Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

GKM Tower, TB Simatupang, Jakarta Selatan

Jumat, 23 Februari 2018 15:23:28
photo: che/indoplaces

GKM Tower. GKM Green Tower. Kedua nama ini merujuk gedung perkantoran yang sama, yang menjulang 22 lantai di Jalan TB Simatupang, Kelurahan Kebagusan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. GKM singkatan dari apa? Sepertinya, sejak gedung bernilai 30 juta dollar dibangun pada kuartal ke-empat 2011 hingga akhirnya rampung dan sempat disegel pada Desember 2014, tak ada penjelasan resmi soal nama panjang GKM. Mungkin singkatan dari salah satu pemiliknya, PT Graha Kirana Megah, yang berkongsi dengan perusahaan publik PT Total Bangun Persada Tbk untuk mewujudkan GKM Tower.

Kongsi kedua perusahaan itu melahirkan PT Lestari Kirana Persada, yang sekarang menjadi pemilik dan pengelola GKM Tower. Dalam perusahaan patungan ini, PT Total Bangun Persada Tbk --kata annual report 2013-- bergabung lewat salah satu anak perusahaannya, PT Total Persada Development, dengan kepemilikan sebesar 49 persen. Bukan sekedar jadi pemilik, PT Total Bangun Persada Tbk, sebagai perusahaan jasa konstruksi, juga mengantongi pendapatan jasa konstruksi senilai Rp 134 miliar, karena ikut menggarap konstruksi GMK Tower pada periode Desember 2011-Oktober 2013.

Adapun PT Graha Kirana Megah, yang tak diketahui bagian dari group konglomerasi Indonesia yang mana, terjun ke usaha patungan itu tanpa lewat anak perusahaan. Selain sebagai pemilik 51 persen PT Lestari Kirana Persada, perusahaan ini juga jadi pemilik lahan seluas 5.800 meter persegi yang jadi lokasi GKM Tower. Lahan gedung ini, kata Dirut PT GKM Rudy Gunawan, merupakan bagian dari seluas 5 hektar, yang diniatkan PT Lestari Kirana Persada menjadi kawasan bisnis terpadu yang niatnya dinamakan CBD Green (Central Business District Green), yang nilai investasinya mencapai Rp 1 triliun. Sang dirut GKM, ketika itu juga menyandang status sebagai Direktur Marketing PT Lestari Kirana Persada. Adapun yang saat itu menjadi dirut perusahaan patungannya adalah Hendra Gunawan. Sejak beberapa tahun terakhir, kursi Dirut PT Lestari Kirana Persada sudah berganti ditempati Rudy Gunawan.

GKM Tower resminya punya tinggi 22 lantai, plus 3 basement. Tapi sekarang ada juga yang menyebutnya punya 23 lantai, karena lantai atapnya ditempati Soupanova Ecoksy, rooftop restaurant & bar yang konon amat diminati para eksekutif muda. Fasilitas non-perkantoran lainnya yang juga populer adalah GKM Tower Ballroom, yang pada akhir pekan kerap dipakai sebagai gedung pesta pernikahan. Di hari kerja, ballroom ini biasa dialihfungsikan menjadi sejumlah ruang rapat. Adapun space GKM Tower lainnya, yang keseluruhannya mencapai 31 ribu meter persegi, sudah tentu digunakan sebagai ruang perkantoran. Sekitar 25 persen dijual secara strata-tile kepada pihak lain, sisanya dikekola sendiri untuk disewakan, agar bisa mengantongi pendapatan berulang. Selain dijual ke pihak luar, PT Total Bangun Persada Tbk, lewat PT Inti Propertindo Jaya, pada 2013 juga ikut membeli space perkantoran seharga Rp 15 miliar

Peta & Citra Satelit

Perkantoran Pasar Minggu

GKM Tower
Jl. Letjen TB Simatupang Kav 89G
Kelurahan Kebagusan
Kecamatan Pasar Minggu
Jakarta Selatan
DKI Jakarta


Pengembang: PT Lestari Kirana Persada

Link:
PT Total Bangun Persada Tbk - www.totalbp.com

GKM Green Tower

GKM Tower biasa disebut GKM Green Tower, yang labelnya memang dipasang di gerbang masuk, karena gedung ini memang tergolong gedung ramah lingkungan. Bukan hanya karena lokasinya beada di daerah resapan Jakarta Selatan, tapi juga karena arsitekur dan lanskapnya dirancang berkonsep hijau. Rancangan gedung ini dibuat PT Pandega Desain Weharima pada 2009 dengan biaya Rp 455 juta. Dalam konsepnya, lahan gedung dipertahankan fungsinya sebagai tempat resapan air hujan (hanya 17 persen yang dipakai bangunan), sistem pendingin gedung mengutamakan peneduhan dan ventilasi alami, air limbah didaur ulang, sistem pencahayaan alami dengan banyak kaca, dan bangunannya dibuat tahan gempa.

Soal hijau-menghijau ini bukanlah hal baru bagi perkantoran di Jl TB Simatupang (Jakarta Outer Ring Road -JORR) yang masuk wilayah Kebagusan, Pasar Minggu. Gedung perkantoran di sebelahnya pun, yang hanya beda satu nomor kavling, sudah jauh lebih lama eksis menyandang nama Perkantoran Hijau Arkadia.

Pembangunan gedung GMK Tower terbilang lancar. Meski begitu, pada Juli 2012, sempat juga berlangsung aksi unjuk rasa di jalan raya depan proyek. Puluhan massa dari Forum Komunikasi Mahasiswa Indonesia Timur menyampaikan aspirasinya berupa tuntutan agar PT Lestari Kirana Persada menyelesaikan pembayaran pembelian lahan kepada ahli waris H Umuh sebagai pemilik lama. Persoalan itu kelihatannya bisa dituntaskan dan gedung GMK Tower pun bisa selesai menjelang akhir 2014. Tapi, setelah rampung, pada Desember 2014, GKM Tower disegel Pemprov DKI karena menyalahi aturan KDB (koefisien dasar bangunan) kawasan Kebagusan. Setelah diperiksa, ternyata pelanggaran KDB itu besumber dari area parkir sepeda yang oleh kontraktornya dibuat berlantaikan semen.
Places TerdekatKm
Kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera 0,155
PT Siemens Indonesia 0,284
Kantor DPP Partai Amanat Nasional, Rumah PAN 0,367
Universitas Tama Jagakarsa, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 0,463
18 Office Park, TB Simatupang, Jakarta Selatan 0,625
PT Aneka Tambang Tbk, Tanjung Barat, Jakarta Selatan 0,719
Plaza Oleos, TB Simatupang, Jakarta Selatan 0,853
Graha Simatupang, Universitas Gunadarma 0,980
Telkomsel TTC TB Simatupang, Jakarta Selatan 1,076
AD Premiere Office Park, TB Simatupang, Jakarta Selatan 1,340
Hotel TerdekatKm
Aston Priority Simatupang, TB Simatupang, Jakarta Selatan 0,217
Hotel Cipta 2, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 5,251
Hotel Maharani, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 6,365
Mercure Jakarta Simatupang Hotel, Jakarta Selatan 6,371
The Dharmawangsa Hotel, Jakarta Selatan 6,467
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan 7,564
Pondok Tirta Sentosa, Halim PK, Jakarta Timur 7,589
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan 7,608
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur 7,617
Losari Blok M2 Hotel, Jakarta Selatan 7,637