata Nugraha Cirebon 0,102
Alfamart Terminal Harjamukti, Cirebon 0,164
Korem 063 Sunan Gunung Jati, Cirebon 2,048
Kawasaki Cirebon, PT Mulya Putra Citra Mobil 2,202
Stasiun Cirebon Prujakan, Kota Cirebon 2,319
Mazda Cirebon dan Ford Cirebon, Manhattan Square 2,401
Honda Mulya Putra dan Mulya Hyundai, Cirebon 2,454
Mulya Hyundai 2,488
VW Cirebon, PT Eiyu Damai Sejahtera 2,557
Berlian Cirebon, Dealer Yamaha 2,704
Stasiun Cirebon, Kota Cirebon 3,759
BNI Syariah - KLN Plered, Cirebon 5,402
Bank OCBC NISP - KCP Plered, Cirebon 5,457
Pasar Kue Plered, Pasar Kue Weru 5,768
Pasar Pasalaran, Pasar Becek dan Pasar Politik Cirebon 6,408
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta