Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Transmart Carrefour, Cempaka Putih, Jakarta Pusat

Jumat, 01 Juli 2016 22:31:26
photo: centhini/indoplaces

Masuk ke Indonesia sejak 1996, baru pada Oktober 1998 pusat grosir Carrefour membuka gerai pertamanya di dekat perempatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 17 tahun kemudian, 2015, barulah gerai ini dipermak ulang dan ditempeli label baru: Transmart Carrefour. Gerai Cempaka Putih ini menjadi yang ke-empat yang ditempeli label Transmart Carrefour, setelah tiga gerai lainnya beberapa waktu sebelumnya: Tangerang Center, Kalimalang, dan Palu.

Transformasi Carrefour menjadi Transmart Carrefour memang sudah jadi wacana sejak CT Corp, kelompok usaha milik Chairul Tanjung, mengambil alih 100 persen kepemilikan PT Carrefour Indonesia pada November 2012. Nama perusahaan ini pun kemudian diubah menjadi PT Trans Retail Indonesia. Transmart Carrefour di Tangerang Center menjadi produk transformasi yang pertama dan diresmikan pada Juni 2014. Rencananya, pada 2018, seluruh pusat grosir Carrefour, yang totalnya ada 87 gerai di 28 kota di Indonesia, sudah akan seluruhnya menjadi Transmart Carrefour.

Kesibukan menyulap Carrefour Cempaka Putih menjadi Transmart Carrefour sudah terlihat sejak awal tahun. Sosok barunya sudah terlihat pada Agustus 2015, seperti yang terlihat pada foto di atas. Selama proses upgrade, Carrefour-nya tidak ditutup, alias masih beroperasi seperti biasa. Bahkan pada Juli 2015, Carrefour Cempaka Putih ini, bekerjasama dengan PKPU (Pos Keadilan Peduli Ummat), menyempatkan diri jadi tuan rumah program Belanja Bareng Yatim (BBY) , yang diikuti 6.666 anak yatim. Tak semua anak yatim belanja serentak di Carrefour Cempaka Putih, melainkan serentak di semua gerai Transmart Carrefour.

Meski sudah terlihat sosoknya sejak pertengahan 2015, Transmart Carrefour Cempaka Putih baru benar-benar diluncurkan lewat 'grand opening' yang dilakukan langsung oleh Chairul Tanjung pada Februari 2016. Mengapa sang bos besar turun langsung ke Cempaka Putih? Rupanya ada hal penting yang mau ia kabarkan: Carrefour di Indonesia sudah tak lagi seratus persen miliknya. Untuk menyulap Carrefour menjadi Transmart Carrefour, perusahaannya mendapat suntikan dana Rp 5,2 triliun dari GIC Private Limited, perusahaan investasi milik pemerintah Singapura. Dengan kata lain, dongeng manis Carrefour Indonesia yang seratus persen milik Indonesia sudah berlalu.

Peta & Citra Satelit

Carrefour Tertua

Transmart Carrefour - Cempaka Putih
Jl. Jenderal A Yani No. 83
Kecamatan Cempaka Putih
Jakarta Pusat - 10510
DKI Jakarta

Tel: 021-4263888
Hotline: 0811-997374

Website: www.carrefour.co.id


Link
CT Corp - www.ctcorpora.com
GIC - www.gic.com.sg

Carrefour Cempaka Putih Tempo Doeloe

Sejak hadir pada 1998, sosok Carrefour Cempaka Putih relatif tidak banyak mengalami perubahan. Mobil keliling Google Street View masih sempat memotretnya sosok jadulnya saat melintas di depannnya pada April 2013, seperti yang terlihat di foto ini. Mobil Google lewat lagi saat Carrefour sedang dipermak habis pada Juni 2015.