Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Masjid Baiturrahman, Kompleks MPR/DPR/DPD, Senayan

Selasa, 10 April 2012 07:21:10
photo: jobojero/indoplaces

Kalau Jayasuprana dan Museum Rekor Indonesia (MURI) proaktif, boleh jadi Ketua DPR-RI Marzukie Alie bakal dianugerahi rekor Muri pada 9 Maret 2012 lalu. Soalnya, sepanjang sejarah wakil rakyat, baru politisi Partai Demokrat itulah yang pernah menjadi khotib sholat Jumat di Masjid Baiturrahman, yang ada di kompleks MPR, DPR, dan DPD RI di Senayan. Dengan catatan, berkhotbah dalam statusnya sebagai Ketua DPR-RI.

Klaim sebagai 'Ketua DPR-RI pertama yang khotbah di Masjid Baiturrahman' itu diutarakan sendiri oleh Marzukie Alie. Dan ia mengaku tidak asal ngomong, melainkan berdasarkan informasi dari pengurus masjid. Ia bilang pula kalau khotbah pada 9 Maret itu merupakan khotbah yang kedua kalinya di masjid wakil rakyat itu. Ditanya soal materi khotbah yang bicara soal 'bahaya sombong', Marzuki Alie bilang kalau naskahnya disiapkan oleh para staf ahlinya. ''Kalau ada ayat al-Quran yang tidak cocok, saya minta diubah,'' kata Marzuki.

Para politisi Partai Demokrat boleh jadi memang akrab dengan Masjid Baiturrachman. Politisi Demokrat lain yang pernah mendayagunakan masjid ini antara lain Adjie Masaid dan Angelina Sondakh. Keduanya menikah di sana --setelah Angelina Sondakh, Putri Indonesia 2001, masuk Islam-- pada April 2009. Bagi Adjie, boleh jadi masjid ini merupakan masjid favorit. Soalnya, 10 tahun sebelumnya, 9 Februari 1999, masjid itu juga dipakainya saat menikah dengan penyanyi Reza Artamevia. Dan terakhir, 5 Februari 2011, giliran jenazah Adjie Masaid yang disholatkan di sana, sebelum akhirnya dimakamkan di TPU Jeruk Purut.

Masjid Baiturrahman terbilang masjid muda. Meski kompleks wakil rakyatnya sudah hadir sejak 1965, masjidnya sendiri baru mulai dibangun pada 1995. Masjid berbiaya Rp 7 miliar itu diresmikan Apada 29 Agustus 1997. Sepuluh tahun kemudian, 2007, Ketua DPR Agung Laksono meresmikan gedung tambahan berbentuk kotak yang ada di depan masjid. Bangunan aula ini, kalau dari langit terlihat merusakan pemandangan. Tapi kalau dilihat dari bawah, dari depan, rasanya sih oke-oke saja: menyatu dengan bangunan asli.

Mendapat jatah lahan seluas 2.000 meter persegi, masjid dua lantai berfondasi segi empat ini memiliki luas 1.240 meter persegi. Area sholat berada di lantai atas, sementara lantai bawah didayagunakan untuk berbagai keperluan, termasuk untuk perhelatan pernikahan. Sebagaimana induknya, Masjid Baiturrahman berada di wilayah Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Nuansa kayu khas Indonesia lumayan banyak dihadirkan di Masjid Baiturrachman. Pintu utama dan jendela masjid, misalnya, menggunakan ukiran kayu jati asli Demak. Bedug masjid, yang berdiameter 1,97 meter dan berpanjang 3 meter, dibuat dari kayu jati Blora. Sayangnya, kulit bedug mesti diimpor dari Australia karena sulit mencari kulit selebar diamter bedug. Sementara kentongan bulat sahabat bedug, diamter 0,5 meter dan panjang 1,65 meter, dibaut dari batang kayu nangka dan diimbuhi ukiran Jepara. Kentongan ini merupakan sumbangan dari Menteri Kehutanan Djamaluddin Suryohadikusumo pada 1998.

Peta & Citra Satelit

Masjid Wakil Rakyat

Masjid Baiturrahman
Kompleks MPR/DPR/DPR - RI
Jalan Gelora 1
Kelurahan Senayan
Kecamatan Kebayoran Baru
Jakarta Selatan.

Tel: 021-5715676, 5715918, 5715872
Fax: 021-5715918

Link:
MPR-RI - www.mpr.go.id
DPR-RI - www.dpr.go.id
DPD-RI - www.dpd.go.id
Marzukie Alie - www.marzukialie.com