Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pemerintah Kota Cimahi
Sabtu, 16 Mei 2015 16:43:09
photo: diskominfo jabar
Ibu yang tangguh. Biskuit Klop, jajanan anak buatan Orang Tua Group, menganugerahkan gelar itu kepada Hj Atty Suharty Tochija, SE, ibu yang jadi Walikota Cimahi. Seberapa tangguh? Mungkin tangguh sekali. Soalnya, tak kurang dari 10 tahun ia harus mengurusi kaum ibu dan perempuan di Cimahi sebagai ketua tim Penggerak PKK. Jabatan itu baru bisa dilepaskannya setelah pada 2012 ia 'menggusur' sang suami, Dr Ir HM Itoc Tochija, MM, yang sudah selama dua periode membuatnya jadi ketua Tim Penggerak PKK. Alias, ia menjadi walikota Cimahi, menggantikan sang suami yang sudah dua periode menjadi walikota CImahi.

Atty Suharti juga terbilang tangguh karena ia menang dalam Pilkada Cimahi 2012 berkat dua dukungan partai tua: Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Ketangguhannya juga ditunjukkan oleh keputusan Mahkamah Konstitusi yang menolak gugatan hasil pilkada yang diajukan pasangan peserta Pilkada lainnya: Supiyardi-Encep Saepulloh. Bersama cawalkot pasangannya, Sudiarto, Atty Suharti akhirnya diambil sumpah sebagai walikota dan wakil walikota oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada 22 Oktober 2012.

'Angugerah Ibu Tangguh' dari biskuit Klop diterima walikota Cimahi setahun setelah menjabat, saat peringatan Hari Ibu 2013. Ia terpilih karena telah menjadi ibu yang bisa memimpin pemerintahan, dan menjadi ibu tangguh yang bisa 'mempertangguh' ibu-ibu lainnya. Tentang hal yang terakhir ini, biskuit Klop merujuk program 'Sekolah Jumat' yang dicanangkan Ibu Walikota bagi bagi ibu-ibu di Cimahi, yang berupa pelatihan rutin di bidang tataboga. Klop pun lantas menyatakan kesiapannya untuk terus mensponsori Sekolah Jumat itu.

Perjalanan kewalikotaan Atty Suharti kelihatannya oke-oke saja. Tak ada kabar korupsi menyangkut dirinya, atau pun mantan walikota sebelumnya. Yang justru terdengar adalah aneka penghargaan yang diterimanya. Yang terbaru, akhir April 2015 lalu, Presiden Jokowi menganugerahkan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap prestasi Pemkot Cimahi dalam hal peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan, serta peningkatan infrastruktur kebutuhan dasar masyarakat yang bisa meningkatan taraf hidup masyarakat.

Awal April 2015, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan juga memberikan pengharaan kepada Walikota Atty Suharti, yakni Anugerah Pangripta Nusantara Propinsi Jawa Barat 2015. Anugerah yang satu ini diberikan kepada pemerintah daerah yang memiliki perencanaan pembangunan terbaik dan dinilai sukses meningkatkan kualitas pembangunan daerah. Ditingkat Jabar pula, Desember 2014 lalu, Cimahi mendapat penghargaan dari Komisi Informasi Publik Jabar, sebagai daerah yang taat menjalankan UU Keterbukaan Informasi Publik.

Kota Cimahi sukses terus? Tidak juga. Tahun lalu, Piala Adipura untuk periode 2013-2014 gagal diraihnya. Padahal sebelumnya, Cimahi sukses meraihnya 4 kali berturut-turut: 2008-2009, 2009-2010, 2011-2012, dan periode 2012-2013. Bagaimana dengan Adipura 2014-2015? Anugerah yang biasa diberikan pada bulan Juni ini sekarang masih dalam proses. Yang pasti, untuk seleksi Adipura tahap pertama, Cimahi sudah lolos. Untuk tahap kedua, Kementerian Lingkungan Hidup masih melakukan kalkulasi.

Mungkinkah Cimahi gagal mendapat Adipura lagi karena kurang punya banyak taman, tak seperti kota Bandung? Pekan lalu, usai mengibarkan bendera gerak jalan memperingati HUT ke-14 Kota Cimahi, Atty Suharti bilang: Cimahi tak punya banyak taman itu wajar, tidak seperti kota Bandung. Soalnya, sejak awal pembentukannya, Kota Bandung memang didesain (penjajah) Belanda sebagai kawasan hunian. Sedangkan Cimahi dari dulu jadi pusat pendidikan militer. Meski begitu ia bertekad, dan mengajak semua warganya, untuk menjadikan Cimahi sebagai 'kota kecil yang lebih campeurenik, bersih dan genah tumaninah'.
Pemerintah Kota Cimahi
Jl. Raden Demang Hardjakusumah
Blok Jati, Cihanjuang
Kelurahan Cibabat
Kecamatan Cimahi Utara
Kota Cimahi
Jawa Barat

Tel: 022-6654274

Website: www.cimahikota.go.id
Kota Cimahi merupakan kota tua di Indonesia. Dulunya dia merupakan kota pos jaga, yang dibangun Gubernur Jendral Willem Daendels saat mengembangkan jalan Anyer-Panarukan pada 1811. Di masa selanjutnya, penjajah Belanda menjadikan Cimahi sebagai kota pendidikan militer. Citra kota pendidikan militeri itu berlanjut sampai sekarang, selain citra Cimahi sebagai kota industri.

Setelah Indonesia merdeka, Cimahi menjadi salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung. Lewat PP No 29 tahun 1975, statusnya naik jadi kota administratif di lingkungan Kabupaten Bandung. Baru lewat UU No 9 tahun 2001 dia menjadi daerah otonom Kota Cimahi.

Sejak menjadi daerah otonom, jumlah kecamatan di Kota Cimahi masih bertahan hanya 3 keamatan saja:
1. Cimahi Selatan
2. Cimahi Utara
3. Cimahi Tengah
Tetangga TerdekatKm
BTC Fashion Mall, Bandung 4,142
Azzura, Sruput Lemon Tea dalam Toples 4,946
Lacoste, Buaya Hijau di Paris van Java 4,947
Paris Van Java Mall 4,966
Pepper Lunch, Steak Cepat Saji ala Jepang 4,986
Pemerintah Kabupaten Bandung Barat 5,742
Cihampelas: Dari Sentra Jeans ke Gurita Kagum Hotel 6,030
Cihampelas Walk, Ciwalk, Bandung 6,079
Kawasan Nuklir Bandung - Triga 2000 6,084
De Arum Manis Factory Outlet, Cihampelas, Bandung 6,146
Institut Teknologi Bandung, Ganesha, Bandung 6,608
Balubur Town Square, Bandung 6,683
Masjid Salman ITB, Ganesha, Bandung 6,717
Millenium Gyan Plaza 6,961
My Home, Supermarket Perkakas dan Alat Teknik 6,981
Hotel di Jawa Barat
The La Oma Hotel, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Berita Jawa Barat
Presiden Jokowi Sambangi Cirebon
Presiden Jokowi Blusukan ke BIP Lihat Produk Asli Bandung
Presiden Jokowi: Teras Cihampelas Perlu Ditiru Kota Lain
Patung Lilin Chris John Bakal Hadir Di GOR Jaya Perkasa Purwakarta
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Pemkot Bandung Resmikan Skywalk Cihampelas - Teras Cihampelas
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk