Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Wisma IKPT, MT Haryono, Jakarta Selatan
Kamis, 28 April 2016 17:10:55
photo: che/indoplaces
PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT), salah satu perusahaan jasa konstruksi terpadu (EPC) terbesar di Indonesia, berulang tahun yang ke-34 pada 22 Februari lalu. Untuk memeriahkan hari besarnya itu, pertandingan bola basket pun digelar di Multipurpose Hall Wisma IKPT, gedung yang jadi kantor pusat IKPT dan berbagai anak perusahaannya. Di lantai dasar? Bukan. Di lantai paling atas. Multipurpose Hall itu berada di lantai 14. Tak cuma dipakai berlari-lari para pebasket, 'ruang serbaguna' itu juga biasa dipakai main bulutangkis dan futsal. Juga, di lantai itu ada fitness center dan music room.

Nama Wisma IKPT tentu dipetik dari nama PT Inti Karya Persada Teknik (IKPT). Tak kenal IKPT? Bisa dimaklumi. Soalnya, perusahaan jasa konstruksi ini memang tak terlalu glamour. Dia tidak membangun mall, pusat perbelanjaan, ataupun bangunan populer lainnya. Jasa konstruksi terpadu (EPC: engineering, procurement, and construction) yang digeluti IKPT adalah pembangunan pabrik, kilang, dan infrastruktur terkait di sektor migas, petrokimia, pupuk, dan pembangkit listrik.

IKPT semula merupakan perusahaan nasional. Perusahaan ini didirikan pada 22 Februari 1982 oleh tokoh perinsinyuran Indonesia: DR Ir Godefridus Mangaradja Tampubolon. Alumni ITB ini menjadi ketua Persatuan Insinyur Indonesia (PII) selama 15 tahun (1969-1984), dan menjadi wakil rakyat selama 24 tahun (1968-1992). Dan sebagai teknokrat, dia bersahabat baik dengan presiden Indonesia mulai dari Soekarno hingga BJ Habibie. Adapun di dunia bisnis, GM Tampubolon, sapaan singkatnya, berkiprah lewat GMT Group, konglomerasi bisnis yang dibangunnya pada 1972.

Sejak Februari 2012, Toyo Engineering Corporation, raksasa konstruksi asal Jepang, ikut menjadi pemilik IKPT. Kepemimpinan IKPT pun sekarang dipegang pria berdarah Jepang, Eiji Hosoi, sebagai presiden direktur. Peralihan manajemen ke pihak Jepang ini sempat berlangsung tidak mulus dan menjadi bahan pemberitaan di media Jepang. ''Banyak karyawan yang kabur dari IKPT,'' tulis Nikkei. Tapi para petinggi Toyo Engineering Corporation dengan santai bilang bahwa keluar-masuk karyawan merupakan hal yang biasa.

Lepas dari soal keluar masuk karyawan, yang jelas PT Inti Karya Persada Teknik masih terus berkibar. Berbagai kontrak konstruksi terus mengalir. Proyek besar terbarunya antara lain pembangunan pabrik karet sintetik untuk produksi ban Michelin, milik PT Synthetic Rubber Indonesia (SRI), perusahaan patungan Compagnie Financiere Du Groupe Michelin (Michelin) dengan PT Chandra Asri Petrochemical.
PT Inti Karya Teknik Persada
Wisma IKPT
Jl. MT. Haryono Kav. 4 - 5
Jakarta Selatan - 12820
DKI Jakarta

Tel: 021-8292177
Fax: 021-8281444, 8353091

Website: www.ikpt.com


GMT Group
Jl. Wijaya I/5
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan - 12170

Tel: 021-725-2048
Fax: 021-739-4204, 7252051

Website: www.gmtgroup.net


Link
Toyo Engineering Corporation - www.toyo-eng.com
IKPT Sport Exhibition, pertandingan olahraga persahabatan dalam rangka ulang tahun PT Inti Karya Persada Teknik, berlangsung pada 23-25 Februari 2016 lalu di Multipurpose Hall Wisma IKPT. Siapa pesertanya? Tentu saja para mitra kerja dan mitra bisnis di jagad migas, petrokimia, dan pembangkit listrik. Antara lain: PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PT PLN (Persero), Chevron Indonesia, ConocoPhillips Indonesia, PetroChina International, dan PT Rekayasa Industri. Dan yang akhirnya keluar sebagai juara umum, karena menjuarai dua cabang olahraga (basket dan bulutangkis), adalah tim PT Pertamina Hulu Energi. Tim PHE ini merupakan gabungan pemain dari berbagai unit bisnis di PHE: PHE ONWJ, PHE WMO, JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang, PTOK dan PHE Unconventional Hydrocarbon.
Tetangga TerdekatKm
Menara Saidah 0,244
Indomobil Group, Wisma Indomobil, MT Haryono 0,293
Hino Indonesia, MT Haryono, Jakarta Timur 0,342
Menara MTH, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,598
Signature Park Apartment, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,657
Kompor Cawang: Pilih Bersumbu atau Disembur Gas 0,885
Bajaj - Dewi Sartika 0,917
MTH Square, Cawang, Jakarta Timur 0,982
Wisma Millenia, MT Haryono, Jakarta Selatan 0,988
Graha Pratama, MT Haryono, Jakarta Selatan 1,038
RS Tebet, MT Haryono, Jakarta Selatan 1,140
H Residence MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur 1,350
PT Hutama Karya 1,427
PT Waskita Karya Tbk 1,525
Tamansari Hive Office Park, DI Panjaitan, Jakarta Timur 1,657
Hotel di Jakarta
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur
The Sultan Hotel & Residence, Senayan
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi
Harris Hotel - Tebet
Berita Jakarta
Swiss-Belhotel Kelapa Gading Terbakar, Dua Tewas
Pulogadung Segera jadi Kawasan International Halal Hub
Ganjar: Ahok Janji Gaji Juara MTQ itu Salah Besar
Dishub DKI Siap Kandangkan 3.482 Armada Taksi Online yang Belum Uji KIR
Ahok Janji Gaji Juara MTQ Nasional Asal DKI
Jokowi Rombak Kabinet, Wiranto jadi Menko Polhukkam
KKP akan Kembangkan Pelelangan Ikan Muara Baru
Presiden Apresiasi TNI/Polri Lumpuhkan Kelompok Teroris Santoso
Wapres Hargai Kinerja Satgas Tinombala
Menhub Minta Maaf Jatuhnya Korban Meninggal Saat Mudik