Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Tempo Scan Tower, Kuningan, Jakarta Selatan
Kamis, 23 Juni 2016 15:47:19
photo: che/indoplaces
Museum Rekor Indonesia (MURI), pada Desember 2012, menganugerahi kolam renang di Star Hotel Semarang, yang berada di lantai 30 atau di ketinggian 97 meter, sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia. Benarkah? Kalau pakai patokan MURI, sebagai kolam renang tertinggi di jagad perhotelan Indonesia, mungkin benar. Tapi kalau disebut sebagai kolam renang tertinggi di Indonesia, tanpa kata hotel, boleh jadi salah. Soalnya, sejak Juli 2012, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, sudah hadir kolam renang di lantai 32. Bukan di hotel, tapi di puncak gedung perkantoran. Tepatnya di Tempo Scan Tower: markas perusahaan yang memproduksi Hemaviton Jreng serta Bodrex dan Bodrexin.

Tempo Scan Tower merupakan markas PT Tempo Scan Pasifik Tbk alias Tempo Group. Bermula dari bisnis distribusi obat pada 1953, lewat PT Perusahaan Dagang Tempo, alias Tempo, yang perusahaannya masih eksis sampai sekarang dan menjadi anak perusahaan di divisi Distribusi, kelompok usaha ini sekarang melebarkan sayap secara vertikal: produksi obat dan suplemen kesehatan; produksi kosmetik; manufaktur obat dan kosmetik; dan tentunya distribusi obat, kosmetik, dll. Sebagai induk, PT Tempo Scan Pacifik Tbk kebagian tugas menangani langsung produk obat tanpa resep (OTC) semacam Hemaviton, Bodrex, Bodrexin, Rheumacil, Oskadon, Vidoran, Contrexin, dll.

Markas Tempo Group ini dibangun mulai Agustus 2009 dan rampung pada Juli 2012. Kontraktor yang kebagian mengerjakannya, dengan biaya 12 juta Eruro, adalah PT Bam Decorient Indonesia, anak perusahaan BAM Internasional (Belanda), yang juga dikenal sebagai kontraktor yang membangun mall Margocity dan The Margo Hotel di Kota Depok. Dalam catatan BAM Internasional, selain perkantoran yang 32 lantai dengan kolam renang di puncaknya, gedung ini juga punya basemen 4 lantai. Total space gedung ramping ini mencapai 70.000 meter persegi. Selain dipergunakan untuk kantor sendiri, ruang perkantorannya juga disewakan ke pihak lain. Soal rekor kolam renang tertinggi yang dinugerahkan Muri kepada Hotel Mercure Semarang, yang sekarang berganti nama jadi Star Hotel Semarang, sang kontraktor tentu tak punya dan tak perlu berkomentar. Mereka hanya bilang: kolam renang di Tempo Scan Tower adalah one of the highest pools, if not simply the highest, in all of Jakarta.

Sebelum hijrah ke gedung baru Tempo Scan Tower, yang beralamat di Jl. HR Rasuna Said Kavlin 3-4, konglomerat farmasi ini berkantor pusat di gedung Bina Mulia II, yang juga berada di Jalan HR Rasuna Said. Tepatnya di Jl HR Rasuna Said Kavling 11, yang berada di seberang jalan dan lokasinya agak sedikit ke utara. Bersama gedung Bina Mulia I, keduanya merupakan gedung milik Tempo Group. Sekarang, nama kedua gedung itu sudah diganti menjadi Tempo Pavilion 1 dan Tempo Pavilion 2.
Tempo Scan Tower
Jl. HR. Rasuna Said Kav. 3-4
Kelurahan Kuningan Timur
Kecamatan Setiabudi
Jakarta Selatan - 12950
DKI Jakarta


PT Tempo Scan Pacifik Tbk - Tempo Group - www.thetempogroup.com
PT Perusahaan Dagang Tempo - Tempo - www.pttempo.com
Kartini Muljadi & Rekan - www.kmuljadilaw.com
Siapa pemilik Tempo Group? Seperti halnya Bodrex dan Hemaviton, rasanya pemilik Tempo Group pun tak asing bagi banyak orang. Konglomerasi ini, yang tak ada hubungannya sama sekali dengan keluarga besar majalah Tempo, adalah Kartini Muljadi dan keluarga. Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia ini, yang juga mantan ibu hakim Pengadilan Negeri Istimewa Jakarta (tahun 60-an), terkenal dengan kantor notaris dan konsultan hukum bisnisnya: Kartini Muljadi dan Rekan. Hingga Desember 2014, Kartini Muljadi masih menjadi satu-satunya wanita yang masuk dalam daftar orang terkaya Indonesia versi majalah Forbes. Adapun PT Tempo Scan Pacifik Tbk kini ditangani salah satu putranya: Handojo Selamet Muljadi.
Places TerdekatKm
Gedung Bulog 0,213
Adaro, Menara Karya, Kuningan, Jakarta Selatan 0,348
Indorama di Graha Irama 0,351
Gedung Kementerian Perindustrian 0,366
Graha Aktiva, Kuningan, Jakarta Selatan 0,435
Menara Anugrah, Kantor Taman E3.3, Mega Kuningan 0,472
Gedung Surveyor Indonesia, Gedung Adhi Graha 0,570
Kedutaan Besar Australia, Patra Kuningan, Jakarta Selatan 0,603
Menara Bank Mega, TransTV 0,626
Menara Prima, Mega Kuningan 0,629
Hotel TerdekatKm
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan 0,107
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan 0,292
Manhattan Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan 1,138
Hotel Maharani 1,252
Kartika Chandra 1,328
Hotel Cipta 2 2,310
The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place, Jakarta Selatan 2,479
Harris Hotel - Tebet 2,495
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi 2,683
Le Meridien Jakarta 2,688
Berita Jakarta
Lorena dan Mercedes-Benz Luncurkan Bus Tingkat Jakarta-Jawa Timur
Muara Angke Bakal Jadi Pelabuhan Pariwisata
Lain dengan Ahok, Djarot Tak Akan Layani Sendiri Aduan Warga
83 Rumah Instan Dibangun di Cilincing
Mendagri: Djarot Gantikan Ahok tanpa Proses Pelantikan
Massa Pendukung Ahok Lakukan Aksi Long March ke Cipinang
Jokowi Angkat Suara soal Vonis 2 Tahun Penjara Ahok
Ahok Ditahan, Djarot Resmi Jabat Plt Gubernur Sore Ini
Ahok Tiba di Rutan Cipinang
Hakim Vonis Ahok Dua Tahun Penjara