Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pizza Hut - Jatiwaringin, Jakarta Timur
Minggu, 02 Agustus 2015 19:21:18
photo: che/indoplaces
Banyak cara bisa dihadirkan untuk meramaikan masa awal sebuah outlet dagang. Sehari setelah pembukaan outlet Jatiwaringin, 1 Juni 2012, menjelang Maghrib sekitar pukul 18.00, Pizza Hut kedatangan 8 pria tak dikenal yang langsung masuk dan mengobrak-abrik kursi yang ada di dalam restoran. Walhasil, para tamu restoran pizza yang berlokasi di samping gerbang masuk Perumahan Perwira Tinggi TNI-AU ini, dan juga para satpamnya, berhamburan keluar mencari aman. Uniknya, keesokan harinya justru Pizza Hut yang menyampaikan permintaan maaf kepada para penyerbu restorannya itu.

Atraksi di masa awal pembukaan itu tentu bukan disengaja. Itu 'kecelakaan'. Para pria yang berbuat onar itu diduga sebagai preman yang belum kebagian jatah. ''Mungkin minta jatah belum dikasih. Mereka datang menggunakan mobil Grand Livina, langsung masuk, dan teriak meminta ketemu manajer sambil membanting kursi,'' kata seorang petugas keamanan Pizza Hut, yang enggan disebutkan namanya, kepada Merdeka. Soal kemana para pengacau itu pergi, sang satpam mengaku tak tahu. Katanya, ''Tidak beberapa lama setelah mereka datang, saya juga berlari bersama pengunjung lainnya. Jadi kurang tau perginya kawanan itu.''

Berbeda dari sang satpam, pihak manajemen Pizza Hut enggan menyebut penyerbu restorannya sebagai preman. ''Siapapun yang datang ke sini adalah tamu,'' bilang Leo, trainer di outlet yang saat itu dikenal sebagai PIzza Hut Cabang Makasar. Dan soal keramaian yang terjadi, ia bilang, ''Itu karena kesalahpahaman saja. Kami sudah minta maaf kepada mereka,'' kata Leo kepada Tempo, Ahad 3 Juni 2012. Soal hari pembukaan sang restoran, ia bilang kalau Pizza Hut di Jatiwaringin itu sudah mulai beroperasi pada 31 Mei 2012.

Romi, koordinator vallet parking di Pizza Hut Jatiwaringin, tak kalah diplomatis ketika ditanya soal kejadian itu. Kedatangan mereka itu menurutnya hanya sekedar silaturahmi. ''Sebelumnya juga ada yang silaturahmi ke sini, FBR dan Forkabi. Kemarin itu komunitas Ambon,'' kata Romi. ''Mungkin mereka melihat ada outlet baru, lalu mendatangi. Biasa saja,'' tambahnya.

Soal tamu yang bersilaturahmi itu, yang kemudian dikabarkan membuat porak-poranda restoran, juga disangkal Romi. ''Tidak ada piring atau gelas yang pecah,'' kata Romi.

Dulu sempat di sebut Cabang Makassar, outlet di Jalan Jatiwaringin ini sekarang disebut sebagai Pizza Hut Jatiwaringin. Sebutan ini mungkin lebih tepat, karena label Makasar terlalu luas. Makasar adalah nama kecamatan tempatnya berada. Lebih spesifik lagi, Pizza Hut Jatiwaringin ini berada di Kelurahan Cipinang Melayu. Yang jadi lokasi tidak lain adalah salah satu rumah di Perumahan Perwira Tinggi (Pati) TNI-AU Waringin Permai. Tepatnya rumah yang berada tepat di gerbang masuk perumahan.

Bagian muka perumahan besar dan mewah milik TNI-AU ini membentang di sisi timur Jalan Jatiwaringin, mulai dari Rumah Makan Sederhana di pertigaan Kompleks Kodam V Jaya (sebelah utara) hinga ke jembaan Tol Cikampek (sebelah selatan). Tak hanya rumah perwira itu yang disulap jadi bangunan komersial Pizza Hut, sejumlah rumah lainnya pun sudah lebih dulu berganti peruntukkan menjadi outlet bisnis, semacam Apotek Kimia Farma.

Masuk wilayah Kota Jakarta Timur, wilayah Kelurahan Cipinang Melayu dulunya adalah bagian dari Desa Jatiwaringin, Kecamatan Pondokgede, Kabupaten Bekasi. Lewat PP No 45 tahun 1974, Presiden Soeharto melakukan perluasan wilayah Jakarta. Di bagian Timur Jakarta, wilayah yang dicaplok adalah bagian utara wilayah Desa Jatiwaringin, mulai dari Kalimalang hingga --sekarang ini-- kawasan Jembatan Tol Cikampek. Wilayah selatannya tetap sebagai wilayah Desa Jatiwaringin. Desa ini sekarang sudah berubah jadi Kelurahan Jatiwaringin, dan area dekat jalan tol pun sudah dimekarkan menjadi Kelurahan Jaticempaka. Kecamatan Pondokgede pun sekarang ikut menjadi bagian dari Kota Bekasi, tak lagi bagian dari Kabupaten Bekasi.
Pizza Hut - Jatiwaringin
Perumahan Perwira TNI-AU Blok H No. 1
Jl. Raya Jatiwaringin
Kelurahan Cipinang Melayu
Kecamatan Makasar
Jakarta Timur

Tel: 021-29361558

Website: www.pizzahut.co.id
Tetangga TerdekatKm
Pizza Hut - Jatiwaringin, Jakarta Timur 0,000
DayTrans - Jatiwaringin, Shuttle Bus Jakarta - Bandung 0,047
Lily Automatic Carwash 0,123
Bengkel Kuliner Jatiwaringin 0,160
Jalan Pangkalan Jati VI, Jatiwaringin, Jakarta Timur 0,161
Purwa Caraka Music Studio, Jatiwaringin 0,210
Xtrans Jatiwaringin 0,252
Tahu Sumedang ''Sari Raos'' 0,254
Akademi Kebidanan Farama Mulya 0,255
Jatiwaringin Junction, Jakarta Timur 0,269
Kantor Pos Cipinang Melayu 0,271
RM Sederhana di Jatiwaringin 0,414
RS Harum Sisma Medika, Kalimalang 0,520
Gerbang Royale Jakarta Golf Club 0,573
Honda Megatama - PT Megatama Mandiri 0,632
Hotel di Jakarta
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur
The Sultan Hotel & Residence, Senayan
Marcopolo Hotel, Teuku Cik Ditiro, Jakarta Pusat
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi
Berita Jakarta
Muara Angke Bakal Jadi Pelabuhan Pariwisata
Lain dengan Ahok, Djarot Tak Akan Layani Sendiri Aduan Warga
83 Rumah Instan Dibangun di Cilincing
Mendagri: Djarot Gantikan Ahok tanpa Proses Pelantikan
Massa Pendukung Ahok Lakukan Aksi Long March ke Cipinang
Jokowi Angkat Suara soal Vonis 2 Tahun Penjara Ahok
Ahok Ditahan, Djarot Resmi Jabat Plt Gubernur Sore Ini
Ahok Tiba di Rutan Cipinang
Hakim Vonis Ahok Dua Tahun Penjara
DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota RI ke Luar Jawa Tak Logis