Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

S Widjojo Center, Warisan Bapak Subuh

Kamis, 03 Februari 2011 23:36:08
photo: jobojero/indoplaces

Kalau dibuat daftar gedung perkantoran yang akrab dengan pubik di masa lalu --terutama bagi kalangan mahasiswa dan pelajar-- S Widjojo Center pastilah masuk di dalamnya. Soalnya, sejak beroperasi pada 1981, di gedung yang cantik dan unik di jamannya itu dulu ada The British Council. Walhasil, saban hari mahasiswa dan pelajar hilir mudik ke sana: entah pinjam buku, baca-baca buku asing, atau cari beasiswa. Sekarang, British Council sudah pindah ke gedung Bursa Efek Indonesia.

Sesuai namanya, S Widjojo Center merupakan gedung milik PT S Widjojo. Perusahaan ini dulu dikenal sebagai produsen GRC (glassfiber reinforce cement) alias lembaran penutup dinding gedung. Sebagai produk pertama yang hadir di Indonesia, dengan lisensi asal Inggris, hampir semua gedung dulu pakai tameng GRC buatan S Widjojo. Termasuk S Widjojo Center sendiri, yang dibangun mulai 1978 dan memasang tameng melengkung di sekujur tubuhnya. Contoh lain yang fenomal adalah kubah Keong Mas di TMII, yang full GRC. Urusan produksi GRC ini sekarang sudah dialihkan ke anak perusahaannya, PT GRC Widjojo.

PT S Widjojo sendiri mungkin sekarang kurang terdengar. Tapi kalau diingatkan pada nama Muhammad Subuh Sumohadiwidjojo, orang pasti langsung ngeh. Dialah pendiri dan guru aliran Subud (Susila Budhi Dharma). Perusahaan ini dan gedung S Widjojo Center adalah salah satu warisannya, dengan modal pinjaman dari Bank Susila Bakti (BSB). Pada 2008, Gedung S Widjojo Center dijual.

Peta & Citra Satelit

Perpustakaan British Council

S Widjojo Center
Jalan Jenderal Sudirman No. 71
Jakarta Selatan 12190

Website: www.grcwidjojo.com

Legenda:
W = S Widjojo Center
A = Plaza Abda
N = Graha Niaga
P = Bapindo Plaza
E = The Energy
B = Bengkel Cafe
S = Menara Sudirman
1 = Summitmas Tower 1
2 = Summitmas Tower 2
F = fX Lifestyle X'nter
D = Gedung Depdiknas
H = Hotel Atlet Century Park