Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Tamansari Hive Office Park, DI Panjaitan, Jakarta Timur
Kamis, 21 Juli 2016 20:32:50
photo: che/indoplaces
Pak Harto, di alam kubur sana, mungkin tersenyum kalau melihat apa yang dilakukan PT Bina Karya (persero), salah satu BUMN di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Soalnya dulu, 11 Juli 1981, beliau lah yang meneken PP Nomor 22 tahun 1981, yang menyerahkan lahan milik Departemen Pekerjaan Umum di Jalan DI Panjaitan Kavling 2 kepada PT Bina Karya (Persero), sebagai tambahan penyertaan modal negara. Oleh yang menerima, lahan itu dibangunkan kantor sederhana dan dijadikan kantor pusat. Sekarang kantor itu sudah menjulang 13 lantai, diberi label Tamansari Hive Office Park, dan dipasarkan sebagai perkantoran strata-title. Ini artinya PT Bina Karya (Persero) sukses mengolah modal yang dulu diberikan Pak Harto?

Tidak seperti BUMN Karya atau BUMN ke-PU-an lainnya, PT Bina Karya (Persero) boleh jadi tidak terlalu populer. Maklum, karyanya tak bisa terlihat secara kasat mata seperti gedung-gedung yang dibangun PT Wijaya Karya Tbk ataupun PT Waskita Karya yang sudah memadati kawasan perempatan Cawang, di pangkal Jalan DI Panjaitan. Ini karena lahan bisnis yang ditekuni perusahaan yang berubah dari PN menjadi Persero pada 1970 ini memang bukan konstruksi fisik. Bisnisnya adalah konsultan teknik: perencanaan gedung, perenanaan jalan, desain bendungan, manajemen konstruksi, pengawasan proyek, dan sebangsanya.

Bagaimana ceritanya sampai PT Bina Karya (Persero) jadi pengembang properti? Dia tidak main properti. Saudara dekatnya lah, sesama BUMN Karya, yang mencoleknya untuk mendayagunakan lahan di Jalan DI Panjaitan Kavling 2. Siapa? PT Waskita Karya Tbk, yang membangun Dafam Teraskita Hotel di titik awal Jalan DI Panjaitan (Kavling 1)? Bukan. Yang mencoleknya adalah saudaranya yang berada di sisi lahannya yang lain. Saudara yang sudah sukses membangun apartemen dan condotel di DI Panjaitan Kavling 3 dan 4 ini adalah PT Wijaya Karya Realty, anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk. Perusahaan bernama gaul Wika Realty ini dikenal gemar melabeli semua proyeknya dengan nama 'Tamansari'. Walhasil, gedung perkantoran 13 lantai, plus 3 basement, di DI Panjaitan Kavling 2 itu, yang tampil mencolok dengan polesan pita merah setinggi gedung, dinamai Tamansari Hive Office Park.

Nama Tamansari Hive sendiri sudah dipakai untuk kompleks terpadu yang ada di DI Panjaitan Kavling 3 dan 4: apartemen, kondotel, dan pertokoan setinggi 19 lantai, plus 3 basement. Apartemennya sudah mulai diserahkan ke konsumen pada April 2014. Kondotelnya, alias kondominium dan hotel yang berbintang 4, yang diberinama Best Western Premier The Hive, karena dikelola Best Western International Inc, mulai beroperasi dua bulan kemudian: Juni 2014.

Meski disebut kompleks terpadu, Tamansari Hive belum benar-benar terpadu karena belum ada perkantoran. Mungkin karena itulah lantas tetangganya dicolek untuk merelakan lahannya disulap menjadi gedung perkantoran. Rencana kehadiran Tamansari Hive Office Park sudah didengungkan sejak awal 2014. Dan sekarang sosoknya sudah kelihatan. Dan meskipun belum selesai, Januari 2016 lalu Wika Realty bilang kalau perkantoran strata-title (untuk dimiliki, bukan disewa) itu sudah mendatangkan penghasilan Rp 172 miliar.
Tamansari Hive Office Park
Jl. DI Panjaitan Kavling 2
(Perempatan/Flyove Cawang)
Kelurahan Cipinang Cempedak
Kecamatan Jatinegara
Jakarta Timur - 13340
DKI Jakarta


PT Bina Karya (Persero)
Gedung SDA
Jl. DI Panjaitan Kavling 12
Kelurahan Cipinang Cempedak
Kecamatan Jatinegara
Jakarta Timur - 13340
DKI Jakarta

