Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Bandara Pulau Panjang
Selasa, 29 Maret 2011 07:50:03
photo: google earth
Kawasan ujung landasannya bolong. Berupa kolam raksasa, ukuran 150 x 300 meter. Itulah Bandara Pulau Panjang, yang berada di Pulau Panjang, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Tapi, kebolongan itu bukan karena rusak. Itu karena proyek pembangunannya tak kunjung selesai.

Aslinya, bandara ini hanya punya landasan pacu sepanjang 930 meter, dan biasa didarati 'pesawat pribadi'. Setelah Kepulauan Seribu jadi kabupaten, bandara diupayakan diperpanjang menjadi 1.400 meter. Baru 50 persen berjalan, proyek itu akhirnya mandeg.

Telapak sepanjang 1.400 meter lebih memang sudah dibuat, dengan lebar 150 meter. Telapak itu menghabiskan seluruh area pulau luasnya 12,9 hektar itu. Karena tak kunjung selesai, maka sisi timur telapak jadi tampak seperti kolam raksasa. Secara fisik, tembol pinggir kolam itu sebenarnya tanggul pembatas reklamasi.

Pulau Panjang memang sengaja dihabiskan untuk bandara. Adapun pulau tujuan wisata atau pulau pribadi berada di sekelilingnya, terutama di sebelah timurnya. Pulau yang ramai penduduknya antara lain Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Lalu ada Pulau Bulat yang biasa dipakai diving, serta Pulau Bira Kecil atau Pulau Kayu Angin yang biasa dipakai berkemah.


Bandara Pulau Panjang
Kelurahan Pulau Kelapa
Kecamatan Kepulauan Seribu Utara
Provinsi DKI Jakarta