Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Pelabuhan Perikanan Muara Angke
Minggu, 25 Nopember 2012 00:56:07
photo: Edi Fajar
Siapa tak kenal Pelabuhan Pelabuhan Perikanan Muara Angke. Rasanya semua koran dan media online pernah mengulas aspek kuliner pelabuhan ini. Terlebih pasca krismon 1998, saat bisnis kuliner semakin menjamur dan booming. Kepopuleran ini tak lepas dari kehadiran area restoran bernuansa ikan di sana, alias Pujaseri (Pusat Jajan Serba Ikan). Restoran di sana bukan restoran biasa, tapi restoran 'tempat membakar' atau 'tempat memasak' ikan. Ikannya silakan dibeli sendiri di pasar ikan yang juga berada di --nama lengkapnya-- Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan Muara Angke. Cara belinya pun bagaikan petualangan tersendiri. Bukan berpetualang karena mesti lihai menawar harga, melainkan karena pembeli harus --kalau malam hari dan pas bulan purnama-- mengarungi genangan air laut yang selalu 'pasang naik' dan menggenangi area pasar ikan setinggi lutut atau lebih. Ikan dan makhluk laut lainnya yang telah dibeli itu lantas diserahkan ke pengelola restoran untuk dimasak dengan beragam rasa.

Berbeda dari tetangganya, Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Nizam Zachman, Pelabuhan Perikanan Muara Angke tergolong pelabuhan perikanan tradisional. Istilah resminya: Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI), sekelas di atas pelabuhan ikan yang lebih kecil, Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jika PPS Nizam Zachman merupakan barang milik negara (pemerintah pusat), Pelabuhan Perikanan Muara Angke merupakan pelabuhan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Selain pelabuhan ini, Pemprov DKI masih punya 5 pelabuhan ikan lain: TPI Cilincing, TPI Kali Baru (di Kecamatan Cilincing juga, tapi beda kelurahan), TPI Kamal Muara (di perbatasan dengan Tangerang), TPI Cakung, dan PPI Pulau Pramuka.

Pelabuhan Perikanan Muara Angke semula hanyalah pelabuhan ikan biasa. Baru pada era Gubernur Ali Sadikin, 1977, pelabuhan ini diformalkan sekaligus dijadikan pelabuhan sentral bagi seluruh aktivitas perikanan laut di Jakarta. Upaya sentralisasi itu tak sepenuhnya berjalan: pelabuhan ikan lain yang ada di Jakarta tetap eksis dan kini menjadi TPI. Meski begitu, Pelabuhan Perikanan Muara Angke tetap menjadi pelabuhan perikanan terbesar milik Pemprov DKI.

Pelabuhan Perikanan Muara Angke merupakan pelabuhan perikanan terpadu. Selain tempat sandar kapal ikan (PPI), di pelabuhan ini juga terdapat area TPI, pasar grosir ikan, pengolahan hasil perikanan tradisional (PHPT, area industri ikan asin, trasi, baso ikan, tepung ikan, dll), dan --tentunya-- area unit pengolahan ikan (penyiapan ikan segar untuk ekspor dan distribusi dalam negeri). Dan seperti yang diceritakan di awal, di sana terdapat berbagai restoran yang kini menjadi tempat favorit para pecinta kuliner seafood. Secara keseluruhan, kawasan Pelabuhan Muara Angke luas awalnya sekitar 62 hektar. Seiring perjalanan waktu, dan setelah lewat berbagai proyek reklamasi, luasnya kini mencapai 71,7 hektar.
Unit Pelaksana Teknis Pengelola Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan (UPT PKPP & PPI) Muara Angke
Dinas Kelautan dan Pertanian
Pemprov DKI Jakarta

Jalan Dermaga No. 1
Kampung Muara Angke
Kelurahan Peluit
Kecamatan Penjaringan
Jakarta Utara

Tel: 021-66605383

Website: www.muara-angke.com
Website lama: www.muaraangke.net


Dinas Kelautan dan Pertanian
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
Jalan Gunung Sahari No. 11
Jakarta Pusat

Website: www.dkpjakarta.web.id
Sejak Januari 2012, Pelabuhan Perikanan Muara Angke mendapat 'adik baru', yakni Pelabuhan Muara Angke, tanpa kata 'perikanan'. Pelabuhan ini adalah pelabuhan kapal penumpang, yang dihadirkan untuk melayani kapal dari dan ke wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu. Sebelumnya, kapal penumpang dari dan ke Kepulauan Seribu menggunakan pelabuhan Marina Ancol, yang ada di area Taman Impian Jaya Ancol. Pelabuhan penumpang ini menempati area sebelah barat pelabuhan ikan.

