Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Dipo Tower, Dipo Business Center, Slipi, Jakarta Pusat

Rabu, 23 Desember 2015 13:16:09
photo: google street view

Lebih jangkung tak selalu berarti lebih lapang. Dipo Tower, alias Dipo Business Center, bisa jadi contoh. Gedung yang dibangun Ciputra Group, via PT Ciputra Property Tbk, ini berketinggian 18 lantai, tapi hanya punya total luas lantai 19.300 meter persegi. Kalah dari tetangganya, Jakarta Design Center, yang hanya setinggi 7 lantai tapi punya lantai yang luasnya mencapai 26.000 meter persegi. Juga kalah dari pencakar langit yang seumur dengannya, GP Plaza, yang berada di seberang jalan, yang berketinggian 26 lantai dan punya luas lantai lebih dari 35.000 meter persegi.

Meski dibangun Ciputra Group, lewat cucu perusahaannya yang bernama PT Ciputra Balai Property, sejak awal gedung ini tak sedikitpun diberi label bernuansa Ciputra. Ketika dikumandangkan pembangunannya pada Agustus 2011, dia diberi label Dipo Business Center. Alasannya, sejak belum dibangun Dipo Group sudah membooking 60 persen ruang perkantoran di gedung perkantoran strata-title itu. Dan selain gedung tinggi utamanya, perkantoran di atas lahan 7.000 meter persegi ini juga punya bangunan pendek 4 lantai yang disebut sebagai rumah kantor (rukan) atau shop-house.

Ditargetkan rampung pada kuartal ke-dua 2013, Dipo Business Center bisa menjalani proses topping-off pada 23 September 2012. Dan saat topping-off ini pula, Soegandhi Noezar, petinggi Dipo Group yang sekarang menjadi dewan komisaris di PT Dipo Star Finance, mulai menyebut 'Dipo Tower' sebagai nama alternatif bagi Dipo Business Center. Label Dipo Tower ini sekarang terlihat di sisi kiri dan kanan puncak gedung. Adapun nama Dipo Business Center sekarang tersemat di pagar halaman gedung.

Peta & Citra Satelit

Dipo Group

Dipo Business Center - Dipo Tower
Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 50-52
Kelurahan Petamburan
Kecamatan Tanah Abang
Jakarta Pusat



Pengembang:
PT Ciputra Balai Property
PT Ciputra Property Tbk - www.ciputraproperty.com
Ciputra Group - www.ciputra.com


Dipo Group:
PT Dipo Star Finance - www.dipostar.com
PT Dipo Motor - www.dipomotor.com

Dipo Tower dari Arah Senayan

Dipo Group selama ini dikenal sebagai group bisnis pembiayaan (leasing) dan otomotif. Dua usahanya yang paling populer adalah PT Dipo Star Finance, perusahaan pembiayaan otomotif, dan PT Dipo Motor, dealer resmi sedan dan van Mercedes-Benz. Di masa sebelumnya, group ini juga dikenal lewat Bank Dipo, bank swasta yang akhirnya dijual kepada Sampoerna Strategic Group pada Mei 2011. Nama Bank Dipo pun kemudian diganti menjadi Bank Sampoerna (PT Bank Sahabat Sampoerna) mulai Februari 2012. Masih sempat memiliki 15 persen saham Bank Sampoerna lewat perusahaan pendirinya, PT Pahalamas Sejahtera, pada Agustus 2013 saham yang tersisa pun dilepas ke PT Cakrawala Mulia Prima (anak perusahaan Group Alfa, pemilik jaringan ritel Alfamart dkk).

Lantas, Dipo Business Center atau Dipo Tower jadi markas atau kantor pusat Dipo Group? Entahlah. Papan nama di depan gedung, selain memampangkan logo Dipo Group, sepertinya hanya memajang dua nama perusahaannya: PT Dipo Star Finance dan PT Global Pahala Rental. Dan bagi Dipo Star Finance, perusahaan yang konon jadi bendera utama Dipo Group, kantornya di Dipo Tower hanyalah salah satu outletnya saja. Adapun kantor pusatnya berada di Sentral Senayan 2, gedung perkantoran di kawasan Gelora Senayan, di samping Plaza Senayan.

Bank Sampoerna juga tak berkantor di sini, dan lebih suka bergabung dengan induk barunya di Sampoerna Strategic Square di kawasan Sudirman. Meksi begitu ada bank lain yang berkenan hadir di sini dan labelnya terpasang di halaman rumput depan gedung: Bank OCBC NISP. Bank swasta ini resmi hadir di Dipo Tower terhitung mulai 24 Juni 2014. Menempati area loby, kantor cabang Bank OCBC NISP ini bukanlah kantor cabang baru, melainkan relokasi dari Kantor Cabang OCBC NISP Gading 3.