Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Istana Merdeka, Istana Negara

Minggu, 10 April 2011 19:14:24
photo: masyarr / panoramio

Amerika Serikat itu negara demokrasi, bukan monarki. Karena itu Amerika tak punya istana. Yang ada cuma White House, alias Rumah Putih, alias Gedung Putih. George Washington dulu memang pernah dirayu untuk menempati istana kepresidenan oleh negara bagian Pennsylvania, agar Philadelphia dijadikan ibukota Amerika. Namun rayuan itu tak direken. Istana itu sekarang jadi kampus Universitas Pennsylvania.

Indonesia yang juga negara demokrasi, dan presidennya 'tak suka' monarki, ternyata malah punya banyak istana. Bahkan istana kepresidenan di Jakarta, seperti dibilang sendiri oleh Setpres, ada dua. Yang satu Istana Merdeka, yang menghadap ke Monumen Nasional, yang jalan didepannya jadi tempat favorit untuk berdemonstrasi. Yang satu lagi Istana Negara, yang menghadap ke Sungai Ciliwung, ke Jalan Veteran.

Yang lebih utama diantara kedua istana itu adalah Istana Merdeka. Selain jadi kediaman resmi presiden, berbagai aktivitas kepresidenan pun banyak berlangsung di sini. Mulai dari menerima tamu negara, rapat kabinet, sampai upacara pengibaran bendera setiap 17 Agustusan.

Selain istana-istana tadi, masih ada sejumlah bangunan lain di kompleks istana kepresidenan Jakarta. Antara lain Kantor Presiden, Wisma Negara, Masjid Baiturrahim, dan Museum Istana Kepresidenan.

Peta & Citra Satelit

Istana Presiden

Istana Merdeka
Jalan Merdeka Utara
Kelurahan Petojo Selatan
Kecamatan Gambir
Jakarta Pusat


Website: www.presidenri.go.id/istana/