Satu Indonesia, Berjuta-juta Places-nya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Dafam Hotel, Kota Pekalongan

Minggu, 21 Juni 2015 16:47:48
photo: pemkot pekalongan

Saat mulai beroperasi pada 6 Februari 2012, Hotel Dafam menjadi hotel bintang tiga pertama yang hadir di Kota Pekalongan. Meski begitu, bagi sang pemilik, Dafam Group, Hotel Dafam menjadi hotel ke-dua miliknya yang ada di negeri batik Pekalongan. Sebelumnya, kelompok usaha milik Soleh Dahlan ini, pengusaha Tionghoa kelahiran Pekalongan, sudah lebih dulu membuka Hotel Marlin pada November 2010. Hotel Marlin berada di jalur pantura, Kecamatan Wiradesa, yang masuk wilayah Kabupaten Pekalongan.

Hotel Dafam berada di salah satu jalan utama Kota Pekalongan: Jl Urip Sumoharjo, berseberangan dengan pusat perbelanjaan Sri Ratu Mega Center, yang antara lain dihuni oleh Carrefour. Hotel ini dibangun di bekas area Bioskop Mataram. Dibangun sejak 11 Maret 2011, Hotel Dafam sudah bisa melakukan 'trial-opening' pada 6 Februari 2012. Adapun soft-openning-nya baru dilangsung di akhir Februari.

Hotel 8 lantai ini punya 90 kamar yang dipilah ke dalam beberapa kelas: deluxe room, executive room, junior suite, dan royal suite. Fasilitasny antara lain ballroom berkapasitas 800 orang, fitness center terbesar dan terlengkap di Kota Pekalongan, serta Restauran Canting yang menyajikan masakan oriental, Eropa, dan juga menu nusantara. Menu spesial Restoran Canting tak lain masakan khas Pekalongan sendiri: nasi megono dan soto tauto Pekalongan.

Bisnis hotel Dafam Group di Kota Pekalongan, kata bos Dafam Group Soleh Dahlan, bermula dari kunjungan Presiden SBY ke Pekalongan untuk meresmikan Museum Batik pada 2006. Sebagai salah seorang panitia penyambutan, Dahlan bingung ketika harus mencari hotel untuk tempat menginap SBY dan rombongannya. Karena itulah akhirnya dia memutuskan membangun Hotel Marlin yang berbintang dua di Wiradesa, Kabupaten Pekalongan. Beroperasi mulai November 2010, hotel ini diresmikan lagi oleh Menteri Pariwista Jero Wacik pada Maret 2011, berbarengan dengan peresmian Hotel Dafam Semarang.

Lantas, pernahkah SBY menginap di hotel Dahlan di Pekalongan? Kelihatannya belum. Meski begitu, Ibu Ani Yudhoyono pernah juga transit di Hotel Dafam Pekalongan seusai mengunjungi dan belajar membatik di International Batik Center, Wiradesa, Kabupaten Pekalongan.

Peta & Citra Satelit

Hotel Dafam Pekalongan

Dafam Hotel Pekalongan
Jl. Urip Sumoharjo No.53
Kota Pekalongan
Jawa Tengah

Tel: 0285-4411555
Fax: 0285-4410229

Website: www.dafamhotels.com