Indonesia meets Google Places and Facebook Places
LKBN Antara, Warisan Adam Malik di Pasar Baru
Jumat, 04 Februari 2011 12:36:06
photo: jobojero/indoplaces
Setiap negara pasti punya kantor berita. Indonesia punya Antara, atau lengkapnya Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara. Adalah Adam Malik, yang pernah jadi wakil presiden di era Soeharto, yang mendirikannya pada 13 Desember 1937, bersama sejumlah rekan wartawan. Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, Antara berperan besar dalam menyebarluaskan beritanya. Baru pada 1962, Antara resmi menjadi lembaga plat merah.

Dulunya, Antara bermarkas besar di kawasan Pasar Baru, Jakarta Pusat, di jalan yang kini dinamai Jalan Antara. Kantor lama itu --yang keklasikan bangunannya dipertahankan, seperti terlihat pada foto di atas-- kini hanya jadi Kantor Biro Foto, sekaligus jadi Galeri Foto Jurnalistik Antara, tempat pameran foto yang populer di Jakarta. Lokasinya tepat di seberang kali di depan Gedung Kesenian Jakarta.
Wisma ANTARA Lantai 18, 19, 20
Jalan Medan Merdeka Selatan No. 17
Jakarta Pusat 10110

Tel: 021-3802383 (Hunting)
Fax: 021-3865577 (Redaksi)

Biro Foto Antara & Galeri Foto Jurnalistik Antara
Jalan Antara
Pasar Baru
Jakarta Pusat

Website: http://www.antara.co.id


Legenda:
A = LKBN Antara
K = Gedung Kesenian Jakarta
P = Pasar Baru


Sebagai kantor berita, pada dasarnya Antara tidak menerbitkan media untuk dikonsumsi langsung oleh pembaca. Melainkan memasok berita kepada berbagai media cetak maupun elektronik lain yang berhubungan langsung dengan pembaca dan pemirsanya. Namun seiring perkembangan zaman dan teknologi, lewat websitenya pun kini Antara menyajikan berita dan informasi langsung kepada masyarakat.

Karena teknologi pula kini Antara tak hanya menyajikan berita tercetak. Dunia siaran radio dan televisi juga ikut dipasoknya dengan berbagai berita audio dan video. Dan kini tentu saja menjual pula layanan beritanya kepada berbagai media online atau website yang hendak menyajikan berita.