Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Universitas Padjadjaran - Kampus Jatinangor
Jumat, 05 Nopember 2010 07:09:23
photo: che/indoplaces
Pada tahun 1980-an, trend mengintegrasikan kampus di lahan baru pinggir kota melanda berbagai perguruan tinggi negeri. Universitas Padjadjaran (Unpad) pun tak ketinggalan. Area kampus yang luas pun dikembangkan di kawawasan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, di sebelah timur kota Bandung.

Satu demi satu fakultas pun mulai menempati kampus Jatinangor di penghujung 1980-an. Mulai dari fakultas Pertanian, Peternakan, Sastra, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, MIPA, dan akhirnya juga Fakultas Ilmu Komunikasi. Tapi ternyata hingga sekarang tidak seluruh kampus ikut boyongan. Fakultas Kedokteran hanya sebagian. Fakultas Kedokteran Gigi bertahan di Kampus Sekeloa, dekat Kampus Pusat di Jalan Dapati Ukur. Sang rektor sendiri tetap dengan enaknya menempati gedung rektorat di Kampus Pusat, dan baru tahun lalu membangun gedung rektorat di bagian belakang, tapi di bukit tertinggi, di area kampus Unpad.

Memasuki kampus Unpad di Jatinangor pernah terasa mesuki kawasan kampus nan megah dan luas. Tapi sekarang, karena ada penataan Jalan Raya Jatinangor dan tata lalulintasnya, memasuki Unpad serasa melipir ke kawasan tak jelas. Jika dulu dari Jalan Raya Jatinangor dulu langsung berbelok ke gerbang Unpad, sekarang harus masuk via jalan menuju kampus di sebelahnya, Universitas Winaya Mukti, yang sekaligus juga jalan menuju Bandung Giri Gahana Golf.
Universitas Padjajaran - Kampus Jatinangor
Jalan Raya Jatinangor
Kecamatan Jatinangor
Kabupaten Sumedang
Jawa Barat

Website: www.unpad.ac.id
ATM di gerbang Unpad: Bank Mandiri, BRI, Bank Jabar Banten, dan BTN.
Eks jalan masuk utama jadi pos satpam.