Indonesia meets Google Places and Facebook Places
Laboratorium Halal Pusat - Kementerian Agama RI
Sabtu, 19 Februari 2011 20:53:49
photo: centhini/indoplaces
Area Asrama Haji Pondok Gede tak cuma dipakai RS Haji Jakarta saja. Laboratorium Halal Pusat Kementerian Agama RI pun juga berada di sana. Hanya saja, seperti halnya RS Haji, Laboratorium Halal juga punya pintu sendiri.

Sesuai namanya, laboratorium ini memang berurusan dengan studi tentang halal-tidaknya sesuatu produk atau zat. Atau kalau pakai bahasa kementerian agama, Laboratorium Halal Pusat itu bertugas untuk meneliti dan mengkaji 'tingkat kehalalan' makanan, minuman, maupun obat-obatan dan kosmetik.

Kajian mutakhir yang dilakukan Laboratorium Halal Pusat antara lain tentang vaksin meningitis bagi jamaah haji dan umroh. Selama ini, vaksin yang diberikan ternyata barang haram. Sebelumnya, laboratorium ini juga berhasil menemukan abon dan dendeng mengandung babi yang beredar di pasaran.

Meksi namanya laboratorium, lembaga yang gedungnya diresmikan pada 28 Maret 2008 ini tidak berada di bawah Badan Litbang Kementerian Agama. Melainkan berada di bawah Ditjen Bimas Islam. Ditjen yang satu ini pula yang juga mengurusi soal halal dan haram. Selain Laboratorium Halal Pusat ini, Kementerian Agama juga membangun laboratorium serupa di berbagai kantor wilayah.
Laboratorium Halal Pusat
Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama RI
Jalan Raya Pondok Gede No. 3
Jakarta Timur

Website: http://bimasislam.kemenag.go.id