Satu Indonesia, Berjuta Placesnya
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!
//EMPTY DIV!!

Rumah Tawa Guesthouse 1

Sabtu, 30 Maret 2019 18:20:30
photo: rumah tawa guest house 1 / google sv
Catatan: Info ini bagian dari Places : Rumah Tawa Hotel, Kota Bandung

Rumah Tawa Gueshouse 1 merupakan hotel atau penginapan pertama yang dihadirkan Pan Supian. Guesthouse ini resmi beroperasi pada 1 September 1998. Rumah di Jalan Taman Siswa No 63 yang jadi guesthouse itu ia beli dengan harga murah: Rp 160 juta. Saat itu pasaran rumah di sana adalah Rp 250 jutaan dan ia ditawari untuk membeli hanya dengan harga 225 juta, yang kemudian ia tawar dan berhasil turun. Bagi Pan Supian, itu adalah hal aneh. Tepatnya, keanehan pertama. Keanehan kedua, pemiliknya cuma mau menjual kepada dirinya, padahal masih ada 2 penawar lain yang bersedia membayar tinggi. Setelah direnung-renungkan, dan disikapi dengan positif, ia berkesimpulan bahwa rumah itu adalah ‘jawaban Allah’ atas do’anya saat ia pergi haji pada 1997. Ketika itu ia berdoa meminta jalan keluar bagi kelangsungan hidup anaknya yang difable.

Terkait disabilitas, Rumah Tawa Hotel pada 2014 pernah menerima Award Anugrah Pesona Khusus dari Walikota Bandung sebagai Hotel yang peduli terhadap kaum difabel. Hal ini diwujudkan sang hotel dengan mempekerjakan 2 karyawan difabel --dari total 4 karyawan-- yang bekerja di Rumah Tawa Hotel. Adapun total karyawan di seluruh hotel hanya 11 orang. Anugerah lain yagn pernah diterima adalah Anugrah Pesona Parawisata sebagai the Best Jasmine Hotel di Kota Bandung pada 2013. Tahun berikutnya, 2014, anugerahnya naik menjadi Anugrah Pesona Parawisata sebagai The Best of The Best Jasmine Hotel.

Rumah Tawa Guesthouse 1 sudah pernah menjalani renovasi pada 2005. Ketika diluncurkan kembali pada 11 Januari 2006, 'Rumah Tawa' ditetapkan sebagai 'brand resmi' semua penginapan milik Pan Supian.

Peta & Citra Satelit