Tel: 021-8198445
Fax: 021-8195135

Website: www.binakarya.co.id


PT Wika Realty
Menara Bidakara I, Lantai 18
Jl. Jenderal Gatot Soebroto Kav. 71-73
Jakarta Selatan - 12870
DKI Jakarta

Tel: 021-83793161, 83793162
Fax: 021-83793165

Website: www.wikarealty.co.id
Dari segi teknologi konstruksi, Tamansari Hive Office Park juga punya keunggulan tersendiri. Dia menjadi gedung pertama di Indonesia yang dibangun menggunakan teknologi Sistem Pracetak Tahan Gempa Berkinerja Tinggi. Istilah lebih kerennya: Precast Seismic Structural System (PRESSS). Beton pracetak ini dibuat anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk yang lain lagi: PT Wijaya Karya Beton (Wika Beton). Kinerja tinggi dari beton pracetak itu, menurut uraian ilmiahnya, dihadirkan oleh ''sambungan balok ke kolom yang menggunakan teknik prategang paskatarik unbonded, yang mempunyai daya untuk mengembalikan deformasi bangunan ke posisi semula jika terkena beban gempa (self centering).'' Launching beton pra-tekan baru ini digelar 16 Juni 2015 di Hotel Best Western Premier The Hive, dengan mengundang para pakar teknologi konstruksi dari perguruan tinggi maupun industri konstruksi.

So... bagaimana kira-kira Pak Harto menyikapi hasil akhir PP No 22 tahun 1981? Tersenyum atau tidak? Mungkin geleng-geleng kepala karena lahan yang diberikannya sekarang dijual sebagai perkantoran strata-title. Juga karena PT Bina Karya (Persero) harus mengungsi sementara ke lantai 5 Gedung SDA di Jalan DI Panjaitan Kavling 12: gedung Ditjen Sumber Daya Air (SDA), yang juga jadi kampus Sekolah Tinggi Teknologi Sapta Taruna. Tapi beliau pasti tersenyum karena anak-cucunya bisa memamerkan lagi teknologi konstruksi baru.

Dan beliau pasti lebih tersenyum lagi jika kelak ada 'teknologi' yang bisa memindahkan jembatan penyeberangan yang sekarang menutupi sebagian besar area depan Tamansari Hive Office Park, yang hanya menyisakan area terbuka untuk gerbang masuk saja.
Tetangga TerdekatKm
PT Waskita Karya Tbk 0,153
Patria Park Apartment & Office, Cawang, Jakarta Timur 0,224
PT Hutama Karya 0,245
H Residence MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur 0,313
STT Sapta Taruna, Sekolah Tinggi-nya PU 0,525
PT Brantas Abipraya (Persero) dan Underpass Cibubur 0,584
MTH Square, Cawang, Jakarta Timur 0,677
Bajaj - Dewi Sartika 0,824
Kompor Cawang: Pilih Bersumbu atau Disembur Gas 0,835
Institut Bisnis Nusantara, Gunung Sewu Group 0,928
SD Putra I, Kalimalang, Jakarta Timur 0,961
TK Putra I, Kalimalang, Jakarta Timur 1,016
Kodam Jaya - Kagak Ade Matinye 1,021
Gedung Pertemuan Yayasan Pendidikan Putra, Kalimalang, Jakarta Timur 1,053
PT Duta Putera Sumatera, ATPM Truk MAN 1,125
Hotel di Jakarta
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur
The Sultan Hotel & Residence, Senayan
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi
Harris Hotel - Tebet
Berita Jakarta
DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota RI ke Luar Jawa Tak Logis
Perumnas Bangun Rusun di Atas Pasar dan Stasiun Jakarta
Swiss-Belhotel Kelapa Gading Terbakar, Dua Tewas
Pulogadung Segera jadi Kawasan International Halal Hub
Ganjar: Ahok Janji Gaji Juara MTQ itu Salah Besar
Dishub DKI Siap Kandangkan 3.482 Armada Taksi Online yang Belum Uji KIR
Ahok Janji Gaji Juara MTQ Nasional Asal DKI
Jokowi Rombak Kabinet, Wiranto jadi Menko Polhukkam
KKP akan Kembangkan Pelelangan Ikan Muara Baru
Presiden Apresiasi TNI/Polri Lumpuhkan Kelompok Teroris Santoso