Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Galeri Nasional Indonesia di Koningsplein Cost
Jumat, 04 Februari 2011 12:41:08
photo: jobojero/indoplaces
Setelah 54 tahun merdeka, pada 1999 Indonesia akhirnya punya juga yang namanya Galeri Nasional Indonesia. Institusi yang merupakan museum seni sekaligus tempat pameran dan apresiasi karya seni ini, terutama seni rupa, menempati bangunan lama warisan Belanda di Jalan Merdeka Timur, seberang stasiun kereta api Gambir.

Galeri Nasional menyimpan tak kurang dari 1.800 koleksi karya seniman Indonesia dan mancanegara. Mulai dari karya seni lukis, grafis, patung, keramik, instalasi, sampai ke karya fotografi. Tidak semua karya seni yang disimpan di Galeri Nasional merupakan masterpiece. Banyak yang merupakan karya seni yang biasa-biasa saja.
Galeri Nasional Indonesia (N)
Jalan Medan Merdeka Timur No 14
Gambir
Jakarta Pusat 10110

Tel: 021-34833954
Fax: 021-3813021

Website: www.galeri-nasional.or.id

Jalan Medan Merdeka Timur di jaman baheula bernama Koningsplein Cost. Sedangkan gedung yang sekarang jadi Galeri Nasional aslinya, pada zaman Hindia Belanda, adalah gedung sekolah menengah pertama khusus wanita. Gedung itu dibangun pada 1902 oleh Yayasan Kristen Carpenter Alting Stichting (CAS), yang bernaung di bawah Ordo van Vritjmetselaren. Pemrakarsa pembangunannya adalah pendeta Albertus Samuel Carpentier.
Bangunan induk komplek Galeri Nasional, yang sekarang menjadi Gedung A, dulunya difungsikan sebaga asrama HBS wanita. Pada 1955, ketika pemerintah RI mengeluarkan larangan bagi segala aktivitas pemerintahan dan masyarakat Belanda, gedung itu pun dinonaktifkan.
Galeri Nasional Indonesia merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Sehari-harinya, Galeri Nasional benaung di bawah Direktur Kesenian, pada Direktorat Jenderal Nilai Budaya, Seni dan Film.