Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Masjid El-Syifa, Jagakarsa, Ciganjur

Jumat, 04 April 2014 15:07:17
photo: centhini/indoplaces

Sepanjang awal Maret lalu, artis Nia Ramadhani dan keluarganya memenuhi layar kaca Indonesia. Maklum, pada 7 Maret 2014, ayahnya berpulang ke rahmatullah. Peristiwa itu jadi sorotan karena sang ayah, Priya Ramadhani, memang bukan orang sembarangan. Dia wakil ketua DPRD DKI Jakarta. Juga, dia ketua DPD Golkar DKI dan ketua Badan Koordinasi Pemenangan Pemilu Golkar. Dan, yang amat seksi di mata media, Priya Ramadhani merupakan besan Ketua Umum Golkar Aburizal Bakrie (ARB).

Ical, panggilan Aburizal Bakrie, memang terlihat sibuk. Ayah Ardie Bakrie ini -- yang menikah dengan Nia Ramadhani-- hadir terus sepanjang prosesi duka itu. Jumat malam 7 Maret, Ical yang menyambut kedatangan jenazah di rumah duka di kompleks DPR, Jalan Benda II, Jagakarsa, Ciganjur, Jakarta Selatan, dari tempat meninggalnya di RS Pondok Indah. Keesokan harinya, Ical juga ikut men-sholat-jenazah-kan almarhum di masjid yang satu ini, Masjid El-Syifa, yang berada tak jauh dari rumah. Aburizal Bakrie pun menghadiri pemakamannya di TPU Kampung Kandang, yang juga masih berada di kelurahan Jagakarsa.

Masjid El-Syifa memang memadai untuk mengakomodasi keriuhan prosesi pemakaman petinggi politik itu. Berdimensi sekitar 30x20 meter, termasuk teras, masjid bermenara tunggal ini punya halaman parkir cukup luas. Sebagai masjid, El-Syifa tergolong muda. Dia terlahir pada 1981 sebagai Mushola Al-Abror: mushola pelengkap di komplek Sekolah El-Syifa (TK, SD, SMP, SMA, dan pesantren). Ketika Jakarta di landa gempa pada tahun 2000, mushola jadi agak rusak. Mushola pun lantas direnovasi dan diupgrade menjadi Masjid El-Syifa.

Pembangunan masjid berlangsung bertahap sejak 2001 dan akhirnya terlihat sosok seperti yang sekarang pada 2005. Dana pembangunannya mencapai Rp 625 juta. Masjid ini menempati area depan komplek Sekolah El-Syifa. Sekolahnya sendiri, yang berada di belakang masjid dan bisa didatangi lewat serambi masjid, sudah memiliki jalan masuk terpisah di sisi pagar sebelah utara masjid. Kalau sekarang datang ke sana, masih terlihat sedikit kesibukan para tukang membenahi masjid. Mereka sedang membangun tempat wudhlu wanita, yang sekarang masih memojok di sisi selatan masjid.

Peta & Citra Satelit

Yapis El-Syifa

Masjid El-Syifa
Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) Pondok Pesantren El-Syifa
Jalan Raden Moh Kahfi I
Kampung Setu RT 007/RW 01
Kelurgahan Ciganjur - 12630
Kecamatan Jagakarsa
Jakarta Selatan

Tel: 021-7874485
Fax: 021-7874485

Website: www.el-syifa.com

BMT El-Syifa

Pemilik dan pengelola Masjid El-Syifa, yakni Yayasan Pendidikan Islam (Yapis) El-Syifa, sudah berdiri sejak 1971. Sesuai namanya, lembaga ini merupakan lembaga penyelenggara pendidikan. Jenis pendidikan yang diselenggarakannya terbilang lengkap: TPA, TK, Madrasah Ibtidaiyah (SD), SMP, SMA Umum, dan Pondok Pesantren.

Pada 2005, Yapis El-Syifa mengembang lembaga keuangan mikro syariah BMT El-Syifa. (Baitul Mal Wa Tamwil). Badan hukum BMT-nya adalah koperasi. Sebagai BMT, selain menjadi pengelola ZIS dan waqaf, BMT juga menghimpun dana lewat berbagai simpanan: Simpanan Amanah Mudharabah, Simpanan Pendididkan, Simpanan Hari Raya, Simpanan Haji-Umroh, dan Simpanan Walimah. Di sisi penyaluran dana, BMT El-Syifa menyediakan pembiayaan: Mudharabah, Musyarakah, Bai'u Bithaman Ajil, Murabahah, dan Qordhotul Hasan.