Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Advokat Hotman Paris
Kamis, 28 April 2011 21:18:17
photo: centhini/indoplaces
Setahun yang lalu, 23 April 2010, harian New York Times, menghadirkan sosok Hotman Paris Hutapea sebaga Profile edisi Sabtu. Sebagai foto utama ditampilkan sosok Hotman Paris Hutapea sedang bersandar di Ferrari California warna merah yang baru dibelinya seharga $630.000: Ferrari California pertama yang masuk Indonesia. Dan yang juga tak ketinggalan terlihat adalah cincin berlian besar yang senantiasa menghias jarinya.

Mobil mewah Ferrari yang selalu dipakainya ke pengadilan, dan juga sosok pemiliknya --di mata para pengkritik Hotman-- dianggap sebagai simbol kanker yang menjangkiti sistem hukum Indonesia. Bagi Hotman sendiri, semua itu merupakan simbol dari tak sempurnanya hukum yang berlaku.

''If I say Iím a clean lawyer, Iíll be a hypocrite, thatís all I can say,'' kata Hotman kepada New York Times. ''And if other lawyers say they are clean, they will go to jail, theyíll go to hell.''

Perbincangan Hotman Paris Hutapea dengan New York Times pada intinya seputar isu yang tahun lalu sedang hangat: kasus para pengacara dan advokat yang getol menyuap para hakim. Agar lebih seru, silakan simak sendiri sosok Hotman Paris Hutapea di New York Times: A Top Indonesian Lawyer May Be Honest to a Fault. Juga simak polemik yang berkembang pasca kemunculannya di New York Times: Hotman Paris Sangkal Sebut Seluruh Advokat Menyogok.

Adapun kantor advokat yang sekarang lagi mesra dengan Meriam Bellina ini, yang berada di Karet Tengsin, di kompleks Sudirman Parks Apartment, yang sebagaimana kantor lain selalu berlabel Advokat Hotman Paris, entah kantor yang ke berapa. Yang jelas dia punya gedung sendiri di Kelapa Gading: 'Gedung Advokat Hotman Paris'.
Kantor Advokat Hotman Paris
Jalan Karet Tengsin No. 27-A
(Jalan KH Mas Mansyur)
Jakarta Pusat