Sang adik baru ini dikelola Dinas Perhubungan DKI Jakarta, sementara pelabuhan perikanan berada di bawah kendali dikelola Dinas Kelautan dan Pertanian (notes: Pertanian, bukan Perikanan). Agar tak rancu, nama sang adik kini mulai dipopulerkan dengan sebutan Pelabuhan Kali Adem, merujuk nama kampung nelayan tempat keberadaannya. Sedangkan sang kakak berada di kampung nelayan Muara Angke. Meski begitu, keduanya sama-sama masih satu kelurahan: Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Sang kakak sendiri hingga kini terus berbenah. Oktober lalu, kabar penggusuran di Muara Angke sudah mulai terdengar. Penggusuran ini dilakukan dalam rangka memperluas area pasar grosir. Sang pengelola, Unit Pelaksana Teknis Pengelola Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pangkalan Pendaratan Ikan (UPT PKPP & PPI), punya niat memperluas kapasitas pasar grosir dari 800 lapak menjadi 2.000 lapak. Juga sekaligus meningkatkan Pelabuhan Perikanan Muara Angke menjadi pelabuhan yang saniter dan higienis.

Pemprov DKI pun punya niatan besar lain terkait Pelabuhan Perikanan Muara Angke. Saat membuka 'Festival Pesisir' di kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Juli 2012, Gubernur Fauzi Bowo mencanangkan pelabuhan Perikanan Muara Angke sebagai salah satu dari ''12 jalur wisata pesisir' unggulan DKI Jakarta. Obyek wisata pesisir lainya adalah Kampung Luar Batang (Masjid Luar Batang dkk), Taman Suaka Margasatwa Angke, Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Bahtera Jaya Yacht Club, sentra belanja Mangga Dua, Taman Impian Jaya Ancol, Stasiun Kereta Api Tanjung Priuk, Cagar Budaya Marunda, Jakarta Islamic Centre (eks-Lokalisasi Kramat Tunggak), Kampung Tugu, dan sentra belanja Kelapa Gading.
Tetangga TerdekatKm
Pelabuhan Muara Angke, Pelabuhan Kali Adem 0,430
PLTU Muara Karang, Pemasok Listrik Istana Presiden 1,425
Regatta, Burj Al Arab van Muara Angke 2,209
Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman 2,979
Satelit Palapa - Master Control Station 5,659
WTC Mangga Dua 6,921
Mal Ciputra - Jakarta 7,109
Taman Impian Jaya Ancol 7,225
Pabrik Kertas Babelan 8,110
Istana Merdeka, Istana Negara 8,981
Metro TV 9,156
Apartemen Kedoya Elok 9,245
LKBN Antara, Warisan Adam Malik di Pasar Baru 9,312
Dari Passer Baroe ke Pasar Baru 9,337
Masjid Istiqlal 9,539
Hotel di Jakarta
TravellerS Hotel Jakarta, Pangeran Jayakarta
Hotel Tugu Asri, Tanah Abang
Hotel Banyuwangi Sintera, Pasar Baru
Gran Melia Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan
Dafam Teraskita Hotel, Cawang, Jakarta Timur
The Sultan Hotel & Residence, Senayan
Puri Denpasar Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan
Park Hotel, Hotel Pembangunan Perumahan
Hotel Setiabudi, Karet, Setiabudi
Harris Hotel - Tebet
Berita Jakarta
DPR: Wacana Pemindahan Ibu Kota RI ke Luar Jawa Tak Logis
Perumnas Bangun Rusun di Atas Pasar dan Stasiun Jakarta
Swiss-Belhotel Kelapa Gading Terbakar, Dua Tewas
Pulogadung Segera jadi Kawasan International Halal Hub
Ganjar: Ahok Janji Gaji Juara MTQ itu Salah Besar
Dishub DKI Siap Kandangkan 3.482 Armada Taksi Online yang Belum Uji KIR
Ahok Janji Gaji Juara MTQ Nasional Asal DKI
Jokowi Rombak Kabinet, Wiranto jadi Menko Polhukkam
KKP akan Kembangkan Pelelangan Ikan Muara Baru
Presiden Apresiasi TNI/Polri Lumpuhkan Kelompok Teroris Santoso