Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Apartemen Puri Casablanca, Tebet, Jakarta Selatan
Senin, 17 Agustus 2015 11:10:59
photo: che/indoplaces
Suasana 17-Agustus-an hadir juga di Apartemen Puri Casablanca. Selain ucapan Dirgahayu RI ke-70 di gerbang masuk, banner Merah-Putih juga terbentang di dinding luar tiap lantai apartemen 4 menara ini, yang masing-masingnya punya 32 lantai. Serviced-apartment milik PT Angkasa Interland ini, bagian dari Ometraco Group, tahun lalu sempat ikut ramai diberitakan berkat kehebohan salah seorang penghuni lantai 30-nya: artis Marshanda. Namun hal itu tak berefek pada tingkat huniannya yang tahun lalu hanya mencapai 69 persen dan cuma mengalirkan pendapatan Rp 59 miliar.

Apartemen Puri Casablanca mulai hadir sejak 1998. Saat ini, menurut public expose yang digelar 15 Juni 2015 oleh perusahaan induknya, PT Indonesia Prima Property Tbk, mayoritas penghuninya adalah para pekerja asing berdarah Jepang. Sebagian kecil lagi para ekspatriat asal China dan India, serta beberapa negara lainnya. Walhasil, kalau Marshanda sekarang masih jadi penghuni Puri Casablanca, dia mungkin ikut menjadi minoritas di apartemen yang berada di kawasan Menteng Dalam, Tebet, ini. Tak diketahui Marshanda menghuni tower yang mana dari 4 tower yang ada: Alamanda, Bougenville, C, ataukah Dahlia. Tower C kabarnya memang hanya dilabeli C saja, tanpa nama panjang. Lantai setiap tower dimuati 8 apartemen, kecuali lantai penthouse (paling atas) yang hanya berisi 4 apartemen.

Soal tingkat huniah yang cuma 69 persen dan pendapatan yang Rp 59 miliar bisa disimak di laporan tahunan 2014 PT Indonesia Prima Property Tbk. Pendapatan sebesar itu disebut sebagai penurunan, dan melanjutkan penuruan pendapatan yang juga terjadi di tahun sebelumnnya. Tahun lalu, yang dituding jadi salah satunya penyebabnya adalah berlangsungnya Pilpres 2014. Sedangkan tahun sebelumnya, yang jadi penyebab adalah terbentuknya Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun (PPPSRS) Apartemen Puri Casablanca, yang mengakibatkan pendapatan service charges jadi masuk ke kantong PPPSRS.

Tapi sebenarnya, penurunan pendapatan bukan hanya terjadi di Puri Casablanca saja. Sang induk, yang sebelum go-public bernama PT Ometraco Realty, mengakui kalau pendapatan perseroan secara keseluruhan memang terus menurun sejak 2010. Baik itu pendapatan dari satu-satunya apartemen yang dimilikinya, Puri Casablanca, maupun pendapatan dari penjualan properti dan penyewaan ruang kantor dan ruang usaha di mall. Adapun salah satu anggota keluarga besar Ometraco Group yang masih terus bersinar adalah PT Japfa Comfeed Tbk.

Meski pendapatan apartemen turun, PT Indonesia Prima Property Tbk berniat menghadirkan satu tower lagi di kompleks Puri Casablanca. Namanya: Puri Casablanca Office Tower. Seperti bisa ditebak dari namanya, tower ini akan menghadirkan apartemen sekaligus perkantoran. Menara baru itu, yang aneka perizinannya masih dalam prosesn, akan dibangun di bagian depan apartemen yang ada. Desainnya sendiri sudah selesai dibuat oleh Shimizu Design (Singapura) dan sudah dipamerkan saat public expose Juni lalu.
Puri Casablanca
Jl. Puri Casablanca No. 1
Kelurahan Menteng Dalam - 12870
Kecamatan Tebet
Jakarta Selatan

Tel: 021-30038888
Fax: 021-30038999

Website: www.puricasablanca.com



Pengembang dan Pengelola:
PT Angkasa Interland
Puri Casblanca, Tower Dahlia Lt. 2


Induk Perusahaan:
PT Indonesia Prima Property Tbk
Wisma Sudirman Lt. 10, 11, 12
Jl. Jenderal Sudirman Kav. 34
Jakarta Pusat - 10220

Tel: 021-5706745
Fax: 021-5709045

Website: www.ipp.co.id
PT Prima Indonesia Property Tbk --yang mayoritas sahamnya dimiliki First Pacific Capital Group Limited-- memang hanya punya satu apartemen: Puri Casaabalanca, yang dikelola oleh PT Angkasa Interland. Meski begitu, ragam properti yang dimilikinya, yang dikelola anak perusahaannya yang lain, lumayan banyak dan beragam. Di sektor perkantoran, perusahaan ini punya Wisma Sudirman, di persimpangan Jalan Casablanca dengan Jalan Sudirman, di sebelah barat Apartemen Casablanca.

Di sektor mall, perusahaan ini jadi pemilik Blok M Mall di Jakarta Selatan dan Plaza Parahyangan di alun-alun Kota Bandung. Untuk hotel, perusahaan ini memiliki Novotel Surabaya Hotel & Suites di Surabaya dan Grand Tropic Suites Hotel di Slipi, Jakarta Barat. Properti lain yang dimiliknya adalah Perumahan Bukit Tiara di Cikupa, Tangerang.
Tetangga TerdekatKm
Ariobimo Sentral, Kuningan, Jakarta Selatan 0,666
Palma One, Kuningan, Jakarta Selatan 0,708
Menara Mega Syariah, Kuningan, Jakarta Selatan 0,740
Gedung Granadi, Kuningan 0,942
Kuningan City 1,089
Kedutaan Besar Australia, Patra Kuningan, Jakarta Selatan 1,110
OCBC NISP Tower 1,182
Graha Aktiva, Kuningan, Jakarta Selatan 1,249
Bellagio Mansion, Mega Kuningan 1,280
Mal Ambasador, Apartemen Ambasador 1,292
Adaro, Menara Karya, Kuningan, Jakarta Selatan 1,303
Indorama di Graha Irama 1,332
ITC Kuningan 1,419
Menara Anugrah, Kantor Taman E3.3, Mega Kuningan 1,486
Menara Prima, Mega Kuningan 1,556
Hotel di Jakarta
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur
The Sultan Hotel & Residence, Senayan
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi
Harris Hotel - Tebet
Berita Jakarta
DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota RI ke Luar Jawa Tak Logis
Perumnas Bangun Rusun di Atas Pasar dan Stasiun Jakarta
Swiss-Belhotel Kelapa Gading Terbakar, Dua Tewas
Pulogadung Segera jadi Kawasan International Halal Hub
Ganjar: Ahok Janji Gaji Juara MTQ itu Salah Besar
Dishub DKI Siap Kandangkan 3.482 Armada Taksi Online yang Belum Uji KIR
Ahok Janji Gaji Juara MTQ Nasional Asal DKI
Jokowi Rombak Kabinet, Wiranto jadi Menko Polhukkam
KKP akan Kembangkan Pelelangan Ikan Muara Baru
Presiden Apresiasi TNI/Polri Lumpuhkan Kelompok Teroris Santoso