Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Graha Pratama, MT Haryono, Jakarta Selatan
Sabtu, 30 April 2016 20:20:39
photo: che/indoplaces
Tahun lalu, 10 September 2015, para pendiri dan petinggi Partai Demokrat berkumpul di gedung Graha Pratama. Tapi, mantan Presiden SBY tak ikutan. Apa yang mereka lakukan di pencakar langit setinggi 21 lantai itu? Menggelar aksi demo? Ternyata sekedar kangen-kangenan. Sekaligus syukuran ulang tahun Partai Demokrat ke-14. Gedung ini jadi tempat bersejarah bagi mereka. Di sanalah, di lantai XI, pada 9 September 2001 --yang kebetulan bertepatan dengan hari lahir SBY-- akte pendirian Partai Demokrat ditandatangani oleh 99 orang tokoh pendiri. Keesokan harinya, 10 September 2001, akte itu didaftarkan ke Departemen Kehakiman dan HAM RI dan tanggal itu kemudian ditetapkan sebagai hari lahir sang partai.

Partai Demokrat juga jadi pemilik Graha Pratama? Entahlah. Mungkin tidak. Mungkin sekedar hadir di sana sebagai penyewa space gedung. Gedung perkantoran di Jl MT Haryono itu sehari-harinya tercatat sebagai 'porfolio' properti PT Intiland Development Tbk (Intiland Group), perusahaan yang juga jadi pemilik Intiland Tower di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat. Kalau disebut 'portfolio' itu karena Graha Pratama tak sepenuhnya milik Intiland Group. Gedung ini merupakan 'milik' Badan Kerjasama Graha Pratama (BKGP), alias joint-operation (JO Graha Pratama) antara PT Intiland Development Tbk dengan PT Famharindo. Perusahaan yang terakhir ini, seperti terbaca di database Ditjen AHU, namanya memang hanya terdiri dari satu kata, dan kantornya tercatat beralamat di Graha Pratama.

Graha Pratama, yang dilengkapi 4 lift penumpang dan 1 lift service, mulai beroperasi sejak 1998. Intiland memulai penyertaan pada Badan Kerjasama Graha Pratama terhitung sejak 8 Juli 1999. Periode kerjasama pertama itu berakhir pada 8 Juli 2009, yang kemudian diperpanjang hingga 8 Juli 2014, dan akhirnya diperpanjang lagi menjadi 8 Juli 2019. Dalam kerjasama itu: PT Famharindo menjadi penyedia modal Rp 74,900 miliar (70 persen), sedangkan PT Intiland Development Tbk menyandang Rp 32,1 miliar (30 persen).

PT Famharindo, yang entah milik siapa, juga punya kerjasama lain dengan Intiland. Pada Maret 2000, Famharindo dan anak perusahaan Intiland (PT Taman Harapan Indah) membentuk Badan Kerjasama Apartemen Pantai Mutiara untuk memasarkan, menjual, menyewa ataupun memanfaatkan apartemen yang akan di bangun dan terletak di Pantai Mutiara, Jakarta Utara, diatas tanah seluas 17.250 meter persegi. Pada kerjasama itu, Intiland menjadi pihak penyedia tanah dan izin (25 persen), sedangkan Famharindo jadi penyandang modal pembangunan apartemen (75 persen). Badan kerjasama ini sekarang sudah tak disebut-sebut lagi, namun ada badan kerjasama lain dengan perusahaan lain: Badan Kerjasama Apartemen Mutiara Buana, yang lokasi proyeknya kebetulan juga berada di Pantai Mutiara.
Graha Pratama
Jl. MT Haryono Kav. 15
Kelurahan Tebet Timur
Kecamatan Tebet
Jakarta Selatan
DKI Jakarta








PT Intiland Development Tbk
Intiland Tower Penthouse Floor
Jl. Jendral Sudirman 32
Jakarta Pusat - 10220

Tel: 021-5701912, 5708088
Fax: 021-5700015, 5700014

Website: www.intiland.com
Perkantoran, dan juga apartemen, di kawasan Jl MT Haryono semakin bertaburan. Mungkin ini karena perkantoran di sana terbilang laris manis. Bahkan PT Intiland Development Tbk pun pernah mengklaim kalau tingkat okupansi Graha Pratama mencapai 100 persen. Itu angka pada Maret 2009. Sekarang mungkin sudah tidak seperti itu. Tapi tidak terlalu jelek. Laporan tahunan 2014-nya menyebutkan, gedung dengan total luas bangunan 18.428 meter persegi itu tingkat okupansinya mencapai 98 persen. Harga sewa rata-rata per-meter perseginya, termasuk biaya pemeliharaan, Rp 120.000 per bulan. Total pendapatannya: hitung sendiri.
Tetangga TerdekatKm
Graha Pratama, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,000
Wisma Millenia, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,051
RS Tebet, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,108
Signature Park Apartment, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,381
Menara MTH, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,441
Menara Saidah 0,908
Graha Mustika Ratu, Pancoran, Jakarta Selatan 0,973
Gedung Kospin Jasa, Gatot Subroto, Jakarta Selatan 1,029
Wisma IKPT, MT Haryono, Jakarta Selatan 1,038
Menara Bidakara, Gatot Subroto, Jakarta Selatan 1,094
Indomobil Group, Wisma Indomobil, MT Haryono 1,330
Hino Indonesia, MT Haryono, Jakarta Timur 1,380
Synthesis Tower, Gatot Subroto, Jakarta Selatan 1,549
Kalibata City 1,652
Smesco UKM Building 1,733
Hotel di Jakarta
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur
The Sultan Hotel & Residence, Senayan
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi
Harris Hotel - Tebet
Berita Jakarta
DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota RI ke Luar Jawa Tak Logis
Perumnas Bangun Rusun di Atas Pasar dan Stasiun Jakarta
Swiss-Belhotel Kelapa Gading Terbakar, Dua Tewas
Pulogadung Segera jadi Kawasan International Halal Hub
Ganjar: Ahok Janji Gaji Juara MTQ itu Salah Besar
Dishub DKI Siap Kandangkan 3.482 Armada Taksi Online yang Belum Uji KIR
Ahok Janji Gaji Juara MTQ Nasional Asal DKI
Jokowi Rombak Kabinet, Wiranto jadi Menko Polhukkam
KKP akan Kembangkan Pelelangan Ikan Muara Baru
Presiden Apresiasi TNI/Polri Lumpuhkan Kelompok Teroris Santoso