Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Graha Mandiri, BBD Plaza
Jumat, 05 Juli 2013 15:00:45
photo: jobojero/indoplaces / panoramio
BBD Plaza, alias Bank Bumi Daya Plaza. Atau resminya, Plaza Bumidaya. Itu semua nama lama, nama di era Soeharto. Begitu krismon melanda dan Soeharto lengser, Bank Bumi Daya (BBD) ikut terhuyung juga. Pada 1999, bersama tiga bank lainnya, Bapindo, BDN, dan Bank Exim, BBD dilebur menjadi satu dan salin nama menjadi menjadi Bank Mandiri. Walhasil, gedung 31 lantai ini pun, yang punya podium 5 lantai di depannya, yang dulunya jadi kantor pusat BBD, ikut tukar nama pula. Berada dekat Bundaran HI, di belakang Hotel Mandarin, ia kini dikenal sebagai Graha Mandiri.

Sebutan Plaza tak lagi disandang mantan BBD Plaza ini. Mungkin agar beda dari Plaza Mandiri, gedung lebih baru di sebelah Markas Polda Metro Jaya di Gatot Subroto, yang jadi kantor pusat Bank Mandiri. Gedung ini juga tak gagah-gagahan memakai istilah 'tower', mungkin karena kalah gagah dari dua tower lain yang juga bekas aset-aset bank anggota peleburan: Menara Mandiri di MH Thamrin yang sekarang jadi kantor pusat Bank Syariah Mandiri, dan kompleks menara kembar Mandiri Tower dan Citibank Tower di Sudirman, yang mantan milik Bapindo.

Kalaulah ada yang masih sama seperti dulu, itu tak lain adalah pengelolanya. Gedung yang ruang perkantorannya disewakan ini, dan ballroom-nya rajin dipakai rapat, seminar, dan pesta pernikahan, masih dikelola oleh PT Bumi Daya Plaza. Perusahaan ini dibentuk pada 1978 dan mulai beroperasi pada 1982. Sedangkan Graha Mandirinya sendiri, entah dibangun kapan. Yang jelas, nomor IMB-nya berangka 1981.
Graha Mandiri, d/h Plaza Bank Bumi Daya
Jl. Imam Bonjol No. 61
Jakarta Pusat

Pengelola: PT Bumi Daya Plaza

Tel: 021-31936808
Fax: 021-3143445

Website: www.bumidayaplaza.co.id