Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Kapal Triwitono, Danau Universitas Indonesia
Jumat, 10 Oktober 2014 14:58:14
photo: zhalilla/indoplaces
Danau besar di depan Rektorat dan Balairung jadi kebanggaan Universitas Indonesia. Sayang, danau itu kini menghijau cincau padat lumut. Juga, sampah plastik betebaran di seantero danau. Untunglah, sejak beberapa bulan terakhir, ada pemandangan baru di sana. Di dermaga depan Perpustakaan Pusat UI yang baru, tertambat kapal kecil bersosok kapal cepat. Kalau tak ada aral melintang, 13 Oktober 2014 mendatang, kapal yang diberi nama 'Triwitono' ini bakal diluncurkan secara resmi.

Jika dilihat dari kejauhan, desain kapal Triwitono terlihat cantik. Desainnya tak kalah sip dengan kapal cepat yang biasa parkir di Ancol atau Tanjung Priok. Tapi kalau coba mendekat, Anda boleh tersenyum. Kapal ini tak punya sisi lengkung. Semua sudutnya serba tajam. Bodi kapal yang lazimnya 'streamline' pun tak ada. Sekujur badannya tampil patah-patah, terbentuk dari pelat besi rata yang disambung-sambung. Super sederhana.

Rupanya, desain sederhana itu memang disengaja. Kapal itu disebut inisiatornya, Ir Hadi Tresno Wibowo, sebagai 'kapal pelat datar'. Kapal ini dimaksudkan sebagai wahana riset dan bahan perkuliahan mahasiswa Program Studi Teknik Perkapalan, Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik UI. Nantinya, kalau sudah diluncurkan, kapal berkapasitas 30 orang ini juga bisa dijadikan ruang kuliah. Karenanya di dalamnya sudah dilengkapi AC dan papan tulis.
Mimpi lain dari sang inisiator: kapal semacam Kapal Triwitono ini bisa menjadi alternatif bagi kapal kayu tradisional. Menurutnya, nelayan akan sulit memiliki kapal kayu karena kayu pasti akan semakin langka. Karenanya, akan lebih baik jika nelayan menggunakan kapal pelat datar. Alasannya: besi pelat datar mudah didapat, pengerjaannya mudah, dan biaya pembuatan kapal pun pasti terjangkau. Juga, kapal pelat datar gampang didaur ulang.

Soal nama kapal, Triwitono, konon diambil dari nama salah satu tokoh yang ikut mendirikan Program Studi Perkapalan di Jurusan Teknik Mesin UI pada 1977, yakni Dipl. Ing. Triwitono.
Mau menengok 'kapal pelat datar' ini? Silakan mampir ke danau Universitas Indonesia. Saat weekend, danau UI memang digemari sebagai obyek wisata umum. Untuk enaknya, tak usah datang ke danau via Rektorat atau Balairung UI. Cukup datang ke dan parkir di halaman Masjid UI, lalu berjalan kaki ke belakang masjid. Di belakang masjid ada gedung Perpustakaan Pusat UI yang baru. Dermaga dan danau ada di depan perpustakaan.
Ber-weekend di kawasan danau Universitas Indonesia tak usah pusing dengan makanan dan minuman. Banyak tukang es cincau yang berkeliling di sana. Tukang somai bersepeda juga ada. Kalau mau sediki borju, silakan mampir ke Starbuck Coffee yang menempati lobi depan Perpustakaan Pusat UI yang baru. Bisa ngopi sambil menikmati pemandangan danau. Siapa tahu juga, ketika Anda sedang di sana, kapal Triwitono sedang beralih fungsi jadi kapal sedot sampah plastik yang bertebaran di danau.
Tetangga TerdekatKm
Masjid Ukhuwah Islamiyah, Masjid UI 0,155
Fakultas Ilmu Komputer - Universitas Indonesia 0,171
Universitas Indonesia - Depok 0,194
Pos Sepeda Kuning 0,263
Balairung Universitas Indonesia 0,270
FISIP - Universitas Indonesia 0,271
Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia - Yang Lama 0,316
RSU Bunda Margonda 0,518
Suzuki Depok, PT Sejahtera Armada Trada 0,727
Stadion Universitas Indonesia 0,744
Gramedia - Depok 0,758
Fakultas Teknik - Universitas Indonesia 0,807
Depok Town Square 0,823
Hyundai Depok 0,869
Chevrolet Depok, Prima Autoworld Depok 0,879
Hotel di Jawa Barat
The La Oma Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Berita Jawa Barat
Gubernur Sulawesi Selatan Minta Eksekusi Asrama Mahasiswa di Bogor Ditunda
Menhub: Pembangunan 'Kanal Cikarang Bekasi Laut' Kurangi Beban Jalan Raya
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon
Presiden Jokowi Blusukan ke BIP Lihat Produk Asli Bandung
Presiden Jokowi: Teras Cihampelas Perlu Ditiru Kota Lain
Patung Lilin Chris John Bakal Hadir Di GOR Jaya Perkasa Purwakarta
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu