Indonesia meets Google Places and Facebook Places
GORR Boker, Gelanggang Olah Raga dan Rekreasi Jakarta Timur
Minggu, 06 Februari 2011 08:21:08
photo: jobojero/indoplaces
Mendiang Kasino Warkop mungkin tersenyum di alam barzah sana. Boker, kawasan di 'Bogor Setengah' yang bisa bikin 'ngreges' dan selalu jadi bahan candanya, kini telah disulap jadi kawasan terhormat. Area yang semula dikenal sebagai area lokalisasi itu telah disulap menjadi Gelanggang Olah Raga dan Rekreasi Jakarta Timur. Kalau disingkat mungkin menjadi GORR Jaktim atau GORR Boker: GORR dengan double R karena ada tambahan kata 'rekreasi'. Juga karena di gedung itu penulisan Olah Raga memang dipisah.

GORR Boker ini entah GOR yang ke berapa di Jakarta Timur karena Jaktim memang punya beberapa GOR: ada GOR di Jalan Otista, ada pula GOR di Jalan Pemuda (lengkap dengan Velodrome, arena balap sepeda). Yang pasti, upaya menyulap area lokalisasi ini meniru apa yang telah dilakukan wilayah Jakarta Utara, yang telah mengubah lokalisasi Kramat Tunggak di Kramat Jaya menjadi Islamic Center.

Gelanggang Olah Raga dan Rekreasi Jakarta Timur
Jalan Raya Bogor Km. 25
Kecamatan Ciracas
Jakarta Timur
Kerap disebut juga GOR Ciracas, gelanggang olah raga di tepi Jalan Raya Bogor ini berdiri di atas lahan 6,6 hektar. Sebagian tanah milik Pemda DKI (Dinas Pemadam Kebakaran, yang juga bermarkas di Ciracas), sebagian lagi hasil membebaskan tanah warga. Konon pembebasan lahan sudah dilakukan sejak 2004.

Dibangun sejak 2007 dan rampung Desember 2009, GORR Boker memang terlhat megah dan bagus. Di sana terdapat lapangan sepakbola, lintasan atletik, kolam renang, lapangan voley, lapangan basket, dan bulu tangkis. Yang tidak ada, dan kelihatan sekali tidak ikut trend, adalah tiadanya lapangan futsal. Walhasil, ketika beberapa waktu lalu digelar Liga Futsal Indonesia 2010 di sana, pertandingan harus digelar di halaman parkir. Tentunya setelah disulap menjadi lapangan futsal dengan dilapisi karet standard FIFA.
Gedung indoor di Gelanggang Olah Raga dan Rekreasi Jakarta Timur, yang beratap biru, berdaya tampung 1.700 penonton.