Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Mal Cinere, Cinere, Kota Depok
Rabu, 16 April 2014 16:04:40
photo: centhini/indoplaces
Mal Cinere, atau Cinere Mall, di Kecamatan Cinere, Kota Depok, sudah terbilang sepuh. Hadir sejak 1993, dia menjadi 'bangunan besar' kedua di Cinere setelah RS Puri Cinere, yang berdiri dua tahun sebelumnya. Sebagai mana sang rumah sakit, Mal Cinere menjadi 'pagar ayu' bagi perumahan mahal dan mewah Puri Cinere, yang berada di belakangnya. Puri Cinere ini merupakan titik berangkat kejayaan salah satu pengembang properti top Indonesia: PT Megapolitan Developments Tbk.

Usia Mal Cinere juga lebih tua dari Kota Depok, kota otonom yang sekarang menaunginya, yang baru lahir pada 1999. Ketika Depok masih jadi Kota Administratif di lingkungan Kabupaten Bogor pun (1981), Cinere belum jadi wilayahnya. Dia masih menjadi salah satu desa di Kecamatan Limo, Kabupaten Bogor. Baru ketika Depok jadi kota otonom, Kecamatan Limo (serta Kecamatan Sawangan dan Cimanggis) ikut bergabung, menemani tiga kecamatan pendahulunya: Pancoran Mas, Beji dan Sukmajaya. Dan akhirnya, pada 2007, Desa Cinere naik status menjadi Kecamatan Cinere.

Mal Cinere tidaklah terlalu besar. Bertinggi 3 lantai, luas area komersialnya mencapai 20 ribu meter persegi. Sebagian besar lantai atasnya dipakai Bioskop 21. Kalau Matahari dan Ramayana jadi patokan standar populernya mall, keduanya tak pernah ada di Mall Cinere. Tenant utama yang sekarang mengisinya adalah hipermarket Giant, supermarket Superindo, dan toko buku Gramedia. Untuk urusan busana, di sana ada Pojok Busana. Selebihnya, arena ritelnya diisi berbagai toko, bank, serta resto semacam Hanamasa, KFC, Hoka Hoka Bento, dan D'Cost. Pizza Hut? Resto bernuansa Itali ini lebih suka menggunakan ruko tersendiri sendiri, di seberang selatan mall.
Mall Cinere
Jl. Cinere Raya No. 38
Kecamatan Cinere - 16514
Kota Depok
Jawa Barat



PT Megapolitan Developments Tbk
The Bellagio Residence
Jl. Kawasan Mega Kuningan Barat Kav. E4
Kelurahan Kuningan Timur - 12950
Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan

Tel: 021-30019938
Fax: 021-30019939

Website: www.megapolitan-group.com
Sang pengembang, PT Megapolitan Developments Tbk, mengalokasikan lahan seluas 1,4 hektar untuk Mal Cinere. Ini dua kali lipat dari lahan yang diperuntukkan bagi RS Puri Cinere, yang hanya 7.729 meter persegi. Berapa persen dari luas lahan sang pengembang? Tak seberapa. Megapolitan mengawali bisnisnya sebagai pengembang pada 1979 dengan menguasai lahan seluas 55 hektar. Sekarang, konon 'land bank'-nya di Cinere sudah berlipat menjadi 300 hektar. Kalau mampir ke website Megapolitan, amat banyak proyek baru yang dikembangkannya di lahan miliknya di Cinere, mulai dari perumahan mewah lainnya, apartemen, mall, dan superblok. Di Jakarta, salah satu propertinya yang terkenal adalah Belagio Mall & Residence serta Belagio Mansion di kawasan Mega Kuningan.

Dulu, hingga akhir 1980-an, Cinere merupakan salah satu ujungnya Jakarta Selatan. Dari Blok M, lalu ke Jl RS Fatmawati, orang biasanya menuju Cinere lewat titik akhir Jakarta Selatan yang berada di Pondok Labu dan Pangkalan Jati. Kedua daerah ini merupakan 'zona militer' yang ditandai dengan komplek Hankam (sekarang perumahan Setjen Kemhan), kampus UPN Veteran, Puspullahta Hankam (Pusat Pengumpulan dan Pengolahan Data Hankam, data center yang diresmikan Menhamkam Pangab Jenderal M Panggabean tahun 1974), dan Lapangan Golf AURI (Padang Golf Pangkalan Jati). Dari kawasan militer ini terus ke Barat via Jl. Punak (nama versi Google Maps), akan sampai ke Jalan Raya Cinere, Gerbang Puri Cinere, dan Cinere Mall.

Sekarang, kalau akhir pekan, antrian panjang selalu memadati jalan depan Mal Cinere. Penyebabnya tak lain, di sebelah selatan mall, berjarak sekitar 6 kilomter, ada obyek wisata baru yang super populer: Masjid Kubah Mas alias Masjid Dian Al-Mahri. Kelak, jalan depan mall ini mungkin bisa lebih senyap, atau mungkin malah lebih ramai lagi. Soalnya, kawasan Cinere bakal jadi persilangan dua jalan tol baru sekaligus: Tol Cijago (Cinere-Jagorawi) dan Tol Desari (Depok-Antasari).
Tetangga TerdekatKm
Mal Cinere, Cinere, Kota Depok 0,000
Sekolah El-Syifa, Ciganjur, Jakarta Selatan 2,704
Masjid El-Syifa, Jagakarsa, Ciganjur 2,737
Sakura Japanese Restaurant 3,536
Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan - Lebak Bulus 3,536
Kawasan Nuklir Pasar Jumat 3,556
Federal International Finance 3,576
Apartemen Parama 3,659
Beverly Tower 3,685
Gedung Ventura, Pabrik Korek Api, dan RA Kartini 3,741
Poins Square Lebak Bulus 3,824
Cilandak Townsquare, Citos 4,035
Carrefour Lebak Bulus 4,122
Cilandak Mall, Surga Belanja di Kawasan Marinir 4,145
Talavera Office Park, Cilandak 4,214
Hotel di Jawa Barat
Hotel Ciputra Cibubur, CitraGran, Kota Bekasi
The Margo Hotel, Kota Depok
Pangrango 2 Hotel, Kota Bogor
Zest Hotel Bogor, Kota Bogor
Amaris Hotel Padjajaran, Kota Bogor
Amaris Hotel Pakuan, Kota Bogor
Hotel Savoy Homann Bidakara, Asia-Afrika, Bandung
Amaris Hotel - Bekasi Barat
Amaroossa Grande Bekasi Hotel
Royal Amaroossa Bogor Hotel
Berita Jawa Barat
Antam Sosialisasikan Penutupan Tambang Emas Pongkor
Pertamina Gelontorkan Rp 15 Miliar Bangun Jalan Pantura Karawang
Peran Bandara Husein Sastranegara Akan Digantikan Bandara Kertajati
Kampus IPDN Jatinangor Terpangkas Tol Cisumdawu
Atap Aula Kantor Bupati Bekasi Ambruk
Sebulan Pasca Diperiksa KPK, Bupati Indramayu Malah dapat Kado dari Mendikbud
Jokowi Kukuhkan 2.139 Praja IPDN di Jatinanggor
Pemkot Bekasi akan Restorasi Kampung Cina
ICMI Akan Buka 400 Toko di Jawa Barat
Pawai 999 Bedug Bakal Ramaikan Malam Takbiran di Purwakarta